Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Sejarah dan Kisah Gateway 2000: Hilang Tapi Tidak Terlupakan

Apa kesamaan peternakan sapi dengan komputer? Memang, tidak banyak, tapi itu tidak menghentikan beberapa putus sekolah dari memanfaatkan konsep untuk menciptakan bisnis yang menguntungkan yang akan membentuk kembali cara konsumen berpikir tentang dan membeli komputer pribadi.

Pertemuan kebetulan antara Ted Waitt, mahasiswa tahun kedua di University of Iowa yang mempelajari pemasaran dan bisnis, dan Mike Hammond, seorang karyawan toko komputer di Des Moines, pada musim gugur 1984 akan membawa keduanya terjun ke bisnis kurang dari setahun kemudian.

Perusahaan yang mereka dirikan, TIPC Network, adalah bisnis pesanan lewat pos komputer yang diluncurkan pada 5 September 1985. Nenek Waitt, Mildred Smith (dikenal sebagai "Mo Mo" kepada cucu-anaknya), memberikan sertifikat depositonya sebesar $15.000 sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman sebesar $10.000 yang digunakan untuk melancarkan operasi. Ayah Waitt mengizinkan keduanya menjalankan bisnis di rumah pertanian berlantai dua di peternakan sapinya.

Karyawan toko Gateway Country. Gambar: Koran Kota Sioux

Melawan segala rintangan, perusahaan yang berbasis di Iowa, yang menggunakan model bisnis yang mirip dengan penjualan langsung Dell, berhasil sejak awal, mengumpulkan $100.000 dalam penjualan hanya dalam empat bulan.

Pada Februari 1986, saudara laki-laki Waitt, Norm Jr., didatangkan sebagai mitra penuh untuk mengelola keuangan perusahaan. Segera, ketiganya mulai menjual PC yang dibuat khusus dengan harga yang lebih murah daripada yang dapat dibuat oleh para penggemar di rumah, dan mengubah nama perusahaan mereka menjadi Gateway 2000 .

Terobosan besar Gateway datang pada tahun berikutnya ketika mereka menjalankan iklan yang agak unik di majalah Computer Shopper.

Iklan satu halaman penuh menampilkan gambar peternakan sapi Waitt Sr. dan menyoroti konfigurasi perusahaan yang paling populer, Gateway 2000 A12 dengan prosesor 12 MHz 80286, 1 MB RAM, hard drive 40 MB, dan 14 inci layar. monitor seharga $1.995.

Iklan yang tidak konvensional itu menonjol seperti jempol yang sakit di majalah "teknisi" tradisional, dan tidak, itu bukan hal yang buruk. Konsumen merespons dengan baik suasana lokal Gateway dengan penjualan $12 juta pada tahun 1988.

Gateway dengan cepat mengembangkan markas besar rumah pertaniannya, akhirnya pindah ke gedung perkantoran seluas 15.000 kaki persegi di dekat Bandara Sioux Gateway. Dengan lebih banyak ruang dan lebih banyak karyawan dalam daftar gaji, mereka dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Untungnya, permintaan ada di sana – dan banyak lagi.

Pada tahun 1989, Gateway menghasilkan penjualan $70 juta, yang sekali lagi mendorong perusahaan untuk memindahkan kantor pusatnya, kali ini ke pabrik seluas 33.000 kaki persegi di North Sioux City, South Dakota. Karena negara tidak memiliki pajak penghasilan pribadi atau perusahaan, mereka dapat menghemat sejumlah besar uang dan bersaing lebih baik dengan saingan mereka.

Gateway pada dasarnya adalah kapal roket pada saat itu, dan penciptanya melakukan yang terbaik untuk bertahan dalam perjalanan. Pada akhir tahun 1990, penjualan meningkat empat kali lipat menjadi $275 juta dan setahun kemudian angka itu meningkat menjadi $626 juta. Pada tahun 1992, perusahaan untuk pertama kalinya melampaui omset miliaran dolar.

Setengah dekade sebelum sapi perah Holstein mendapatkan pekerjaan di rantai makanan cepat saji Chick-fil-A, Gateway mempekerjakan sapi sebagai bagian dari strategi pemasaran lokalnya yang ekstensif. Komputer murah dikirim ke pelanggan dalam kotak hitam dan putih yang menyerupai tanda pada sapi perah dan, karena mereka hanya menggunakan dua warna, ini menghemat biaya pengemasan.

Untuk sementara waktu, motif sapi identik dengan Gateway seperti swoosh Nike atau lengkungan emas McDonald's. Gateway bangga akan cara baru dalam melayani pelanggan, membangun PC untuk memenuhi kebutuhan pembeli, dan mendukung sistemnya dengan dukungan pelanggan dan teknis yang sangat baik.

Pioneer gateway bagaimana orang juga membeli komputer

Pada tahun 1996, Gateway meluncurkan konsep toko ritel Gateway Country. Toko-toko seperti gudang, yang mendahului usaha ritel mandiri Apple selama setengah dekade dan toko Microsoft lebih dari selusin tahun, dikelola dengan karyawan yang tahu seluk beluk apa yang mereka jual. Mereka awalnya sukses besar dengan konsumen dan dalam lima tahun memiliki lebih dari 300 toko melakukan bisnis di seluruh negeri.

Pada tahun 1998, perusahaan tersebut menghapus moniker "2000" dari namanya untuk menghindari penanggalan dirinya pada pergantian abad, yang pertama dari banyak perubahan untuk pembuat PC. Perubahan besar lainnya — keputusan untuk memindahkan kantor pusatnya dari Midwest ke San Diego, California — akan memiliki dampak yang jauh lebih bertahan lama.

Dalam sebuah wawancara tahun 2007 dengan Sioux City Journal, Ted Waitt mengatakan para pemimpin San Diego tidak pernah sepenuhnya merangkul budaya yang digerakkan oleh nilai yang pada awalnya mendorong Gateway. “Itu lebih banyak tentang uang. Itu jauh lebih berorientasi jangka pendek, ”kata Waitt.

Pada bulan Oktober 1999, Gateway mengumumkan kemitraan strategis dengan AOL untuk memasarkan layanan online perusahaan di semua komputer barunya. Kesepakatan itu bernilai $ 800 juta selama periode dua tahun. Sekitar waktu yang sama, Waitt mengundurkan diri sebagai CEO, menyerahkan kendali kepada Jeffrey Weitzen. Waitt mengatakan kepada Journal bahwa di belakang, memilih beberapa orang yang dia pilih untuk menjalankan perusahaan pada saat itu "sama bodohnya" dengan keputusan mereka untuk pindah ke California.

“Mereka terlalu banyak mengatur dan mengacaukannya. Mereka melakukan hal-hal jangka pendek untuk memperbaiki neraca, yang merusak neraca, yang menjual masa depan perusahaan. Jadi ketika masa-masa sulit, tidak banyak yang bisa diandalkan. – Ted Waitt, akhir 2007.

Waitt akan kembali pada awal tahun 2001 untuk mencoba memulihkan dari kerugian Gateway sebesar $94,3 juta pada kuartal keempat tahun 2000, tidak diragukan lagi diperparah oleh pecahnya gelembung dot-com. Perusahaan berhemat dan bereksperimen dengan menjual elektronik konsumen yang lebih umum seperti kamera digital dan televisi plasma, tetapi tidak menemukan kesuksesan yang bertahan lama.

Dalam upaya terakhir untuk menyelamatkan perusahaan, Gateway membeli eMachines, pembuat komputer anggaran, dalam kesepakatan senilai sekitar $ 234 juta. Waitt mundur sebagai CEO lagi, memberi jalan bagi kepala eMachines Wayne Inouye untuk menjalankan pertunjukan.

Gateway tidak pernah kembali menjadi pusat perhatian dan pada tahun 2007 perusahaan tersebut dijual ke perusahaan Taiwan Acer seharga $710 juta. Gateway secara teknis masih ada sampai sekarang, tetapi hanya sebagai cangkangnya sendiri. Acer tidak repot-repot memperbarui situs web Gateway selama bertahun-tahun, tampaknya puas membiarkan asetnya menjadi korban Father Time. Mike Hammond, salah satu pendiri Gateway, meninggal pada tahun 2015 pada usia 53 tahun.

Kisah-kisah tentang perusahaan perangkat keras dan elektronik utama yang pernah menjadi pemimpin dan pionir dalam industri teknologi, namun kini telah sirna. Kami membahas bagian terpenting dari sejarah, inovasi, kesuksesan, dan kontroversi mereka.

Posting Komentar untuk "Sejarah dan Kisah Gateway 2000: Hilang Tapi Tidak Terlupakan"