Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Benarkah Facebook Mengumpulkan Nomor Telepon Anda Tanpa Sepengetahuan Anda: Inilah Cara Menghapusnya

Facebook mungkin mengumpulkan nomor telepon Anda tanpa sepengetahuan anda. Berikut ini sedikit tips bagaimana cara menghapusnya.

Kedua platform media sosial, yaitu Facebook dan Instagram, keduanya cenderung menyimpan data pribadi pengguna, bahkan jika mereka tidak pernah menggunakan layanan mereka. Ada alat untuk mengetahui dan menghapusnya jika perlu.

Seperti banyak layanan di Internet, model bisnis Facebook didasarkan pada eksploitasi data pribadi. Faktanya, perusahaan yang dijalankan oleh Mark Zuckerberg terus-menerus mengumpulkan sejumlah besar informasi yang fenomenal tentang pengguna platform media sosial tersebut. Bahkan tanpa disadari oleh penggunanya. Dan termasuk jika mereka bukan pengguna Facebook.

Tetapi juga memungkinkan untuk memeriksa apakah Facebook memiliki detail kontak pribadi mereka, seperti nomor telepon atau alamat email. Dengan kemungkinan, jika perlu, menghapusnya dari basis data jejaring sosial dan memblokir aksesnya untuk mencegahnya memulihkannya nanti. 

Sebuah solusi di mana Facebook berhati-hati untuk tidak berkomunikasi selama penyebarannya pada Mei 2022, tersembunyi di kedalaman halaman bantuan Facebook. Demikian menurut laporan media Amerika Business Insider,

Hapus data pribadi: petunjuk penggunaan

Fungsi ini menyangkut semua pengguna Internet. Bahkan mereka yang sebelumnya telah membatalkan langganan Facebook atau Instagram, atau yang belum pernah memiliki akun di platform tersebut. Memang, ketika berlangganan layanan mereka, Facebook dan Instagram meminta pengguna untuk mengimpor daftar kontak dari smartphone mereka, secara resmi untuk menghubungkan mereka lebih mudah dengan orang yang mereka cintai yang sudah ada di jejaring sosial ini.

Tetapi dengan beroperasi dengan cara ini, secara otomatis Facebook memperoleh akses ke data pribadi dari seluruh direktori (nomor telepon dan alamat email). Termasuk, oleh karena itu, orang-orang yang tidak hadir di platform. Dan dengan beberapa miliar pengguna di dunia, ada kemungkinan besar pengguna Internet yang tidak menggunakan Facebook akan menemukan nomornya di server platform. 

Hal ini bisa sangat berbahaya selama kebocoran besar, karena nomor telepon telah disimpan oleh Facebook, seperti yang terjadi pada tahun 2021. 

Cara menghapus data pribadi yang tersimpan di media sosial 

Berikut adalah cara mengakses alat yang memungkinkan Anda untuk menghapus data pribadi Anda di platform Facebook:

Di situsnya, Facebook memiliki halaman ( dapat diakses di sini ) untuk mencari detail kontak, untuk mengetahui apakah mereka disimpan di servernya.

Anda kemudian harus memasukkan informasi kontak (nomor telepon atau alamat email) dan memilih platform yang harus dicari Meta: Facebook dan Messenger atau Instagram.

Setelah informasi dimasukkan, Meta mengirimkan kode konfirmasi ke alamat email atau nomor telepon yang dimasukkan sebelumnya.

Setelah kode dimasukkan, Facebook meminta untuk mengklik "konfirmasi" jika pengguna Internet menginginkan informasi tersebut dihapus dan diblokir, sehingga tidak akan pernah ditambahkan oleh Facebook lagi. Setelah memilih opsi ini, sebuah pesan menunjukkan bahwa permintaan berhasil.

Seperti yang ditunjukkan oleh Business Insider, ini hanyalah setetes data yang dimiliki Facebook tentang individu. Namun, bagi orang yang tidak menggunakan jejaring sosial, nomor telepon dan alamat email merupakan bagian penting dari informasi ini.

Tanggung jawab Facebook dalam pengelolaan data pribadi agak berat: jejaring sosial telah beberapa kali dilanda kontroversi, yang paling terkenal adalah urusan Cambridge Analytica.

Posting Komentar untuk "Benarkah Facebook Mengumpulkan Nomor Telepon Anda Tanpa Sepengetahuan Anda: Inilah Cara Menghapusnya"