Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

10 Tren Teknologi Strategis Teratas Tahun 2023 menurut Gartner

10 tren teknologi tahun 2023 menurut Gartner

Gartner baru saja merilis analisis tren teknologi untuk tahun 2023.

Tren teknologi utama untuk tahun 2023 diumumkan oleh firma riset Gartner. © Gartner

Perusahaan riset Amerika Gartner baru saja menerbitkan "Tren Teknologi Strategis Teratas 2023" yang menyoroti 10 tren teknologi yang menjanjikan untuk tahun 2023.

Di sekitar sepuluh perkembangan ini, Gartner menyoroti empat prioritas yang harus dipenuhi oleh perusahaan:

  • Optimalisasi ketahanan, operasi dan kepercayaan,
  • Solusi skalabilitas vertikal,
  • keterlibatan pelanggan,
  • Pencarian solusi teknologi yang berkelanjutan.

1. Sistem Kekebalan Digital

Sistem kekebalan digital mencakup beberapa strategi rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, mengurangi risiko, dan meningkatkan ketahanan sistem. 

Menurut Gartner, perusahaan akan mendapat manfaat dari investasi dalam penerapan pengujian otomatis, resolusi insiden dan observabilitas untuk meningkatkan stabilitas sistem mereka.

2. Observabilitas terapan

Dengan bantuan kecerdasan buatan, kemampuan observasi memungkinkan untuk menganalisis dan membuat rekomendasi berdasarkan data yang dipancarkan oleh suatu struktur. Oleh karena itu, observabilitas yang diterapkan akan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan operasi bisnis yang optimal.

Ketika direncanakan secara strategis dan berhasil dijalankan, observabilitas yang diterapkan adalah sumber paling kuat dari pengambilan keputusan berdasarkan data, kata Frances Karamouzis, wakil presiden di Gartner.

3. AI TRiSM: manajemen kepercayaan, risiko, dan keamanan AI

Agar perusahaan dapat mengelola risiko yang terkait dengan kecerdasan buatan dengan lebih baik, AI TRiSM (AI Trust, Risk, Security Management) memungkinkan untuk mengamankan dan membuat kecerdasan buatan lebih transparan. Keandalan, ketangguhan, kepercayaan, keadilan… AI TRiSM menggabungkan beberapa metode untuk menjelaskan hasil dari AI, mengontrol masalah keselamatan dan etika, atau menggunakan model baru.

4. Platform komputasi awan khusus sektor

Platform cloud industri memungkinkan kombinasi layanan: IaaS (Infrastructure-as-a-Service), PaaS (Platform-as-a-Service) dan SaaS (Software-as-a-Service). Mereka akan membekali perusahaan dengan serangkaian kemampuan khusus industri untuk lebih beradaptasi dengan arus gangguan di sektor mereka. Menurut Gartner, penggunaan platform ini akan dipercepat.

5. Rekayasa platform

Rekayasa Platform memungkinkan perusahaan memanfaatkan platform pengembang swalayan untuk pengiriman perangkat lunak dan manajemen siklus hidup. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi penggunaannya oleh pengembang dan pengguna akhir.

6. Nilai jaringan nirkabel

Jaringan 4G, 5G, WI-FI 5, 6, 7… Gartner meramalkan penggunaan berbagai solusi nirkabel untuk mengelola beberapa lingkungan pada saat yang bersamaan. Menurut penelitian, bisnis akan menggunakan berbagai jaringan nirkabel, yang pada akhirnya menciptakan informasi dan data baru.

7. Pertumbuhan aplikasi super

Baik web atau seluler, superapp mengintegrasikan beberapa layanan dan akan semakin diadopsi oleh perusahaan di tahun-tahun mendatang. Superapp menggabungkan fungsionalitas aplikasi, ekosistem, dan platform dalam satu aplikasi. Bagi Frances Karamouzis, inti dari superapp adalah dapat menggabungkan dan mengganti beberapa aplikasi untuk digunakan oleh pelanggan atau karyawan.

8. Kecerdasan buatan adaptif

Berdasarkan data baru yang disediakan secara real time dan tujuan yang disesuaikan, sistem AI adaptif dapat belajar dari model kecerdasan mereka dalam lingkungan waktu proses dan dengan demikian beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan harian dan kejadian tak terduga.

9. Metaverse

Didefinisikan oleh Gartner sebagai ruang kolektif virtual bersama dalam 3D di mana realitas fisik dan digital augmented virtual bertemu, metaverse dapat berkembang ke arah lebih banyak aktivitas fisik di dunia virtual atau lebih jauh mengubah dunia nyata.

10. Teknologi Berkelanjutan

Solusi teknologi berkelanjutan meningkatkan efisiensi perusahaan berkat proses tertentu seperti analisis, ketertelusuran, atau AI. Solusi ini memungkinkan mereka khususnya untuk mencapai tujuan mereka dalam hal pembangunan berkelanjutan.

Sumber: Gartner

Posting Komentar untuk "10 Tren Teknologi Strategis Teratas Tahun 2023 menurut Gartner"