Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Kabel Bawah Laut Eropa yang Rusak Berdampak pada Konektivitas Internet di Seluruh Dunia


Mengapa penting: Beberapa kabel bawah laut di selatan Prancis pernah terputus dalam semalam, membuat akses internet tidak dapat diandalkan secara global. Insinyur telah memperbaiki tautan yang rusak dan penyelidikan pun telah dilakukan. Kapal selam Rusia telah disalahkan atas konflik Ukraina, tetapi para penyelidik belum menemukan bukti untuk mendukung hipotesis ini.

Insiden serius yang melibatkan kabel bawah laut di selatan Prancis

Pada Rabu malam, insiden serius yang melibatkan kabel bawah laut di selatan Prancis menyebabkan masalah konektivitas internet yang meluas. Setidaknya ada tiga kabel serat optik terputus pada pukul 20:30 (UTC), sehingga memperlambat akses internet bagi pengguna di Eropa, Asia, dan Amerika Serikat. Perusahaan cloud dengan cepat bekerja untuk memperbaiki tulang punggung.

Menurut sebuah laporan oleh perusahaan keamanan cloud Zscaler, kerusakan kabel yang tidak terduga mengakibatkan hilangnya paket dan peningkatan latensi untuk situs web dan aplikasi yang melintasi jalur yang terkena dampak. 

Perusahaan tersebut telah mengidentifikasi tiga tautan yang rusak: Marseille-Lyon, Marseille-Milan dan Marseille-Barcelona. Zscaler telah membuat penyesuaian perutean pada lalu lintas internet jika memungkinkan untuk mengurangi masalah. Namun, dalam beberapa kasus, tindakan terhambat oleh aplikasi dan penyedia konten yang masih menggunakan tautan yang terputus.

Dalam pembaruan berikutnya yang dirilis pada 1:03:15 UTC, Zscaler mengonfirmasi bahwa pekerja telah memperbaiki salah satu tautan yang terpengaruh, menghasilkan kehilangan paket yang lebih rendah dan mengurangi latensi untuk situs web dan aplikasi internet. 

Tautan yang tersisa (mungkin Marseille-Milan dan Marseille-Barcelona) dikonfirmasi dipotong oleh uji serat langsung. Namun, operasi pencarian untuk menemukan titik-titik kerusakan kabel bawah laut masih berlangsung.

Investigasi telah dilakukan untuk mengumpulkan bukti insiden tersebut

Karena konektivitas internet perlahan kembali normal, penyelidikan pun berlangsung secara lokal dan global. Pihak berwenang Prancis telah mengumpulkan bukti dari insiden tersebut. Sementara itu, kerusakan non-kabel di Inggris telah memicu spekulasi liar bahwa garis putus mungkin melibatkan penyabot Rusia yang tidak diketahui.

BBC juga telah melaporkan bahwa kabel bawah laut yang menghubungkan Kepulauan Shetland ke Skotlandia mengalami kerusakan sekitar waktu yang sama dengan insiden di Prancis selatan. Istirahat telah meninggalkan Shetland terisolasi dari seluruh dunia. Pemutusan Shetland terjadi ketika teknisi masih bekerja untuk memulihkan kabel lain yang menghubungkan Kepulauan Faroe ke Shetland yang terputus seminggu yang lalu.

Risiko beberapa insiden yang terjadi di infrastruktur serat optik bawah laut Eropa sangat kecil. Skenario hipotetis kapal selam Rusia yang merusak infrastruktur internet global tampaknya agak ekstrem. Namun, krisis geopolitik saat itu terjadi karena invasi Rusia ke Ukraina menimbulkan kekhawatiran tentang keterlibatan Kremlin. Semoga kasus kerusakan kabel bawah laut Eropa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Posting Komentar untuk "Kabel Bawah Laut Eropa yang Rusak Berdampak pada Konektivitas Internet di Seluruh Dunia"