Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Fungsi Tersembunyi Android Ini akan Membuat Smartphone Anda Lebih Cepat

Apakah Anda menemukan smartphone Android Anda agak lambat untuk bersantai? Anda mungkin dapat meningkatkannya dengan mengubah beberapa pengaturan.

Selama berbulan-bulan, pembaruan dan aplikasi yang Anda instal, ponsel cerdas Android Anda mungkin tampak kurang responsif dibandingkan saat diluncurkan. Ketika tanda-tanda kelemahan seperti ini mulai terasa, biasanya sudah saatnya untuk melakukan reset rutin pada smartphone Anda untuk kembali ke jalur semula. Tetapi sebelum sampai di sana, dimungkinkan untuk mengubah beberapa pengaturan yang dapat memberikan dorongan.

Misalnya, dengan menonaktifkan semua efek visual animasi dan transisi, navigasi pada ponsel cerdas Anda akan mendapatkan beberapa milidetik yang sebagian besar waktu akan cukup untuk memberikan sedikit kemudahan. 

Manipulasi yang akan dilakukan untuk mencapai hal ini bukannya tidak dapat diatasi. Implementasinya hanya akan membawa Anda beberapa detik dan Anda dapat dengan mudah kembali jika Anda tidak puas dengan hasilnya.

1. Aktifkan Opsi Pengembang

Jika Anda belum melakukannya, mulailah dengan mengaktifkan opsi pengembang di ponsel cerdas Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, buka Tentang ponsel, dan ketuk Nomor pembuatan yang ditampilkan di bagian bawah layar tujuh kali.

Perhatikan bahwa tergantung pada smartphone yang Anda miliki, judul menu dapat berubah. Pada ponsel cerdas Samsung, misalnya, Anda harus membuka Pengaturan > Tentang ponsel > Informasi perangkat lunak > Nomor pembuatan.

Kemudian konfirmasikan aktivasi opsi pengembang dengan memasukkan kode buka kunci Anda. Jika berhasil, pesan You are now a developer akan muncul di bagian bawah layar.

2. Buka Opsi Pengembang

Tergantung pada perangkat yang Anda miliki, menu Opsi Pengembang mungkin berada di tempat yang berbeda. Anda akan menemukannya di bagian paling bawah Pengaturan pada perangkat Samsung, atau di bagian bawah menu Sistem, seperti pada ponsel cerdas Pixel Google.

3. Nonaktifkan efek

Setelah di Opsi Pengembang, gulir ke bawah opsi dan kemudian, di bawah judul Path, temukan opsi Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animasi .

Ketuk opsi pertama, Viewport Animation Scale, dan ubah default, Animation Scale x1, menjadi Animation Off.

Ulangi operasi yang sama untuk dua opsi berikutnya, Skala Animasi Transisi dan Skala Durasi Animasi.

Pada prinsipnya, mengurangi pengaturan ini atau menonaktifkannya sepenuhnya akan memungkinkan ponsel cerdas Anda mendapatkan kembali fluiditas dan menjadi lebih responsif daripada biasanya. Namun, jika perubahan ini tidak sesuai dengan Anda, ulangi operasi dan ubah nilainya menjadi x1 untuk setiap opsi.

Jika Anda memiliki smartphone Samsung

Tampaknya menonaktifkan opsi ini pada perangkat Samsung tidak banyak berpengaruh. Pabrikan asal Korea tersebut memang menawarkan opsi khusus untuk mengurangi animasi pada overlay OneUI-nya. 

Untuk melakukan ini, masuk ke Pengaturan, lalu di menu Aksesibilitas, masuk ke menu Peningkatan visibilitas untuk mengaktifkan opsi di sana Penghapusan animasi.

Posting Komentar untuk "Fungsi Tersembunyi Android Ini akan Membuat Smartphone Anda Lebih Cepat"