Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

6 Tanda Ini Buktikan Ponsel Anda Telah Diretas, Hati-Hati!

Apakah Anda menyimpan semua data Anda di ponsel Anda? Hati-hati, Anda tidak kebal terhadap peretasan. Berikut 6 tanda atau indikasinya.


Saat ini setiap orang memiliki ponsel. Penggunaannya tidak terbatas untuk melakukan panggilan atau berkirim pesan teks. Dengan kemajuan teknologi, smartphone atau ponsel pintar berguna untuk segala macam aktivitas. Kita dapat dengan mudah mengatakan bahwa ini adalah salah satu alat paling praktis di zaman kita.

Namun, perangkat ini tidak kebal terhadap peretas. Bahkan jika Anda menggunakan kode rahasia, ponsel Anda tidak sepenuhnya aman. Selain itu, peretas bahkan tidak perlu memegangnya untuk mengendalikannya. 

Berikut 6 tanda yang bisa menunjukkan bahwa smartphone Anda telah diretas .

3 Teknik peretasan ponsel terpopuler.

Untuk meretas ponsel, scammers menggunakan beberapa teknik. Berikut beberapa teknik tersebut .

1. Phising

Praktik ini sangat umum, dan banyak yang menjadi korbannya. Bagaimana scammers beroperasi? Bahkan, mereka mulai dengan mengirimi Anda SMS resmi yang berisi tautan.

Anda tidak mencurigai apa pun, tetapi dengan mengeklik tautan ini, Anda dapat memberi mereka akses ke data Anda. Dan ini, berkat formulir. Luangkan waktu untuk memverifikasi nomor sebelum membaca pesan teks Anda dan jangan klik tautan yang meragukan .

2. Virus berdasarkan file

Sedangkan untuk phishing, perhatikan link yang dikirimkan kepada Anda melalui SMS, atau email. Jika itu berasal dari orang asing, jangan klik tautan apa pun. Ini dapat mengunduh virus yang akan mencuri informasi dari ponsel Anda.

3. Spyware

Spyware adalah spyware yang berjalan di latar belakang pada ponsel Anda. Anda mungkin telah menginstalnya tanpa sepengetahuan Anda dengan mengklik tautan. Perangkat lunak ini mengumpulkan data Anda dan mengirimkannya ke server eksternal.

Dengan demikian, program ini memungkinkan penjahat untuk mengendalikan telepon Anda dari jarak jauh. Ini adalah teknik peretasan yang paling umum. Ponsel Anda juga dapat diretas dengan menghubungkan ke Wi-Fi publik.

Ingatlah bahwa alamat IP perangkat Anda ditampilkan setiap kali Anda terhubung ke Wi-Fi. Di tangan beberapa peretas, IP Anda cukup untuk meretas ponsel Anda.

Indikasi smartphone Anda telah diretas

6 petunjuk yang seharusnya mengingatkan Anda
Jika ponsel Anda bertingkah aneh, kemungkinan telah diretas. Berikut adalah 6 petunjuk yang harus membuat Anda waspada.

1. Anda tidak memiliki akses ke fitur tertentu

Saat Anda bangun di pagi hari, kata sandi akun Facebook atau Instagram Anda tidak lagi berfungsi. Ini pasti menjadi tanda bahwa ponsel Anda telah diretas. Peretas mungkin sudah memiliki akses ke akun Anda.

Tidak perlu menjelaskan kepada Anda bahwa ini bisa berbahaya bagi Anda. Di tangan orang jahat, banyak kesalahan yang dapat mereka lakukan dengan akun Anda:
  • Meminta uang dari kerabat Anda
  • Memeras Anda
  • Posting foto yang mengikat
  • Menghina temanmu

2. Anda menerima iklan asing

Biasanya, iklan yang muncul di layar Anda terkait dengan pencarian terakhir Anda dan bidang yang Anda minati. Jika Anda tiba-tiba melihat iklan yang tidak ada hubungannya dengan bidang yang Anda minati, itu bisa menjadi tanda bahwa seseorang memiliki akses ke ponsel Anda.

3. Ponsel Anda terasa lambat

Jika ponsel Anda lebih lambat dari biasanya untuk membuka aplikasi, berhati-hatilah. Yang terakhir mungkin menjadi korban spyware. Aplikasi mungkin berjalan di latar belakang dan mengumpulkan data pribadi Anda.

4. Ponsel Anda kepanasan

Sekali lagi, aplikasi berbahaya dapat berjalan di latar belakang. Ini tidak hanya berbahaya bagi data Anda yang tersimpan di ponsel cerdas, tetapi juga dapat mengubah kesehatan fisik ponsel Anda.

Ponsel yang menjadi panas menyebabkan masalah baterai. Dalam kasus terburuk, ponsel Anda bisa meledak .

5. Restart secara otomatis.

Tanpa Anda memprogramnya, ponsel Anda akan restart secara acak. Ini mungkin pertanda bahwa seseorang memiliki akses ke ponsel Anda. Bahkan mungkin perangkat tidak menyala lagi.

6. Tagihan telepon Anda naik tanpa alasan

Jika tagihan telepon Anda tiba-tiba meningkat, periksa riwayat panggilan. Jika Anda menemukan bahwa ada panggilan asing. Panggilan ke nomor yang tidak Anda kenal.

Para scammer pasti telah meretas ponsel Anda dan melakukan panggilan telepon. Untuk menghindari semua masalah ini, Anda dapat menggunakan antivirus. Tapi bukan sembarang!

Pilihlah antivirus resmi yang ditawarkan oleh toko aplikasi OS Anda. Jika Anda sudah menjadi korbannya, memulihkan ponsel Anda dapat menyelamatkan hidup Anda. Anda juga dapat menghubungi pemasok untuk diagnosis .

Sumber foto: iStock

Posting Komentar untuk "6 Tanda Ini Buktikan Ponsel Anda Telah Diretas, Hati-Hati!"