Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

5 Manfaat Penting dan Penggunaan VPN yang Tidak Anda Ketahui

VPN adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi privasi Anda saat menjelajah online. Tetapi Anda akan terkejut betapa banyak hal menakjubkan lainnya yang dapat dilakukan VPN. Dari meningkatkan kecepatan penjelajahan internet Anda hingga mendapatkan harga terbaik untuk pembelian Anda, lihat beberapa dari banyak kemungkinan yang ditawarkan VPN.

Apa itu VPN?

Menurut definisi, VPN adalah sistem untuk membangun koneksi jaringan yang dilindungi dan memperkuat keamanan Anda. VPN menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi data Anda, termasuk di jaringan Wi-Fi publik, sehingga tidak ada yang dapat mengakses data pribadi Anda.

Saat Anda mengunjungi situs web dan mengakses konten, pengiklan dan pihak ketiga lainnya ingin melacak kebiasaan menjelajah Anda. Jaringan pribadi virtual dapat memberi Anda tingkat privasi yang lebih tinggi, menggunakan enkripsi untuk melindungi identitas online Anda dari pengintaian.


Apa yang dapat Anda lakukan dengan VPN?

Hemat uang secara online

Jika Anda pernah mencari harga untuk suatu barang, hanya untuk mengetahui bahwa itu sudah naik, apakah Anda mengalami kenaikan harga yang sebenarnya karena penawaran dan permintaan, atau apakah itu sistem pelacakan harga yang ditentukan menurut lokasi dan riwayat Anda?

Melalui penggunaan VPN, Anda dapat mensimulasikan lokasi yang berbeda untuk mendapatkan keuntungan dari harga yang lebih rendah untuk semua pembelian online Anda, baik itu memesan penerbangan, hotel, atau belanja biasa Anda. Selain itu, riwayat penelusuran Anda tidak lagi dapat diperhitungkan untuk menaikkan harga produk yang telah Anda konsultasikan.

Gunakan VoIP tanpa masalah

Seperti halnya pemblokiran situs web, beberapa pemerintah nasional memiliki hak suara ketika Anda dapat mengakses layanan VoIP gratis, seperti WhatsApp dan Skype. Ini mungkin sensor pemerintah atau pembatasan sukarela untuk tujuan keuangan. Menggunakan VPN akan membuka Anda ke layanan VoIP tanpa batas, termasuk obrolan suara di video game.

Percepat game online Anda

VPN terkadang dapat membuat koneksi Anda sedikit lebih lambat karena protokol enkripsi yang digunakan. Namun, jika Anda memilih VPN yang berkualitas, sebaliknya akan menghindari kemungkinan batasan bandwidth yang ditetapkan oleh ISP Anda, yang akan membuat pengalaman bermain game Anda lebih lancar.

Cegah serangan DDoS saat Anda bermain game

Kebangkitan esports sangat luar biasa. Namun, seperti dalam olahraga nyata, banyak orang tidak tahan dengan kerugian. Alih-alih membuat keributan atau menghina wasit, gamer online dapat mempraktikkan apa yang dikenal sebagai serangan Distributed Denial of Service (DDoS) yang melumpuhkan PC target dan oleh karena itu kemampuan pemain untuk menggunakan Internet. VPN membuat koneksi Anda terenkripsi dan tersembunyi, sehingga Anda tetap sepenuhnya aman dari jenis serangan ini.

Hindari Pembentukan Lalu Lintas

Pernahkah Anda merasa koneksi internet Anda melambat tanpa alasan yang jelas? Traffic Shaping adalah teknik yang digunakan oleh beberapa ISP untuk memilah berbagai jenis aktivitas di jaringan mereka untuk memprioritaskan jenis koneksi tertentu. Ini berarti bahwa dengan mengurutkan jenis lalu lintasdatang dari rumah Anda, mereka memutuskan apakah mereka ingin memperlambat Anda atau tidak. 

Pembentukan berbasis aplikasi adalah bentuk yang paling umum, dan biasanya kita mengalaminya setiap hari tanpa kita sadari. ISP menentukan jenis aplikasi mana yang pantas diprioritaskan di atas yang lain (misalnya VoIP melalui selancar klasik), dan game adalah salah satu target favorit. 

VPN juga menawarkan koneksi terenkripsi yang mengubah rute aktivitas Anda. Data terenkripsi dengan demikian melewati Traffic Shaping dan mencegah perlambatan ini.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Penting dan Penggunaan VPN yang Tidak Anda Ketahui"