Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Cara Root Android 13 (Panduan Lengkap untuk Samsung Galaxy S21)


Android 13 adalah sistem operasi terbaru untuk ponsel Android yang masih terus diluncurkan. Pada saat panduan ini, Android 13 tersedia untuk ponsel Pixel, seri OnePlus 10 Pro, dan Oppo Find X5. Jika Anda telah memperbarui ponsel ke Android 13, panduan ini cocok untuk Anda. Di sini Anda akan tahu cara root Android 13 .

Android 13 membawa banyak peningkatan dibandingkan Android 12 tahun lalu. Android 12 adalah perombakan besar UI dan Android 13 membawanya ke level berikutnya. Menurut ulasan awal, pembaruan membawa pengalaman pengguna yang luar biasa.

Meskipun Android 13 menggabungkan banyak fitur dan peningkatan baru, masih ada ruang untuk penyesuaian lanjutan. Dan itu dapat dicapai dengan root atau custom ROM. Karena ketersediaan ROM khusus tergantung pada pengembang khusus, rooting adalah opsi yang lebih disukai. Jika Anda baru melakukan root, Anda dapat mengikuti panduan ini.

Rooting ponsel Android menjadi sulit dan karenanya diperlukan panduan. Dengan akses root, Anda dapat menginstal tema, font, dan mod apa pun untuk membuat perangkat normal terlihat seperti ponsel unggulan. Ini juga berguna jika ada bloatware dan Anda ingin menghapusnya untuk mengosongkan ruang dan mempercepat ponsel.

Panduan melakukan root pada ponsel Android 13 

Ada beberapa langkah untuk melakukan root pada ponsel Android 13.

1. Buka kunci bootloader

Untuk melakukan root pada ponsel, Anda harus membuka kunci bootloader terlebih dahulu. Tapi ada masalah, tidak semua ponsel diizinkan untuk membuka kunci bootloader. Itu semua tergantung pada vendor apakah mereka mengizinkan membuka kunci bootloader atau tidak. Jika ini sekarang diizinkan di ponsel Anda, Anda perlu mencari layanan profesional.

Membuka kunci bootloader ponsel akan menghapus semua data dari ponsel dan membuka pintu untuk rooting dan menginstal ROM kustom. Setiap OEM memiliki metode berbeda untuk membuka kunci bootloader. Jadi, Anda perlu memeriksa panduan bootloader ponsel Anda.

Sekarang, setelah Anda membuka kunci bootloader ponsel Anda, Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah rooting. Anda harus mengikuti persyaratan tertentu yang mencakup file dan alat yang digunakan untuk rooting.

Prasyarat melakukan rooting:

  • Pastikan untuk membuka kunci bootloader ponsel Anda
  • Buat cadangan penuh dari ponsel Anda
  • Unduh firmware untuk ponsel Anda
  • Unduh aplikasi Magisk terbaru
  • Instal driver ADB dan Fastboot di ponsel Anda

2. Rooting Android 13 Menggunakan Gambar yang Ditambal

Mari kita lihat panduan root menggunakan file yang ditambal.

Langkah-langkah untuk Memperbaiki Gambar Boot Menggunakan Magisk

Magisk adalah alat populer yang dapat melakukan root pada ponsel Android dengan asumsi bootloader tidak terkunci. Alat membuat manajemen root lebih mudah. Terima kasih kepada pengembangnya John Wu. Saya berasumsi Anda telah memenuhi persyaratan, jadi mari kita ke langkah-langkahnya.
  1. Pertama, ekstrak firmware yang diunduh ke PC.
  2. Sekarang ekstrak firmware boot.img. Jika Anda memiliki ponsel Samsung, Anda dapat menggunakan file AP.tar alih-alih boot.img.
  3. Salin file boot.img atau AP ke ponsel Anda.
  4. Buka aplikasi Magisk di ponsel Anda.
  5. Pilih tombol Instal pertama .
  6. Pada halaman berikutnya, pilih Select and patch a file dan pilih file yang Anda salin tadi.
  7. Ini akan mulai memperbaiki file dan Anda akan mendapatkan output tetap di folder unduhan.
  8. Pindahkan file yang ditambal ke PC Anda.

Instal File Magisk Patched di Ponsel Android

Hampir semua ponsel mengikuti proses yang sama untuk menginstal file yang ditambal. Jika Anda memiliki ponsel Galaxy, lanjutkan ke metode berikutnya, jika tidak ikuti metode ini.
  1. Unduh Platform Tools (Android SDK) ke PC Anda.
  2. Sekarang salin file yang ditambal ke folder Platform Tools.
  3. Ketik CMD di bagian lokasi File Explorer dan tekan Enter untuk membuka prompt perintah di lokasi tertentu.
  4. Matikan telepon Anda dan boot ke Fast Boot Mode . Hubungkan ke PC.
  5. Sekarang masukkan perintah di bawah ini untuk mem-flash file yang ditambal dan melakukan root pada perangkat Android 13.
  6. fastboot flash boot boot.img
  7. Setelah gambar boot diinstal, Anda dapat mem-boot ulang ponsel Anda ke dalam sistem.
  8. Ini dia, Anda memiliki akses root di ponsel Android 13 Anda.

Instal File Magisk yang Ditambal di Ponsel Samsung

Jika Anda memiliki ponsel Samsung yang menjalankan Android 13, prosesnya sedikit berbeda. Selain itu, alih-alih gambar boot, kita akan menggunakan file patch AP. Saya berasumsi Anda sudah memiliki file AP yang ditambal. Metode ini juga memerlukan satu set driver USB yang benar.
  1. Salin file AP yang ditambal ke PC Anda.
  2. Buka alat flash Odin di PC Anda.
  3. Matikan ponsel Samsung Anda dan boot ke Download Mode .
  4. Hubungkan ponsel Anda ke PC melalui kabel USB.
  5. Setelah alat Odin mendeteksi ponsel Anda, muat file AP yang ditambal ke tab AP.
  6. Setelah AP, muat file BL , CP dan SCC (yang Anda ekstrak dari firmware) ke dalam tab masing-masing.
  7. Setelah selesai, tekan tombol Start dan itu akan mulai berkedip.
  8. Ini akan memberikan pesan Pass ketika selesai. Nyalakan ulang ponsel Anda ke dalam sistem.
  9. Anda akan memiliki akses root pada ponsel Samsung Android 13 Anda.

Tips: Cara mudah lainnya untuk melakukan root pada ponsel Android 13 adalah dengan menggunakan pemulihan khusus. Tetapi untuk mengikuti metode ini, Anda harus menginstal pemulihan khusus di ponsel Anda. Anda dapat menggunakan pemulihan khusus yang tersedia untuk mem-flash file Magisk ke ponsel Android 13 Anda.

Jika Anda ingin memeriksa apakah Anda memiliki akses root di ponsel Anda atau tidak, Anda dapat mencoba pemeriksa root pihak ketiga atau bahkan Anda dapat memeriksanya di aplikasi Magisk. Dan setelah Anda memiliki akses root, Anda dapat menikmati semua fitur yang tidak tersedia secara default. 

Anda sekarang dapat menggunakan semua aplikasi dan fitur yang memerlukan akses root di ponsel Android 13 Anda. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan fitur yang dinonaktifkan secara default. Dan yang terbaik adalah Anda dapat menggunakan berbagai modul Xposed. 

Posting Komentar untuk "Cara Root Android 13 (Panduan Lengkap untuk Samsung Galaxy S21)"