Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Tips Cara Menonaktifkan Pelacakan Iklan di Android

Berikut ini tips dan trik cara menonaktifkan pelacakan iklan di Android agar tidak lagi memiliki iklan bertarget
ColorOS adalah salah satu overlay Android terbaik. // Sumber: Louise Audry untuk Numerama
Android menyediakan ID Iklan yang memungkinkan pihak ketiga melacak dan membuat profil Anda untuk iklan yang dipersonalisasi. Aplikasi seluler menggunakannya. Itu satu-satunya tujuan dia. Tetapi dimungkinkan untuk memoderasi atau menghentikan pelacakan ini, dengan mengubah atau menghapus pengidentifikasi iklan.

Apple memimpin dengan Transparansi Pelacakan Aplikasi. Perangkat ini menawarkan kontrol yang lebih baik kepada pelanggannya untuk mengontrol pelacakan iklan, dan jika perlu, menonaktifkan pelacakan ini di iPhone dan iPad. Dengan melakukan itu, perusahaan Cupertino semakin mengkonsolidasikan citranya sebagai perusahaan yang sadar akan privasi. Karena itu, Google harus bereaksi.

ID Iklan di Android

Raksasa jaring berada dalam posisi yang lebih tidak nyaman. Model bisnisnya sangat berbeda dari Apple: sangat bergantung pada iklan dan monetisasi data pribadi. Oleh karena itu, semua inisiatif yang diambil perusahaan Mountain View di bidang kerahasiaan secara sistematis ditandai dengan segel kecurigaan.
Android juga menyediakan alat untuk mengontrol ID iklan. // Sumber: Numerama Foto
Faktanya tetap ada alat yang lebih baik untuk diketahui dan dioperasikan, betapapun tidak sempurna atau terbatasnya alat itu. Dan ternyata Google, seperti Apple, menawarkan kemungkinan untuk mengurangi airfoil pelacakan di Android. Dalam hal ini, ini adalah pertanyaan untuk menetralkan AAID (Android Advertising IDentifier), yang setara dengan IDFA (IDentifier For Advertisers) di iOS.

Baik AAID dan IDFA adalah pengidentifikasi iklan. Pasar periklanan mengandalkannya untuk dapat menayangkan iklan yang dipersonalisasi, berdasarkan apa yang diketahuinya tentang Anda. Pengidentifikasi ini hanya urutan angka dan huruf yang tujuan utamanya adalah untuk dapat mengidentifikasi terminal secara unik (smartphone, tablet).

Dimungkinkan untuk mengatur ulang atau menghapus pengidentifikasi ini. Ini tidak akan memungkinkan untuk mengakhiri selamanya iklan di internet, atau penargetan. Namun, menetralkan informasi ini akan mempersulit Anda untuk melacak. Dan karenanya, untuk pembuatan profil Anda. Singkatnya, Anda mengurangi eksposur Anda. Mengingat pentingnya seluler, maka menguasai pengidentifikasi ini sangat penting.

Nonaktifkan Pelacakan Iklan di Android

Panduan ini menjelaskan penanganan yang harus diikuti dengan smartphone Pixel 6 Pro yang menjalankan Android 12. Ada kemungkinan bahwa jalur dan nama kategori tertentu dapat berubah. Sebagian tergantung pada model ponsel atau versi sistem operasi. Versi Android yang lebih lama mungkin tidak dilengkapi dengan alat untuk menonaktifkannya.
Android AAID
Sumber: Tangkapan layar
  1. Buka pengaturan Android;
  2. Klik "Privasi";
  3. Gulir ke bawah ke "Pengumuman";
  4. Anda kemudian memiliki dua pilihan “Reset Advertising ID” atau “Remove Advertising ID”;
Itu tidak memiliki konsekuensi yang sama. Dalam kasus pertama, kode lama diganti dengan yang baru, yang pada awalnya tidak akan "mengenal" Anda dengan baik. Namun, dalam jangka panjang, relevansi iklan yang akan ditampilkan di terminal Anda harus semakin jelas. Kondisi pelacakan dan penelusuran tidak berubah, dan aplikasi dapat menggunakannya.

Dalam kasus kedua, kami melakukan sapuan bersih. Pengidentifikasi dihapus dan Android tidak akan memberi Anda yang lain sebagai gantinya (dimungkinkan untuk memintanya lagi). 

Peringatan: ini tidak mengakhiri iklan. Aplikasi mungkin memiliki aturan sendiri tentang ini. Periklanan pada dasarnya akan menjadi impersonal dan karena itu kurang relevan.