Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Ketahui Tentang Wi-Fi 7, Lebih dari Sekedar Kecepatan Transfer dan Bandwidth

Saat artikel ini diterbitkan, Wi-Fi 7 belum diluncurkan secara resmi. Tetapi ada banyak pekerjaan yang dilakukan pada spesifikasinya. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Wi-Fi 6 telah ditemukan beberapa waktu lalu. Hari ini, perangkat Wi-Fi 6E datang ke pasar. Dan bersiaplah, Wi-Fi 7 akan segera hadir. Inilah yang diharapkan dari konektivitas nirkabel generasi berikutnya dan ketika produk pertama yang kompatibel diluncurkan.

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, Wi-Fi 7 adalah tentang peningkatan kecepatan. Oleh karena itu, perangkat keras yang mampu mendukungnya akan dapat menikmati throughput yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Secara teknis, kita berbicara tentang IEEE 802.11be Extremely High Throughput (EHT) di sini, dengan penamaan Wi-Fi 7 resmi, diharapkan akan segera diumumkan.

Dalam makalah IEEE – sangat menarik untuk pembahasan teknis tentang Wi-Fi 7 – standar ini digambarkan tidak hanya menjanjikan untuk kecepatan transfer dan bandwidth, tetapi juga “untuk beberapa perubahan revolusioner untuk Wi-Fi, yang akan menjadi dasar untuk evolusi Wi-Fi di masa depan.” MediaTek menjanjikan bahwa standar tersebut akan menjadi pengganti yang realistis untuk koneksi Ethernet kabel.

Apa keuntungan Wi-Fi 7 bagi masyarakat umum?

Sampai standar ini menyentuh perangkat, beberapa spesifikasi yang akan kita bicarakan dapat berubah, tetapi ini akan memberi Anda gambaran tentang arah Wi-Fi. Jika kami harus menyimpulkannya, kami akan mengatakan bahwa masyarakat umum akan memiliki akses ke kecepatan yang lebih tinggi.

Seperti Wi-Fi 6E, Wi-Fi 7 beroperasi di pita frekuensi 2,4, 5, dan 6 GHz, mendukung hingga 30 Gbps. Itu adalah langkah besar dari maksimum 9,6Gbps yang dijanjikan oleh Wi-Fi 6E, meskipun seperti biasa ini hanya angka teoretis, jauh dari apa yang mungkin Anda dapatkan di rumah.

Wi-Fi 7 menggunakan banyak trik untuk meningkatkan kinerja. Salah satunya adalah penggunaan bandwidth single channel sebesar 320 MHz, dibandingkan 160 MHz pada generasi sebelumnya. Ini akan meningkatkan kecepatan dan throughput untuk perangkat Anda. Ditambah dengan adopsi 6 GHz, ini akan membantu mengurangi interferensi antar perangkat, yang penting dengan semua smartphone, tablet, laptop, konsol, jam tangan pintar, speaker pintar, dll. mencoba untuk terhubung pada saat yang sama.

Aspek penting lainnya adalah latensi. Dan lagi, akan ada perbaikan. Wi-Fi 7 akan menerapkan berbagai teknik untuk memastikan bahwa jumlah maksimum permintaan dilayani dengan penundaan minimum. Salah satunya adalah Multi-Link Operation (MLO), yang memperkenalkan cara yang lebih baik bagi produk untuk menjaga beberapa koneksi tetap terbuka di beberapa rentang secara bersamaan.

Teknologi yang dikenal sebagai MU-MIMO (Multi-User, Multiple-Input, Multiple-Output) juga memainkan peran penting di sini: jumlah maksimum aliran yang didukung untuk perangkat klien akan meningkat dari 8 menjadi 16, memungkinkan menawarkan lebih banyak kapasitas dalam waktu yang lebih kecil. tapak.

Banyak peningkatan pada Wi-Fi 7 – dari Time-Sensitive Networking (TSN) hingga Quadrature Amplitude Modulation (QAM) hingga Orthogonal Frequency-Division Multiple Access (OFDMA), misalnya – memerlukan pengetahuan teknis yang hebat untuk dipahami, tetapi semuanya berkontribusi pada mentransfer data lebih cepat, ke lebih banyak perangkat secara bersamaan dan lebih efisien.

Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna Internet saat ini yang menghabiskan banyak waktu untuk menonton atau streaming video, melakukan panggilan video, bermain online, membenamkan diri dalam realitas virtual dan augmented dan tentu saja, dengan menghubungkan puluhan perangkat pada satu router nirkabel. di salah satu sudut rumahnya.

Koordinasi antar titik akses juga akan memungkinkan untuk memperoleh jaringan yang lebih baik dengan Wi-Fi 7, sehingga jaringan mesh, yang telah terdemokratisasi dengan baik dalam beberapa tahun terakhir, dapat mengelola data dan perangkat dengan lebih efisien. Idenya adalah selalu dapat menghubungkan lebih banyak perangkat Anda, dengan kecepatan lebih tinggi, meskipun perangkat seluler.

Apa yang tidak dapat dilakukan Wi-Fi 7, tentu saja, adalah meningkatkan kecepatan koneksi tempat Anda tinggal dan sampai penyedia layanan internet menawarkan yang lebih baik, teknologi Wi-Fi yang ditingkatkan ini tidak akan mengubah hidup Anda. Oleh karena itu, pihak pertama yang diuntungkan adalah bisnis dan industri.

Ini juga akan memakan waktu lama sebelum kita melihat perangkat pertama yang kompatibel dengan Wi-Fi 7. Meskipun spesifikasinya telah dipertimbangkan selama beberapa tahun, generasi baru ini mungkin tidak melakukan debut resminya sebelum akhir tahun ini dan produk konsumen pertama tidak akan tiba lama setelah itu. Dengan kata lain, jangan khawatir, router Wi-Fi 6 atau 6E baru Anda masih memiliki waktu luang.

Seperti biasa, perangkat Wi-Fi 7 akan kompatibel ke belakang: perangkat tersebut akan berfungsi sempurna dengan peralatan lama Anda. Karena itu, Anda dapat memperbarui akomodasi Anda sedikit demi sedikit, tanpa mengubah semuanya sekaligus.