Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

5 Hal Penting yang Harus Diperiksa Sebelum Menjual Smartphone Lama Anda

Bertukar atau menjual kembali smartphone Anda untuk membeli yang terbaru adalah pilihan yang sangat baik. Namun Anda masih perlu meluangkan waktu untuk mempersiapkan perangkat lama dengan benar.

Ketika saatnya tiba untuk mengganti ponsel cerdas Anda, sangat mungkin untuk mengurangi tagihan dengan menukar atau menjual kembali perangkat lama Anda. Namun, sebelum mengucapkan selamat tinggal, perlu untuk melakukan operasi tertentu. Hal tersebut untuk memastikan agar data atau akun penting tidak terekspos.

Idealnya, Anda bahkan akan menggunakan ponsel lama dan baru Anda secara berdampingan selama beberapa hari, sampai Anda yakin semuanya berfungsi di perangkat baru Anda dan Anda tidak memerlukan apa pun di ponsel itu lagi. Dengan melakukan pemeriksaan ini akan menghemat banyak masalah.

Pemeriksaan dan Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Lama Anda:

1. Cadangkan semuanya

Tidak ada yang ingin kehilangan data dengan mengganti ponsel. Dan untungnya, hari ini cukup mudah. Cukup masuk ke Netflix dan Spotify – misalnya – di perangkat baru Anda dan semua konten Anda akan ada di sana, tepat di tempat Anda meninggalkannya.

Juga, pastikan semuanya dicadangkan di cloud atau di perangkat lain. Pikirkan terutama foto dan video penting Anda (Apple Photos, Google Photos, atau layanan seperti Dropbox dapat menanganinya). Jika Anda menggunakan pemutar podcast, pastikan Anda tidak kehilangan tempat atau episode yang diunduh.

iPhone dan ponsel cerdas Android juga memiliki layanan pencadangan asli yang dapat menangani ini untuk Anda: baca dokumen bantuan Apple dan Google untuk semua detailnya, tetapi juga lakukan analisis Anda sendiri untuk mencari tahu apa yang perlu dicadangkan untuk ditransfer.

2. Pindahkan kode otentikasi dua faktor Anda

Menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai perangkat untuk otentikasi dua faktor adalah ide yang bagus – ini berarti bahwa orang jahat tidak dapat masuk ke salah satu akun Anda hanya dengan nama pengguna dan kata sandi Anda -. Namun, tindakan keamanan tambahan ini dapat menyebabkan masalah saat Anda berpindah perangkat.

Ponsel cerdas Anda adalah kunci untuk mengakses seluruh host akun, dari jejaring sosial hingga klien email Anda. Jika Anda menggunakannya untuk menghasilkan kode autentikasi dua faktor, maka Anda perlu mengonfigurasi aplikasi ini pada ponsel cerdas baru Anda, agar dapat mengakses akun Anda secara normal.

Prosedurnya berbeda-beda menurut aplikasi, jadi periksalah kasus per kasus cara kerjanya. Aplikasi seperti Authy dan Google Authenticator menawarkan panduan langsung dan sederhana untuk melakukan transfer ini.

3. Keluar dari akun Anda

Ini tidak mutlak diperlukan pada beberapa aplikasi, tetapi merupakan ide yang baik untuk keluar. Dan dengan demikian menonaktifkan akses ke sebanyak mungkin aplikasi Anda sebelum meninggalkannya, sehingga transisi ke yang baru lebih mudah .

Beberapa aplikasi memiliki batasan jumlah perangkat yang dapat Anda gunakan – aplikasi streaming menghitung jumlah perangkat untuk diunduh, misalnya. Beberapa aplikasi memiliki batasan dalam jumlah pemasangannya. Jadi, Anda ingin membatalkan instalasi lama Anda sebelum menambahkan yang baru.

Sebelum keluar di mana-mana, pastikan juga Anda mengetahui semua kata sandi Anda, karena Anda akan membutuhkannya ketika ingin masuk lagi. Ini adalah operasi yang sangat sederhana jika Anda menggunakan pengelola kata sandi.

4. Teruskan obrolan Anda

Kami telah menyebutkan cadangan, tetapi ada baiknya mendiskusikan aplikasi perpesanan instan secara terpisah. Percakapan pribadi Anda pasti sangat penting bagi Anda, dan Anda tidak ingin melihatnya menghilang ketika Anda beralih ke telepon baru.

Aplikasi seperti Twitter, Facebook Messenger, atau Google Chat menyimpan semuanya di cloud. Dengan Apple iMessage, obrolan Anda dicadangkan dan diselaraskan di seluruh perangkat Anda melalui iCloud. Jika Anda menggunakan Signal dan memiliki smartphone lama dan baru, Anda dapat menggunakan fitur transfer akun asli.

Prosesnya berbeda dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, tetapi pastikan untuk menggunakan versi yang paling mutakhir. WhatsApp adalah aplikasi dengan proses transfer yang selalu berubah, tetapi ada fitur seperti itu.

5. Lakukan reset pabrik

Terakhir, Anda harus melakukan reset pabrik untuk mengembalikan ponsel cerdas lama Anda ke keadaan semula, tetapi hanya setelah memeriksa empat poin sebelumnya.

Ini berarti tidak seorang pun akan dapat mengakses akun atau data Anda, karena semua file, aplikasi, dan pengenal Anda akan dihapus. Semuanya, mulai dari detail jaringan Wi-Fi yang telah Anda siapkan di rumah, hingga riwayat penelusuran di perangkat Anda, hingga wallpaper yang diunduh, dihapus dari penyimpanan lokal.

Di Android, di Pengaturan, buka Sistem, lalu Atur Ulang dan Hapus semua data (reset pabrik). Nama menu bervariasi dari satu perangkat Android ke perangkat lainnya, tetapi artinya selalu sama. Di iOS, di Pengaturan, pilih Umum, lalu Transfer atau Atur Ulang [Perangkat] dan terakhir Hapus Semua Konten dan Pengaturan.