Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Cara Mudah Menemukan Wi-Fi Gratis Menggunakan Facebook

Inilah panduan tentang cara menemukan Wi-Fi gratis menggunakan aplikasi Facebook untuk Android dan iPhone
(Kredit gambar: Shutterstock)
Mengetahui cara menemukan Wi-Fi gratis menggunakan Facebook dapat menghemat banyak masalah termasuk hemat biaya saat Anda berada jauh dari rumah.

Artinya, Anda tidak perlu menginstal aplikasi pencari hotspot khusus, Anda tidak perlu bertanya kepada staf di suatu tempat apakah mereka menyediakan Wi-Fi, dan Anda bisa online dengan mudah saat koneksi data seluler Anda menurun atau melambat.

Yang terbaik dari semuanya, karena hotspot Wi-Fi publik yang direkomendasikan oleh Facebook milik bisnis lokal yang telah diverifikasi oleh jejaring sosial, mereka dapat dipercaya dan biasanya gratis untuk digunakan — setidaknya untuk pelanggan.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang pencari Wi-Fi Facebook, kami tidak akan terkejut, karena fitur ini relatif tersembunyi di aplikasi Facebook untuk Android dan iPhone (belum tersedia di aplikasi iPad.) Meskipun ini tidak berarti bahwa Anda akan terhubung langsung ke jaringan Wi-Fi, namun itu masih merupakan cara yang berguna untuk menunjukkan dengan tepat di mana mereka berada.

Dalam panduan kami di bawah ini, kami akan menjelaskan cara menemukan Wi-Fi gratis menggunakan alat rahasia Facebook. Karena ini adalah Facebook yang sedang kita bicarakan, kami juga akan mengungkapkan cara melindungi privasi Anda saat mencari hotspot Wi-Fi terdekat, sehingga Anda tidak dilacak ke mana pun Anda pergi.

Cara menemukan Wi-Fi gratis menggunakan Facebook: Temukan hotspot terdekat

1. Buka aplikasi Facebook di ponsel atau tablet Android Anda, atau iPhone. Ketuk tombol menu tiga baris di sudut kanan atas aplikasi.

2. Pada layar Menu yang terbuka, geser ke bawah ke “Pengaturan dan privasi”, lalu ketuk panah di sebelahnya. Anda akan melihat opsi "Temukan Wi-Fi" di bagian bawah daftar.

Mengapa fitur yang berguna ini tersimpan di sana, tidak ada yang bisa menebak!

3. Ketuk "Temukan Wi-Fi" dan Facebook akan menampilkan detail bisnis di area Anda saat ini yang menawarkan hotspot Wi-Fi publik. Ini memberikan informasi ini baik di peta dan sebagai daftar tempat yang relevan.

Jika Anda tidak melihat hotspot terdekat, ketuk "Telusuri Lagi". Jika itu masih tidak berhasil, lihat bagian di bawah tentang mengubah setelan lokasi Anda.

4. Ketuk tombol “Lihat Lainnya” di sebelah tempat atau ketuk tempat di peta untuk mempelajari lebih lanjut tentang hotspot Wi-Fi-nya.

Informasi ini mencakup nama jaringan dan terkadang detail kecepatan yang dilaporkan, serta alamat, detail kontak, dan jam buka tempat tersebut. Sayangnya, itu tidak memberi tahu Anda apakah hotspot itu gratis atau berbayar.

5. Ketuk Simpan untuk menyimpan hotspot Wi-Fi untuk referensi di masa mendatang. Anda juga dapat mengetuk opsi untuk melihat tempat di peta dan mendapatkan petunjuk arah ke sana melalui aplikasi pemetaan default perangkat Anda.

6. Anda dapat memberi tahu Facebook untuk memberi tahu Anda saat Anda berada di dekat hotspot Wi-Fi. Ini dapat membantu Anda mengurangi penggunaan data seluler.

Ketuk ikon roda gigi di sudut kanan atas layar Temukan Wi-Fi, dan pilih "Kelola pemberitahuan Temukan Wi-Fi." Selanjutnya, aktifkan “Pemberitahuan penghematan data.”

Anda akan diberi tahu tentang hotspot Wi-Fi terdekat melalui pemberitahuan push di ponsel atau tablet Android Anda.

Cara menemukan Wi-Fi gratis menggunakan Facebook: Ubah pengaturan lokasi Anda

Seperti disebutkan di atas, Facebook mungkin tidak menemukan hotspot Wi-Fi di area Anda jika pengaturan lokasi Anda tidak dikonfigurasi dengan benar. Sama halnya, Anda mungkin tidak ingin Facebook melacak lokasi Anda saat Anda tidak secara aktif mencari Wi-Fi. 

Berikut cara mengatasi kedua masalah tersebut.

1. Ketuk ikon roda gigi di sudut kanan atas layar Temukan Wi-Fi aplikasi Facebook, dan pilih "Kelola pengaturan lokasi."

2. Pada layar berikutnya, ketuk "Buka Pengaturan Perangkat", lalu pilih "Pengaturan Android" atau "Pengaturan iPhone".

3. Pada perangkat Android, pilih Izin, lalu Lokasi dan pilih "Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi" atau "Tanyakan setiap waktu".

Di iPhone, pilih Privasi, lalu "Layanan Lokasi," dan pilih Facebook dalam daftar aplikasi di bawah ini. Pilih "While Using the App" atau "Ask Next Time" dari opsi yang tersedia.

Ini akan menghentikan Facebook secara diam-diam melacak Anda saat Anda tidak menggunakan aplikasi, sambil tetap memungkinkan Anda menemukan hotspot Wi-Fi terdekat.

4. Ketuk kembali ke layar "Pengaturan lokasi" aplikasi Facebook. Di sini Anda dapat mematikan "Riwayat lokasi", yang memberi Facebook cara lain untuk menunjukkan dengan tepat di mana Anda berada dan di mana Anda pernah berada.

Demikianlah panduan singkat namun padat tentang cara menemukan wi-fi gratis dengan menggunakan aplikasi Facebook. 

Sekali lagi, opsi ini dapat berguna untuk menemukan hotspot Wi-Fi, tetapi Anda mungkin juga merasa itu mengganggu privasi Anda — yang tidak biasa untuk Facebook!