Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Cara Merencanakan Warisan Digital dan Hapus Akun Setelah Kematian Anda

Bagaimana merencanakan warisan digital Anda, baik Anda ingin informasi Anda dihancurkan, disimpan, atau dikenang? Banyak platform teknologi kini menawarkan opsi untuk menangani data pengguna setelah kematian

Kenangan favorit dan dokumen penting kami dulu disimpan sebagai objek fisik: album foto, buku tempel, kartu pos, kontrak, dan sertifikat kepemilikan. Itu berarti, ketika kita meninggal, hal-hal ini akan relatif dapat diakses oleh orang-orang terkasih yang kita tinggalkan.

Di era internet, banyak informasi yang disimpan di cloud. Semuanya, mulai dari foto dan video hingga email, dokumen dan kontrak, dan bahkan postingan media sosial tidak mudah diakses tanpa perencanaan warisan.

Seperti saya, banyak juga orang yang menggunakan media sosial untuk membuat jurnal pribadi kenangan keluarga, dengan harapan postingan-postingan tersebut masih bisa dilihat di masa mendatang. Selain itu, pengingat dari platform media sosial tentang orang yang sudah meninggal bisa menyakitkan dan menjengkelkan.

Meskipun ini adalah pemikiran yang mungkin terasa kurang wajar, namun dengan mempertimbangkan kehidupan digital Anda dan merencanakan apa yang akan terjadi ketika Anda tidak lagi di sana menjadi sangat penting. Hal ini untuk memastikan bahwa informasi Anda dapat dengan mudah dan bertanggung jawab diurus.

Ini adalah masalah yang semakin disadari oleh para pemilik platform online, dan sekarang banyak yang mengizinkan Anda untuk mengeluarkan instruksi tentang apa yang harus terjadi jika Anda meninggal.

Bergantung pada platformnya, pelestarian dan penghapusan akun Anda dimungkinkan, tetapi itu membutuhkan pemikiran sebelumnya, dan setiap platform memiliki proses yang berbeda.

Kontak warisan digital Apple

Pada bulan Desember 2021, Apple memperkenalkan kontak warisan, yang memungkinkan Anda memilih satu atau beberapa orang tepercaya untuk mengakses akun Anda setelah kematian Anda. Anda membuat dan membagikan kunci akses dengan kontak yang Anda pilih.

Setelah Anda meninggal, kontak Anda perlu meminta akses, memberikan kunci yang Anda bagikan, dan mengunggah sertifikat kematian Anda untuk mengakses akun Apple Anda.

Langkah-langkah untuk menambahkan kontak lama ke ID Apple Anda. Foto: Apple
Setelah disetujui, kontak lama Anda akan memiliki waktu tiga tahun untuk melihat foto, pesan, catatan, file, aplikasi, dan data lainnya, serta membuat keputusan tentang apa yang akan terjadi pada informasi tersebut.

Pengelola akun Google yang tidak aktif

Anda dapat mengambil langkah proaktif untuk mengamankan data di akun Google Anda, baik itu foto, dokumen, atau bahkan akun Google Pay Anda. Pengelola Akun Tidak Aktif Google memungkinkan Anda membuat rencana untuk kematian Anda, dengan menguraikan kapan Google harus menganggap akun Anda tidak aktif. 

Anda dapat mengatur masa tunggu tidak aktif antara tiga dan 18 bulan. Setelah waktu yang ditentukan berlalu, pesan otomatis akan dikirim ke nomor ponsel dan alamat email yang ditunjuk, memberi tahu mereka tentang ketidakaktifan. Anda dapat memilih hingga 10 orang untuk diberitahukan oleh Google jika akun Anda menjadi tidak aktif.

Anda juga dapat memilih untuk membagikan data tertentu seperti Google Kalender, Chrome, Pay, dan Foto dengan orang yang ditunjuk selama tiga bulan setelah akun tidak aktif.

Terakhir, Anda juga dapat memberi tahu Google untuk menghapus akun Anda yang tidak aktif dan semua kontennya. Penghapusan dilakukan tiga bulan setelah akun menjadi tidak aktif.

Kontak warisan digital Facebook dan akun kenangan

Facebook juga memungkinkan Anda untuk menambahkan kontak warisan yang dapat mengelola akun Anda ketika Anda telah meninggal. Kontak lama dapat melihat kiriman pribadi “hanya saya”, menyematkan kiriman penghormatan, mengubah profil dan gambar sampul Anda, serta meminta penghapusan akun Anda. Namun, kontak lama hanya akan dapat melakukan aktivitas ini setelah akun tersebut diabadikan.

Contoh halaman Facebook yang diabadikan. Foto: Facebook
Dalam akun kenangan, kata "mengingat" ditempatkan di sebelah nama Anda, dan teman serta keluarga dapat berbagi kenangan di timeline memorialisasi halaman.

Facebook mengenang akun ketika anggota keluarga atau teman dekat memberi tahu mereka tentang kematian Anda. Terakhir, Anda juga memiliki pilihan untuk menghapus akun Anda secara permanen setelah kematian. Jika Anda memilih opsi ini, ketika seseorang memberi tahu Facebook tentang kematian Anda, akun tersebut akan dihapus secara permanen.

Kontak warisan digital Twitter

Sayangnya, Twitter tampaknya belum memiliki cara untuk mengabadikan akun, atau kemampuan untuk memberikan detail kontak warisan. Itu juga tidak memberikan akses akun kepada siapa pun terlepas dari hubungan mereka dengan almarhum.

Namun demikian, orang yang berwenang atau anggota keluarga dari orang yang meninggal dapat menghubungi Twitter untuk menonaktifkan akun, setelah memberikan informasi lebih lanjut tentang almarhum, salinan ID mereka, dan salinan sertifikat kematian almarhum.

Kontak warisan digital Instagram

Instagram yang dimiliki Facebook memiliki fitur memorialising dan delete yang mirip dengan Facebook. Tapi itu tidak menawarkan opsi untuk menambahkan kontak lama. Sebagai gantinya, siapa pun dapat mengajukan permintaan agar akun diabadikan dengan memberikan bukti kematian. Hanya anggota keluarga dekat yang diverifikasi atau perwakilan sah dari almarhum yang dapat meminta penghapusan akun.

Kontak warisan digital LinkedIn

LinkedIn juga saat ini belum menyediakan cara untuk memberikan detail kontak warisan. Ini hanya menawarkan fungsionalitas untuk mengenang atau menutup akun anggota yang telah meninggal.

Anggota keluarga atau orang yang berwenang hanya dapat membuat permintaan untuk mengenang atau menutup akun. Namun, anggota LinkedIn lainnya dapat melaporkan orang yang meninggal , dan setelah diverifikasi, akun tersebut disembunyikan dari pandangan publik. Seperti Twitter, itu juga tidak mengungkapkan nama pengguna atau kata sandi kepada siapa pun, termasuk anggota keluarga.

Kontak warisan digital Microsoft

Sampai saat ini, Microsoft tampaknya telah mengambil pendekatan yang sangat lepas tangan dalam menangani akun pengguna yang telah meninggal. Itu tidak menawarkan cara apa pun untuk menominasikan kerabat terdekat untuk mengakses akun, dan akun itu pasti ditutup setelah dua tahun tidak aktif.

Meninggalkan instruksi

Last but not least, Anda dapat meninggalkan detail semua aset digital Anda – akun, nama pengguna, dan kata sandi – dengan teman atau anggota keluarga tepercaya yang dapat membantu menutupnya. Ini bisa sangat berguna untuk platform yang tidak memungkinkan untuk menominasikan kontak lama.

Perencanaan warisan digital mungkin sulit, tetapi itu akan membuat hidup sedikit lebih mudah bagi mereka yang dekat dengan Anda. Lagi pula, Anda tidak ingin informasi online Anda hilang atau disalahgunakan saat Anda pergi.