Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Cara Membersihkan Layar TV dan Barang Elektronik Lainnya Agar Sebening Kristal

Tidak peduli seberapa rapi Anda, gadget elektronik Anda bisa menjadi sangat berdebu dan kotor sebelum Anda menyadarinya. Jelas, hal terakhir yang Anda inginkan adalah layar TV yang tercoreng saat menonton acara favorit Anda atau ponsel yang kotor saat menerima panggilan penting — belum lagi semua kuman yang hidup di sana! 

Untungnya, sebagian besar perangkat populer cukup mudah untuk dibersihkan dan disegarkan. Coba trik praktis ini dan semua barang elektronik tersebut pasti akan berkilau lagi. 

Berikut ini panduan praktis tentang cara membersihkan layar TV dan barang elektronik lainnya di bawah.

1. Cara Membersihkan Layar TV

Menurut Consumer Reports, kain yang kering dan lembut biasanya cukup untuk membersihkan layar TV. Karena sebagian besar TV modern termasuk dalam kategori perangkat OLED atau LCD, dan saran pembersihannya sama untuk keduanya.

Tips terbaiknya Membersihkan Layar TV

  • Gunakan kain mikrofiber anti-statis yang lembut — jenis yang digunakan untuk membersihkan kacamata dan lensa kamera.
  • Lap dengan gerakan melingkar.
  • Seka layar dengan lembut dengan kain kering untuk menghilangkan debu dan kotoran lainnya.
  • Jangan menekan terlalu keras.
  • Jika noda membandel, Anda bisa membasahi kain yang sama dengan air suling sebelum menyeka kembali dengan lembut. Jika Anda melakukannya, pastikan untuk menyeka seluruh layar sekali lagi dengan kain kering, sehingga Anda tidak meninggalkan goresan yang mengganggu setelah mengering.
  • Hindari menyemprotkan air langsung ke perangkat, yang dapat mengejutkan sistem dan menyebabkan kerusakan. Kecuali jika Anda memiliki TV lama dengan layar kaca, Anda juga dapat menggunakan pembersih jendela untuk membersihkan layar.
Jika Anda tidak yakin jenis TV apa yang Anda miliki, lihat panduan pengguna Anda dan mulai dari sana. 

2. Cara Membersihkan Layar Ponsel

Meskipun mungkin tergoda untuk membeli “kain pembersih elektronik” yang mahal, Anda dapat membersihkan layar ponsel dengan barang-barang yang mungkin sudah Anda miliki di rumah. Menurut Popular Mechanics, yang Anda butuhkan hanyalah air suling, kapas murni atau kain mikrofiber, dan kemungkinan isopropil alkohol.

Pertama, beri perangkat seluler Anda lap yang ringan dan kering dengan kain Anda. Selanjutnya, rendam kain dalam air suling dan jalankan di layar ponsel Anda dari sisi ke sisi. Pastikan untuk melipat kembali kain setiap beberapa kali sapuan sehingga bagian yang bersih selalu menyentuh layar Anda.

Kemudian, bersihkan dengan kain kering. Jika Anda melihat ada kotoran di tepinya, gunakan kapas kering untuk menghilangkannya.

Jika Anda memiliki iPhone atau gadget lain dengan lapisan layar yang dapat membersihkan sendiri (lihat panduan pengguna atau situs web produk jika Anda tidak yakin), pekerjaan Anda di sini mungkin sudah selesai.

Jenis layar ini bisa sangat sensitif, jadi sebaiknya hindari menggunakan metode pembersihan alkohol isopropil untuknya.

Namun, jika Anda memiliki ponsel tanpa jenis pelapis layar khusus ini, Anda dapat menggunakan peretasan pembersihan ini: 
Siapkan campuran 50-50 alkohol isopropil dan air suling untuk mencelupkan kain Anda ke dalam untuk menghilangkan noda super keras.

3. Cara Membersihkan Layar Komputer

Sebelum Anda mulai membersihkan layar komputer, ada baiknya Anda memulai dengan mematikan monitor sepenuhnya. Menurut Digital Trends, jauh lebih mudah untuk melihat noda dan noda di layar komputer yang gelap daripada yang menyala.

Setelah Anda melakukannya, ambil kain mikrofiber dan mulai bekerja. Usap layar dengan lembut dalam gerakan panjang. Untuk sebagian besar kekacauan standar, itu yang Anda butuhkan.

Jika terdapat sesuatu yang lebih menjijikkan atau lebih rumit daripada debu di layar komputer Anda, Anda mungkin perlu menambahkan larutan pembersih sederhana ke kain tersebut. Pertama, coba celupkan ke dalam air suling sebelum menyeka.

Jika itu tidak cukup, Anda bisa menambahkan sedikit cuka putih suling ke dalam air untuk membantu menghilangkan kotoran. Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan cairan pembersih lembut yang dirancang khusus untuk monitor komputer, tetapi dalam kebanyakan kasus, metode DIY sudah cukup.

Penting: Jangan menyemprotkan cairan apa pun secara langsung ke monitor, karena dapat menyebabkan kerusakan. Setelah Anda selesai membersihkan, biarkan komputer Anda benar-benar kering sebelum menyalakannya.

Jika Anda ragu tentang cara terbaik untuk membersihkan elektronik Anda, lihat panduan pengguna. Kemungkinannya, Anda hanya beberapa langkah lagi dari layar bersih!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat..