Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Aplikasi Antivirus Ini Ternyata Membawa Malware Jahat Untuk Mencuri Data

Menyamar sebagai platform penghancur malware yang tidak berbahaya, beberapa aplikasi "antivirus" tertangkap basah mencuri informasi perbankan dan kredensial lainnya dari penggunanya. 

Penyelidik keamanan siber Check Point Research (CPR) menemukan aplikasi penipuan ini di Google Play Store.

CPR menemukan lebih dari 1.000 alamat IP unik dari perangkat yang terinfeksi. Namun, menurut data Google Play Store, enam aplikasi penipuan itu diunduh lebih dari 11.000 kali.

Aplikasi 'Antivirus' mengeluarkan malware jahat yang disebut Sharkbot

Sharkbot adalah nama malware perbankan yang menyamar sebagai solusi antivirus. Setelah diinstal, aplikasi tersebut merenggut kredensial pengguna Android dan informasi perbankan. 

Menurut CPR, Sharkbot memancing korban untuk memasukkan data sensitif mereka di jendela yang meniru formulir input.

CPR memperingatkan pengguna Android di seluruh dunia untuk berpikir dua kali untuk mengunduh solusi antivirus.

Setelah korban memasukkan informasi mereka, Sharkbot mengirimkan data yang dikompromikan ke server. CPR menemukan bahwa sebagian besar korban tinggal di Italia (62%), diikuti oleh Inggris (36%). Menariknya, aktor jahat menerapkan fitur geofencing, mengabaikan perangkat di Rumania, Rusia, Ukraina, Belarus, Cina, dan India.

"Yang juga perlu diperhatikan di sini adalah bahwa pelaku ancaman mengirim pesan ke korban yang berisi tautan jahat, yang mengarah ke adopsi secara luas. Secara keseluruhan, penggunaan pesan-dorong oleh pelaku ancaman yang meminta jawaban dari pengguna adalah teknik penyebaran yang tidak biasa," CPR ditambahkan.

Periksa Titik Penelitian

Enam aplikasi berbahaya yang ditemukan CPR termasuk "Atom Clean-Booster, Antivirus," "Antivirus, Super Cleaner," "Alpha Antivirus, Cleaner," "Powerful Cleaner, Antivirus," dan "Center Security - Antivirus."

Untungnya, CPR memberi tahu Google tentang aplikasi menyesatkan ini dan raksasa teknologi mesin pencari menghapusnya dari Play Store.

Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda mengunduh platform pro-keamanan yang sah, lihat halaman aplikasi antivirus terbaik dan recommended kami untuk solusi yang mapan dan tepercaya untuk kebutuhan Anda.