Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Trik Jika Akun FACEBOOK Anda Diretas? Segera Lakukan 4 Hal Berikut Ini!

Perjuangan diam-diam ribuan pengguna Facebook yang akunnya telah diretas di luar pelanggaran besar jarang menjadi berita utama. Facebook sendiri tidak menawarkan banyak hal dan terkesan tidak peduli. Apakah Anda yakin akun Anda tidak disusupi?

Jika Anda menduga kata sandi Facebook Anda bocor atau akun Anda dibobol, cepatlah bertindak! Peretas Facebook dapat mengunci Anda dari akun dan mengganggu teman dan keluarga Anda. Amankan akun Facebook Anda sekarang dan dapatkan kembali sebelum terlambat. Kami akan menunjukkan caranya.

Cara Mengetahui Apakah Akun Facebook Anda Diretas

Jadi, bagaimana Anda tahu jika akun Facebook Anda diretas? Jika seorang hacker Facebook berhasil masuk ke akun Anda, mereka akan meninggalkan jejak.

Untuk memeriksa jejak, masuk ke akun Facebook Anda dan klik panah di kanan atas untuk membuka menu Akun. Dari menu itu, pilih Pengaturan & privasi > Pengaturan dan buka Keamanan dan Masuk .

Di bagian paling atas, Anda akan melihat daftar perangkat yang terakhir kali Anda gunakan untuk masuk ke akun Facebook Anda dan kapan perangkat tersebut aktif.

Keamanan Facebook dan Pengaturan Masuk dengan daftar perangkat yang terakhir masuk.
Klik Lihat Selengkapnya untuk memperluas daftar itu dan meninjau sesi yang lebih lama.

Tanda-tanda lain bahwa akun Anda mungkin telah diretas meliputi:

  • Data pribadi Anda, termasuk kata sandi, alamat email, nomor telepon, atau nama Anda diubah oleh pihak ketiga. Dalam Pengaturan > Umum , periksa informasi Kontak lengkap Anda, yaitu klik bidang masing-masing untuk memperluasnya. Anda dapat melihat semua nomor telepon yang terkait dengan akun Anda di bawah Setelan > Seluler .
  • Permintaan pertemanan dan pesan pribadi dikirim dari akun Anda tanpa Anda lakukan. Dalam Pengaturan, buka Informasi Facebook Anda > Akses Informasi Anda dan lihat berbagai detail di sana.
  • Linimasa Anda berisi postingan yang tidak Anda tambahkan atau izinkan. Untuk melihat timeline Anda, klik gambar profil Anda di kanan atas atau, jika Anda tidak dapat melihatnya di sana, klik ikon menu hamburger, maka Anda akan melihat gambar Anda di kiri atas.
Jika Anda menggunakan Facebook untuk masuk ke aplikasi lain, seperti Spotify atau Instagram, kami sangat menyarankan untuk mengubah login masing-masing atau memperketat keamanan Facebook Anda untuk mengamankan akun pihak ketiga ini.

Jika Anda melihat aktivitas mencurigakan di login Anda atau telah melihat satu atau lebih dari tanda-tanda lain ini, Anda akan menemukan apa yang perlu Anda lakukan di bawah ini...

Apa yang Harus Dilakukan Jika Akun Facebook Anda Diretas

Jika Anda telah mengonfirmasi bahwa akun Anda telah disusupi, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti..

1a. Ubah Kata Sandi Facebook Anda

Jika peretas Facebook Anda belum mengubah kata sandi Anda, Anda beruntung! Segera perbarui kata sandi Anda sebelum Anda keluar dari sesi yang mencurigakan (Anda tidak ingin memperingatkan peretas). Jika sudah terlambat, lanjutkan ke langkah 1b.

Di bawah Pengaturan > Keamanan dan Login, gulir ke bawah ke Login dan klik Ubah kata sandi. Masukkan kata sandi Anda saat ini, atur kata sandi baru yang kuat, dan klik Simpan Perubahan.

Selanjutnya, Anda akan melihat jendela konfirmasi Kata Sandi Berubah yang memungkinkan Anda Meninjau perangkat lain atau Tetap masuk. Pilih yang pertama dan klik Lanjutkan . Dalam kasus saya, ini sebenarnya tidak banyak membantu, tetapi senang melihat pengingat ini.

Kata sandi Facebook mengubah konfirmasi dengan opsi untuk meninjau perangkat lain atau tetap masuk.

Keluar dari Sesi Facebook

Setelah mengubah kata sandi Anda, gulir kembali ke Tempat Anda Masuk. Keluar dari setiap sesi dengan mengklik tiga titik vertikal atau klik opsi Keluar dari Semua Sesi di kanan bawah setelah memperluas daftar.

Lakukan ini hanya jika Anda yakin dapat masuk kembali.

Sesi Facebook yang Anda masuki dengan opsi untuk keluar dari sesi atau mengklaim bahwa itu bukan Anda.
Kami merekomendasikan untuk keluar sepenuhnya, asalkan detail kontak dan pengaturan keamanan Anda mutakhir. Anda tidak ingin membahayakan cara Anda untuk masuk kembali. Jika Anda tidak yakin, keluar secara manual dari semua sesi terakhir yang tampak mencurigakan.

Amankan akun Anda

Anda juga memiliki opsi untuk menandai sesi individu sebagai Bukan Anda. Ini akan memunculkan pop-up yang menunjukkan detail sesi itu.

Dialog Facebook yang menampilkan detail sesi Facebook khusus perangkat dengan data lokasi dan aktivitas terakhir.

Klik Akun Aman jika Anda tidak mengenali lokasi, perangkat, dan aktivitas terakhir. Klik Mulai untuk memicu proses langkah demi langkah otomatis untuk mengamankan akun Anda.

Facebook Amankan Akun Anda rutin yang membantu Anda meninjau data pribadi Anda.
Layar berikutnya merangkum langkah-langkah proses. Klik Lanjutkan.

Setelah selesai, Anda akan diarahkan kembali ke feed Anda. Jika Anda masih merasa akun Anda telah disusupi, lanjutkan ke Langkah 3.

1b. Setel Ulang Kata Sandi Facebook Anda

Jika peretas memang mengubah kata sandi Anda, dan Anda perlu memulihkan akun Facebook Anda , bertindak cepat. Cobalah untuk mendapatkan kembali akses. Ada Lupa kata sandi Anda? tautan di bawah login Facebook:

Ini akan memungkinkan Anda mengambil kata sandi Anda dalam beberapa cara. Pertama, Anda harus Temukan Akun Anda. Anda dapat memasukkan alamat email yang Anda gunakan untuk mendaftar ke Facebook atau alamat email sekunder lainnya yang Anda tambahkan, serta nomor telepon Anda.

Jika Facebook dapat menemukan akun Anda, Anda dapat memilih cara Mengatur Ulang Kata Sandi Anda.

Jika peretas mengubah alamat email Anda, Anda seharusnya menerima pesan ke alamat aslinya. Temukan pesan ini karena berisi tautan khusus yang memungkinkan Anda membalikkan perubahan dan mengamankan akun Anda.

Dalam kasus saya, Facebook menawarkan untuk mengirim kode pemulihan ke salah satu alamat email yang saya tambahkan ke akun saya. Kami sangat menyarankan Anda menentukan beberapa alamat email cadangan. Ingatlah bahwa Anda harus menjaga keamanan akun tersebut, setidaknya dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan idealnya dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor pada akun email Anda.

Apakah Anda tidak lagi memiliki akses ke ini? Jika itu masalahnya, Facebook akan menanyakan bagaimana mereka dapat menghubungi Anda untuk memverifikasi identitas Anda. Ini bisa memakan waktu cukup lama.

Jika Anda yakin bahwa peretas Facebook yang memiliki akses ke akun Anda telah menyalahgunakannya, lanjutkan ke langkah 2.

2. Laporkan Peretasan Facebook

Jika akun Anda tidak hanya diretas, tetapi mengirimkan iklan dan spam ke teman Anda, Anda harus melaporkannya sebagai disusupi ke Facebook menggunakan Facebook.com/hacked/ .

Anda juga dapat menggunakan ini jika Anda kehilangan akses ke akun Anda karena serangan phishing. Facebook akan membantu Anda memulihkan akses ke akun Anda.

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Seringkali, bukan orang jahat yang meretas akun Anda secara acak. Anda mungkin baru saja memberikan akses ke aplikasi Facebook jahat yang kemudian membajak akun Anda.

Untuk menghapus aplikasi yang mencurigakan, buka Pengaturan > Aplikasi dan Situs Web dan lihat daftarnya. Klik Lihat Selengkapnya untuk memperluas daftar aplikasi dan situs web aktif, atur tanda centang pada aplikasi atau situs web yang ingin Anda hapus, klik tombol Hapus di kanan atas, dan konfirmasikan apakah Anda juga ingin "menghapus postingan, foto atau acara yang diposting di linimasa Anda" dari sumber-sumber ini.

Kami juga menyarankan untuk menghapus semua aplikasi dan situs web yang Kedaluwarsa.

Atau, klik tautan Lihat dan Edit dan ubah izin aplikasi, yang mencakup opsi seperti visibilitas aplikasi, akses ke informasi pribadi Anda, dan tindakan yang dapat dilakukan.

4. Lakukan Pengendalian Kerusakan

Setelah melakukan semua yang Anda bisa untuk mendapatkan kembali kendali atas akun Facebook Anda yang diretas dan mencegah kerusakan lebih lanjut, beri tahu teman dan keluarga Anda tentang apa yang sedang terjadi.

Ini adalah langkah pencegahan jika peretas telah menggunakan akun Anda untuk menjangkau orang-orang. Jika saat ini Anda tidak dapat mengakses akun Anda, hubungi teman Facebook Anda melalui jejaring sosial lain, melalui email, atau mintalah teman bersama untuk memberi tahu mereka melalui Facebook.

Meningkatkan Pengaturan Privasi dan Keamanan Facebook

Setelah Anda kembali memegang kendali, kami sangat menyarankan Anda meninjau pengaturan Facebook Anda.
  • Di bawah Pengaturan > Umum, perbarui detail kontak Anda, dan tambahkan alamat email atau nomor ponsel tambahan yang dapat Anda akses. Demikian juga, hapus yang tidak lagi dapat Anda akses. 
  • Buka Pengaturan> Keamanan dan Masuk untuk mengatur langkah-langkah keamanan ekstra, termasuk peringatan tentang login yang tidak dikenal, otentikasi dua faktor, dan pilih tiga hingga lima teman tepercaya yang dapat membantu Anda memulihkan akun Anda jika Anda terkunci. 
  • Di bawah Pengaturan > Privasi , pilih pengaturan privasi yang Anda sukai. Sebaiknya biarkan hanya teman yang melihat postingan Anda di masa mendatang dan secara surut membatasi visibilitas postingan sebelumnya.
Perhatikan bahwa satu-satunya fitur keamanan terpenting yang dapat Anda aktifkan di akun mana pun adalah autentikasi dua faktor. Kami sangat menyarankan Anda mengatur otentikasi dua faktor di akun sosial Anda yang menawarkan fitur ini. Anda dapat menggunakan Microsoft Authenticator dan Google Authenticator dengan Facebook.

Bagaimana Anda Menjaga Akun Facebook Anda Aman?

Setelah Anda diretas, Anda dipaksa untuk belajar tentang semua kesalahan yang Anda buat. Dan semoga, Anda tidak akan pernah membuatnya lagi.

Inilah saatnya untuk mempelajari bagaimana peretas dapat menyerang privasi Anda dan bagaimana melindungi diri Anda dari mereka. Peretas tidak pernah berhenti berevolusi, jadi pengetahuan Anda tentang taktik mereka perlu mengikuti.