Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Tips dan Trik Membuat Judul Meta yang Efisien

Meskipun judul sering disebut sebagai judul meta, sebenarnya itu adalah tag HTML standar yang ditemukan di bagian halaman web. Baca terus untuk mengetahui mengapa judul penting (seperti bagaimana Google memutuskan apa yang akan ditampilkan untuk judul Anda di hasil pencarian), praktik terbaik tentang cara membuat judul meta yang efektif, dan perangkap umum yang harus dihindari dalam pembuatannya.

Mengapa Judul Meta Penting?

Judul adalah bagian besar untuk ditemukan dan diingat oleh mesin pencari dan manusia.

1. Cari Peringkat

Algoritme peringkat pencarian Google memiliki lebih dari 200 faktor meskipun judul halaman adalah salah satu faktor terkuat dalam menentukan di mana peringkat situs untuk frasa pencarian tertentu.

Judul meta diuraikan dengan peningkatan bobot yang diberikan ke kata kunci / frase kata kunci yang paling dekat dengan awal (sisi kiri judul pada hasil bahasa Inggris tradisional), meskipun kata-kata di dekat akhir (sisi kanan) masih digunakan dalam perhitungan peringkat .

Jika tujuan Anda adalah menentukan peringkat untuk kata kunci atau frasa tertentu, letakkan di atau di dekat awal judul meta.

2. Rasio Klik-tayang Pengguna

Dalam hasil pencarian Google, situs disajikan dengan judul, deskripsi meta, dan URL (atau remah roti). Ini adalah potongan informasi yang digunakan pencari untuk menentukan hasil mana yang akan diklik dan dikunjungi dengan harapan dapat dengan cepat menemukan apa yang mereka inginkan. Judul sangat penting dalam proses ini.

Ketika kata kunci yang digunakan dalam permintaan pencarian ditemukan dalam judul meta halaman situs, kata kunci tersebut dicetak tebal dalam hasil pencarian. Ini, pada gilirannya, menghasilkan kemungkinan yang lebih besar dari hasil yang diklik (memiliki rasio klik-tayang yang lebih tinggi).

RKPT dipengaruhi dengan menggunakan teknik tertentu seperti memasukkan tanggal. Semakin banyak halaman peringkat teratas menggunakan judul dengan tahun. Misalnya, "10 Teknik Membuat Judul Meta" vs. "10 Teknik Membuat Judul Meta yang Berfungsi (2020)".

Kekhususan dan penggunaan tahun ini adalah pendekatan kemenangan besar. Menyertakan tahun dalam tanda kurung atau kurung akan membuatnya lebih mungkin untuk diklik.

Gunakan tanggal di awal posting atau halaman sehingga Google, dan pengguna, dapat melihat seberapa segar kontennya dan dapat memastikan bahwa judul tersebut benar-benar akurat dalam menyebutkan tanggal atau tahun. Idealnya ini akan muncul sebelum kalimat pertama dari teks isi halaman. Contoh: 'Diposting 21 Desember 2020' atau 'Diperbarui 15 Januari 2021'.

Selain tahun atau bulan dan tahun, penggunaan angka dan simbol lain dapat membuat perbedaan besar dalam mendorong orang untuk mengklik judul halaman. Contoh: 'Hemat Setengah di Obral Hosting Web Kami' atau 'Hemat DISKON 50% – Potong $29 dari Harga Reguler Hari Ini!'

Catatan: Angka dan simbol umumnya akan meningkatkan RKPT dengan jumlah yang substansial.

3. Daya ingat melalui Bilah Peramban

Semua browser modern menyajikan judul halaman, atau versi singkatnya, di seluruh tab halaman yang terbuka, di dalam browser web (bersama dengan favicon).

Dengan meletakkan informasi kunci dalam 15-20 karakter pertama dari judul halaman, setiap kali seseorang melirik bagian atas browser (tab, tepat di atas bilah URL), informasi khusus tentang halaman, melalui judul, diperkuat . Terlihat cukup sering dan itu menjadi hubungan yang kuat antara URL halaman dan judul meta halaman.

4. Mem-bookmark

Saat pengunjung mem-bookmark situs Anda di browser mereka, judul halaman menjadi nama bookmark, kecuali jika diubah secara manual menjadi sesuatu yang lain pada saat mem-bookmark (atau lebih baru).

Setiap kali halaman di-bookmark, judul halaman menjadi informasi yang mudah diingat yang akan muncul di daftar bookmark.

Informasi Penting Judul Meta

Ada sejumlah prinsip panduan yang harus diikuti dalam membuat judul meta halaman, yang masing-masing akan membantu peringkat halaman Anda dengan baik dan mudah diingat.

1. Panjang Judul Meta

Panjang judul meta sangat penting. Buat judulnya terlalu pendek dan Google mungkin akan menggantinya dengan yang lain sama sekali. Buat judul terlalu panjang dan akan terpotong dalam hasil pencarian.

Panjang Minimum – 30 karakter

Panjang Maksimum – 50 hingga 60 karakter*

Catatan: Lebar maksimum 530 piksel pada perangkat seluler atau 600 piksel pada perangkat yang lebih besar. Huruf dan simbol kurus memakan lebih sedikit ruang (lebar) yang memungkinkan judul memiliki lebih banyak karakter daripada huruf dan simbol lebar.

Nama Merek – dapat ditambahkan secara otomatis, terutama di beranda

2. Keunikan Judul Meta

Setiap halaman di situs membutuhkan judul yang berbeda dari setiap judul lain di situs. Jika Anda memiliki dua judul yang sama, atau sangat mirip, Google akan kesulitan menentukan halaman mana yang harus diberi peringkat untuk permintaan pencarian tertentu (kompetisi internal).

Dalam kasus di mana 2 atau lebih halaman di sebuah situs bersaing satu sama lain, peringkat untuk setiap halaman akan cenderung terpental, dengan satu mengungguli yang lain untuk jangka waktu tertentu kemudian beralih sehingga peringkat halaman lainnya menjadi yang terbaik. 

Mengubah judul halaman untuk membuatnya unik umumnya akan menghasilkan satu halaman peringkat terbaik yang jelas yang akan mengungguli salah satu dari dua hasil halaman sebelumnya.
Judul halaman harus unik. Tidak boleh ada dua halaman di situs yang memiliki judul yang sama! Jadilah spesifik. Judul halaman juga harus berbeda dari tag H1.

3. Manfaat Judul Meta

Pencari web ingin melakukan sesuatu dengan informasi yang mereka cari. Kadang-kadang ini adalah kasus menemukan cara untuk mencapai suatu tempat, cara melakukan sesuatu, berapa biayanya, salah satu dari beberapa yang terbaik – tetapi selalu ada alasan khusus yang dicari orang.

Manfaat, juga dikenal sebagai "What's In It For Me" (WIIFM), dapat ditargetkan dengan membuat judul halaman yang memperjelas manfaat bagi pencari. Sangat penting untuk menjelaskan bahwa orang akan dapat melakukan sesuatu dengan pengetahuan yang akan Anda berikan di halaman situs web Anda.

4. Relevansi Judul Meta

Judul harus relevan dan selaras dengan konten sebenarnya di halaman. Jika judul halaman Anda adalah tautan-umpan jahat yang menginduksi klik, maka pengguna dan mesin pencari menemukan konten halaman tidak melakukan apa pun untuk memenuhi janji itu, rasio pentalan akan meroket dan peringkat pencarian akan layu.

Sangat penting bahwa judul meta sangat selaras dengan konten halaman!

5. Kata-kata Emosional

Ada seluruh buku yang didedikasikan untuk copywriting dan pentingnya menggunakan kata-kata bermuatan emosional yang menginspirasi orang untuk memvisualisasikan diri mereka menikmati manfaat yang akan diberikan oleh konten halaman Anda.

6. Ajakan Bertindak (CTA)

Menyertakan ajakan bertindak singkat dalam judul meta Anda adalah cara yang terbukti untuk meningkatkan rasio klik-tayang dalam hasil pencarian.

Lihat perbedaan antara: 'Hemat 50% di VPS Hosting' vs. 'Hemat 50% di VPS Hosting Hari Ini' atau 'Hemat di VPS Hosting – DISKON 50% Sale Now On'

7. Gunakan Kata Kunci dan Istilah Terkait

Judul yang bagus akan menyertakan istilah pencarian kunci yang Anda targetkan. Judul yang bagus juga akan menyertakan sinonim dan/atau istilah terkait. Misalnya: 'Membuat Judul Meta yang Berfungsi' vs. 'Membuat Judul Meta – Membuat Judul Halaman yang Meningkatkan Peringkat'.

Catatan: Lihat bagaimana judul ke-2 memiliki manfaat khusus dan menyertakan istilah "halaman" terkait.

8. Posisi Penting

Tidak apa-apa dan keren untuk mengatakan bahwa judul harus menyertakan kata kunci. Namun, "di mana" kata kunci muncul dalam judul memainkan peran besar dalam seberapa baik peringkat halaman untuk istilah tertentu. Letakkan kata kunci di awal untuk dampak terbesar.

Benar-benar ada perbedaan antara: 'Diskon 25% untuk Fast SSD Shared Hosting' dan 'Shared Hosting Diskon 25% – Hemat di Fast SSD.

Sumber: www.knownhost.com