Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Sekilas Tentang Pengertian Digital Marketing dan Manfaatnya

Saat ini kita berada di tahun milenial. Hal ini berarti bahwa kita harus tetap update dan mengikuti tren digital marketing di tahun ini. Tujuannya tentu agar bisnis yang kita jalani semakin dikenal oleh banyak orang yang menjadi target konsumen.

Marketing sudah menjadi bagian dari bisnis. Untuk saat ini, sebuah bisnis atau perusahaan lebih fokus ke pemasaran secara digital walaupun masih tetap menjalankan pemasaran secara konvensional. 

Dengan mengetahui perbedaan antara digital marketing vs tradisional marketing, kita menjadi semakin yakin untuk mulai menggunakan digital marketing.

Apa pengertian digital marketing

Digital marketing menjadi pilihan banyak bisnis online. (Sumber: freepik)
Secara sederhana, pengertian digital marketing adalah upaya untuk memasarkan produk atau layanan secara digital. Ada banyak media, strategi dan cara untuk melakukan pemasaran digital. Salah satunya adalah menggunakan search engine marketing. 

Dengan banyaknya pilihan cara, media dan strategi marketing secara online, maka akan lebih banyak target pasar yang akan dijangkau. Alhasil, peluang untuk memperoleh banyak pelanggan baru juga semakin besar. 

Namun, hasil akhir yang akan diperoleh juga bergantung dari usaha dan strategi digital marketing yang dimiliki masing-masing perusahaan atau pemilik bisnis itu sendiri. Maka, pastikan kita memilih strategi yang tepat supaya sesuai dengan target bisnis kita.

Manfaat Nyata Digital Marketing

Setiap jenis pemasaran, baik digital marketing maupun traditional marketing, masing-masing akan memberikan manfaat. Dalam pembahasan kali ini kita akan lebih berfokus pada pemasaran secara digital. Jadi kita perlu mempelajari dan mencari tahu apa saja manfaat digital marketing. 

1. Jangkauan pasar lebih luas dan tepat sasaran

Manfaat pertama dari pemasaran produk atau layanan secara digital adalah jangkauan pasar yang lebih luas dan tepat sasaran. Dengan bantuan banyak media dan strategi yang digunakan, kita memiliki peluang untuk menjangkau target pasar yang lebih luas tanpa batasan letak geografis.

2. Bisa menentukan target konsumen

Saat melakukan promosi, kita juga bisa menentukan target konsumen yang ingin dijangkau dengan mempertimbangkan berbagai hal termasuk usia, jenis kelamin, hobi, profesi, dan lain sebagainya.

3. Semakin meningkatkan penjualan

Salah satu tujuan dari marketing adalah untuk meningkatkan penjualan. Dengan menjalankan digital marketing, kita berpeluang lebih besar agar angka penjualan semakin meningkat.

Demikianlah beberapa manfaat penting dari menggunakan digital marketing untuk kebutuhan pemasaran.

Sumber: exabytes.co.id