Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Rekomendasi Software Antivirus dan Keamanan Siber Terbaru dari Malwarebytes

Dua bentuk malware yang relatif baru telah membantu mendorong kemajuan metode deteksi tanpa tanda tangan: exploit dan ransomware. Meskipun ancaman ini mirip dengan yang lain dalam banyak hal, mereka bisa jauh lebih sulit untuk dideteksi. Selain itu, setelah komputer Anda terinfeksi, ancaman ini hampir tidak mungkin dihapus.

Bentuk malware tersebut benar-benar mengeksploitasi kerentanan dalam sistem, perangkat lunak, atau browser web untuk menginstal kode berbahaya dalam berbagai cara. Tindakan anti-eksploitasi dikembangkan sebagai perisai terhadap metode serangan ini, melindungi terhadap eksploitasi Flash dan kelemahan browser, termasuk eksploitasi baru yang belum diidentifikasi atau kerentanan yang belum dibuat patchnya.

Ransomware muncul di kancah malware dengan efek spektakuler pada tahun 2013. Ransomware terkenal dengan membajak dan mengenkripsi data komputer, dan kemudian memeras pembayaran karena menyandera data. dan bahkan mengancam akan menghapusnya jika tenggat waktu berlalu tanpa pembayaran. Awalnya, kedua ancaman ini menghasilkan pengembangan produk anti-eksploitasi dan anti-ransomware khusus.

Masa depan antivirus dan program keamanan
Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) adalah bintang terbaru dalam teknologi antivirus dan anti-malware teratas.

AI memungkinkan mesin untuk melakukan tugas yang tidak secara khusus diprogram sebelumnya. AI tidak secara membabi buta menjalankan serangkaian perintah terbatas. Sebaliknya, AI menggunakan "kecerdasan" untuk menganalisis situasi, dan mengambil tindakan untuk tujuan tertentu seperti mengidentifikasi tanda-tanda aktivitas ransomware. ML adalah pemrograman yang mampu mengenali pola dalam data baru, lalu mengklasifikasikan data dengan cara yang mengajarkan mesin cara belajar.

Dengan kata lain, AI berfokus pada pembuatan mesin pintar, sementara ML menggunakan algoritme yang memungkinkan mesin belajar dari pengalaman. Kedua teknologi ini sangat cocok untuk keamanan siber, terutama karena jumlah dan variasi ancaman yang datang setiap hari terlalu banyak untuk metode berbasis tanda tangan atau tindakan manual lainnya. 

Di software antivirus terbaru telah menggunakan komponen pembelajaran mesin yang mendeteksi malware yang belum pernah terlihat sebelumnya di alam liar, juga dikenal sebagai zero-days . Komponen lain dari software tersebut melakukan deteksi heuristik berbasis perilaku—artinya komponen tersebut mungkin tidak mengenali kode tertentu sebagai berbahaya, tetapi komponen tersebut telah menentukan bahwa file atau situs web bertindak dengan cara yang tidak seharusnya. Teknologi ini didasarkan pada AI/ML dan tersedia untuk pengguna kami dengan perlindungan antivirus terbaik dan pemindai sesuai permintaan.

Dalam kasus profesional TI bisnis dengan banyak titik akhir untuk diamankan, pendekatan heuristik sangat penting. Ancaman malware baru muncul secara teratur, sehingga heuristik memainkan peran penting dalam Perlindungan Titik Akhir Software Antivirus dan antiMalware, seperti halnya AI dan ML. Bersama-sama, mereka menciptakan beberapa lapisan perlindungan antivirus yang menangani semua tahap rantai serangan untuk ancaman yang dikenal dan tidak dikenal.

Memilih antivirus terbaik untuk kebutuhan

Dari desktop dan laptop hingga tablet dan ponsel cerdas, karena semua perangkat kita rentan terhadap malware. 

Diberi pilihan, siapa yang tidak ingin mencegah infeksi daripada menangani akibatnya? Jadi, apa antivirus terbaik untuk Anda? Pertama, pikirkan berapa banyak Windows, Mac, dan perangkat seluler yang harus Anda lindungi. Jadi sebaiknya memilih antivirus yang menawarkan perlindungan untuk Windows, Mac, Android, iOS, dan Chromebook. Salah satu rekomendasi tersebut datang dari Malwarebytes.

Antivirus untuk Windows

Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dan dengan jumlah pengguna yang begitu besar, Windows menjadi target besar untuk berbagai jenis malware. Malwarebytes Premium melindungi PC dari malware menggunakan teknologi antivirus dan anti-malware canggih serta pertahanan lainnya. Perlindungan Windows cari software premium dapat bertahan melawan ransomware dan eksploitasi zero-day, yang merupakan jenis serangan yang belum pernah terlihat sebelumnya yang belum sempat ditambal oleh perusahaan perangkat lunak.

Selain itu, Malwarebytes telah menambahkan perlindungan terhadap serangan brute force untuk bertahan dari upaya aktor ancaman untuk mendapatkan akses ke PC Anda dengan menebak banyak kata sandi dengan harapan dapat menebaknya dengan benar. Penyerang biasanya melakukan ini dari jarak jauh. Kami juga telah menambahkan perlindungan tamper terhadap upaya untuk menghapus perlindungan Malwarebytes dari PC (perlindungan tamper juga dikenal sebagai perlindungan uninstall). 

Jika saat ini Anda tidak menggunakan Malwarebytes Premium di PC Anda, Anda dapat mengambilnya untuk uji coba gratis sebelum berlangganan. 

Antivirus untuk Mac

Komputer Mac tidak kebal terhadap malware. Pada tahun 2021, kepala perangkat lunak Apple menyatakan bahwa "kami memiliki tingkat malware di Mac yang menurut kami tidak dapat diterima.

Antivirus tidak hanya untuk PC Windows, perangkat lunak antivirus dan anti-malware juga dapat memblokir malware dari komputer Mac Anda. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang mengapa Mac memerlukan antivirus , dan ikuti uji coba gratis Malwarebytes Premium untuk Mac untuk mengujinya sebelum berlangganan juga. 

Antivirus untuk seluler

Baik Anda menggunakan Android atau iOS, perangkat seluler juga menghadapi ancaman online. Seiring berjalannya sistem operasi seluler, Android lebih terbuka dalam beberapa hal daripada iOS, sehingga perlindungan untuk masing-masing berbeda. 

Antivirus untuk Android, misalnya, sering kali menyertakan beberapa kemampuan pemindaian aplikasi, karena Google Play Store cenderung memiliki persyaratan yang jauh lebih ketat untuk aplikasi masuk ke toko daripada iOS App Store. Pada perangkat iOS, situs web scam bisa menjadi masalah yang lebih besar daripada aplikasi jahat, misalnya. Software Antivirus dari Malwarebytes juga menawarkan perlindungan untuk Android dan iOS:

Di Android , perlindungan Malwarebytes meliputi:
  • Mendeteksi ransomware sebelum dapat mengunci perangkat Anda
  • Memungkinkan pengalaman menjelajah yang lebih aman
  • Melakukan audit privasi untuk semua aplikasi
  • Menemukan dan menghapus adware dan malware
Di iPhone atau iPad, perlindungan Malwarebytes memblokir gangguan seperti:
  • Penipuan phishing, penipuan dukungan teknis, dan situs berbahaya lainnya
  • Situs penipuan dan bentuk konten mencurigakan lainnya
  • Panggilan dari penipu yang dikenal dan dicurigai
  • Iklan dan pelacak iklan yang memantau perilaku Anda secara online
  • Pesan teks palsu

Bagaimana dengan Chromebook?

Mirip dengan perangkat seluler Android, aplikasi dapat menjadi perhatian, jadi perlindungan Malwarebytes untuk Chromebook melakukan audit privasi untuk semua aplikasi. Ini juga mencakup perlindungan terhadap berbagai jenis malware. Chromebook telah menjadi populer di dunia pendidikan. Jadi jika Anda memiliki anak-anak yang menggunakannya, Anda mungkin menginginkan perlindungan di perangkat. 

Untuk lapisan perlindungan tambahan khusus untuk ancaman dari browser web, pertimbangkan Malwarebytes Browser Guard. Ini adalah ekstensi browser yang menghentikan iklan dan pelacak yang mengganggu. Selain itu, ini adalah ekstensi peramban pertama di dunia yang memblokir penipuan dukungan teknis .

Pengamat industri telah mengutip Malwarebytes untuk Windows untuk perannya dalam pendekatan perlindungan antivirus berlapis, menyediakan salah satu program antivirus terbaik tanpa menurunkan kinerja sistem. Ini menghapus semua jejak malware, memblokir ancaman terbaru, dan merupakan pemindai virus yang cepat.

Untuk antivirus dengan perlindungan privasi online juga, lihat antivirus dari Malwarebytes dengan VPN. 

Terlepas dari perangkat lunak keamanan siber yang Anda pilih, garis pertahanan pertama Anda adalah pendidikan. Tetap up to date tentang ancaman online terbaru dan perlindungan antivirus.

Sumber: Malwarebytes.com