Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Penyebab Umum Sakit Tenggorokan dan Amandel yang Perlu Diperhatikan

Sepertinya, setiap orang pernah mengalami yang namanya sakit tenggorokan, terlebih jika hanya satu sisi saja yang terasa sakit. Kadang juga dua-duanya terasa sakit.

Berikut ini dijelaskan 3 penyebab sakit tenggorokan yang paling umum dan semestinya penting untuk diperhatikan.

1. Lendir di belakang hidung dan tenggorokan

Kondisi seperti ini disebut sebagai Postnasal drip, yaitu kondisi penumpukan lendir di belakang hidung dan tenggorokan yang menetes masuk ke dalam tenggorokan.

Kondisi sakit seperti ini biasanya disebabkan oleh rhinitis alergi atau infeksi tertentu.

Apabila lendir yang menumpuk tersebut tidak bisa mengalir dengan baik, maka saluran tenggorokan menjadi tersumbat sehingga menyebabkan batuk.

Hal seperti inilah yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit sebelah. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kondisi Postnasal drip bisa diatasi dengan mengobati penyebabnya. Sementara itu, anda bisa meredakan gejalanya dengan minum dekongestan, seperti pseudoephedrine untuk mengencerkan lendir tersebut.

2. Radang amandel

Kondisi ini biasanya terjadi ketika salah satu amandel meradang dan membengkak, yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Efeknya tenggorokan menjadi terasa sakit di sisi amandel tersebut.

Sebagian besar radang amandel disebabkan oleh virus. Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 10 hari.

Si penderita bisa mengonsumsi penghilang rasa sakit untuk meredakan gejala dan rasa sakitnya, atau bisa juga dengan berkumur pakai air garam.

Adapun radang amandel yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, maka bisa ditangani dengan antibiotik yang sesuai resep dokter.

3. Abses peritonsil

Abses peritonsil adalah infeksi bakteri yang biasanya berwujud benjolan berisi nanah yang tumbuh di dekat salah satu amandel.

Infeksi dengan kondisi seperti ini paling sering ditemukan pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda.

Kondisi ini dapat menyebabkan sakit tenggorokan sebelah. Rasa sakit biasanya jauh lebih buruk pada sisi amandel yang terkena.

Anak dan orang yang mengalami kondisi seperti ini memerlukan perhatian dan penanganan medis segera.

Dokter atau tenaga medis lainnya kemungkinan akan menggunakan jarum atau sayatan kecil untuk mengalirkan nanah dan membuangnya dari daerah yang terkena.

Si pasien mungkin juga akan diresepkan antibiotik setelah abses dikeringkan. (Hellosehat)