Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Pengertian dan Sejarah Awal Virus Komputer Serta Software Antivirus Pertama

Pada postingan sebelumnya, telah dijelaskan tentang perbedaan anti-virus dan anti malware. Pada postingan kali ini akan dijelaskan tentang hal yang paling substansial dari tema ini yaitu tentang virus itu sendiri, apa sebenarnya virus tersebut dan bagaimana sejarah kemunculannya.

Apa itu virus komputer?

Virus komputer adalah jenis perangkat lunak berbahaya dengan karakteristik tertentu.

Virus komputer memerlukan program host, dan harus dimulai oleh pengguna yang tidak curiga. Memicu virus bisa sesederhana membuka lampiran email berbahaya (malspam), meluncurkan program yang terinfeksi, atau melihat iklan di situs jahat (adware). Setelah itu terjadi, virus mencoba menyebar ke sistem lain di jaringan komputer atau di daftar kontak pengguna.

Virus komputer mereplikasi diri. Proses replikasi diri ini dapat terjadi dengan memodifikasi atau sepenuhnya mengganti file lain di sistem pengguna. Either way, file yang dihasilkan harus menunjukkan perilaku yang sama seperti virus asli. Khususnya, worm komputer juga mereplikasi diri, tetapi perbedaan antara virus dan worm adalah bahwa virus bergantung pada tindakan manusia untuk aktivasi dan memerlukan sistem host untuk mereplikasi. 

Sejarah virus komputer

Virus komputer telah ada selama beberapa dekade. Secara teori, asal mula "automata yang mereproduksi diri sendiri" (yaitu virus) berawal dari sebuah artikel yang diterbitkan oleh matematikawan dan polymath John von Neumann pada akhir 1940-an.

Virus Awal

Virus awal terjadi pada platform komputer pra-pribadi pada 1970-an. Namun, sejarah virus modern dimulai dengan program yang disebut Elk Cloner, yang mulai menginfeksi sistem Apple II pada tahun 1982.

Disebarkan melalui floppy disk yang terinfeksi, virus itu sendiri tidak berbahaya, tetapi menyebar ke semua disk yang terhubung ke sistem. Penyebarannya begitu cepat sehingga sebagian besar pakar keamanan siber menganggapnya sebagai wabah virus komputer skala besar pertama dalam sejarah. Masalah awal lainnya adalah worm Morris pada tahun 1988, tetapi itu adalah worm komputer daripada virus komputer. 

Virus awal seperti Elk Cloner sebagian besar dirancang sebagai lelucon. Pencipta mereka ada di dalamnya untuk ketenaran dan hak membual. Namun, pada awal 1990-an, kenakalan remaja telah berkembang menjadi niat berbahaya. Pengguna PC mengalami serangan virus yang dirancang untuk menghancurkan data, memperlambat sumber daya sistem, dan mencatat penekanan tombol (juga dikenal sebagai keylogger). Kebutuhan akan tindakan pencegahan menyebabkan pengembangan program perangkat lunak antivirus pertama.

Program perangkat lunak (Software) Pertama

Antivirus online awal bersifat reaktif. Mereka hanya bisa mendeteksi infeksi setelah terjadi. Selain itu, program antivirus pertama mengidentifikasi virus dengan teknik yang relatif primitif dalam mencari karakteristik tanda tangannya.

Misalnya, mereka mungkin tahu ada virus dengan nama file seperti "PCdestroy", jadi jika software antivirus mengenali nama itu, itu akan menghentikan ancaman. Namun, jika penyerang mengubah nama file, antivirus komputer mungkin tidak akan efektif. Sementara software antivirus awal juga dapat mengenali sidik jari atau pola digital tertentu, seperti urutan kode dalam lalu lintas jaringan atau urutan instruksi berbahaya yang diketahui, mereka sering mengejar ketinggalan.

Mengidentifikasi virus baru

Antivirus awal yang menggunakan strategi berbasis tanda tangan dapat dengan mudah mendeteksi virus yang dikenal, tetapi tidak dapat mendeteksi serangan baru. Sebagai gantinya, virus baru harus diisolasi dan dianalisis untuk menentukan tanda tangannya, dan kemudian ditambahkan ke daftar virus yang dikenal.

Mereka yang menggunakan antivirus online harus secara teratur mengunduh file database yang terus bertambah yang terdiri dari ratusan ribu tanda tangan. Meski begitu, virus baru yang keluar sebelum pembaruan basis data membuat sebagian besar perangkat tidak terlindungi. Hasilnya adalah perlombaan terus-menerus untuk mengikuti lanskap ancaman yang berkembang saat virus baru diciptakan dan dilepaskan ke alam liar.

Sumber: malwarebytes.com