Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Macam-macam CMS yang Sering Digunakan Untuk Membangun Website Profesional

Ulasan kali ini akan membahas tentang apa saja platform CMS yang sering digunakan untuk membuat website tanpa perlu coding. Sehingga Anda akan lebih mudah memahami CMS sekaligus memilih dan menentukan platform apa yang akan digunakan.

Anda mungkin pernah bertanya-tanya, sebenarnya seperti apa bentuk CMS (content management system) yang sering dibahas dan sering digunakan untuk membangun website profesional. 

Saat ini semakin banyak platform penyedia CMS yang dapat Anda gunakan, bahkan beberapa di antaranya berani menyediakan fitur gratis untuk membuat website. Pastikan Anda memilih CMS terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. WordPress

Platform CMS WordPress
WordPress adalah CMS yang sangat populer dan paling banyak penggunanya. Ada sekitar 43,3% website di internet dibangun menggunakan platform CMS WordPress. 

CMS yang satu ini ideal bagi para freelancer maupun Anda yang sedang mulai merintis bisnis berskala kecil hingga menengah. Banyak pilihan tema atau template menarik, pilihan kustomisasi yang fleksibel, dan banyak sekali plugins tersedia yang bisa mendukung anda untuk menciptakan website terbaik.

Tampilan CMS WordPress ini terlihat sederhana dan user friendly. Maka ini menjadi kelebihan yang membuat para pemula juga bisa mempelajari WordPress secara otodidak. 

Walaupun WordPress merupakan layanan open-source dan bisa diunduh secara gratis. Anda tetap harus mengeluarkan biaya untuk membeli beberapa tema dan plugins eksklusif yang diperlukan. Namun jika dibandingkan dengan seluruh manfaat dan keuntungan yang akan Anda peroleh, biaya WordPress masih wajar, masuk kategori murah dan reasonable.

2. Joomla

Platform CMS Joomla
Joomla menjadi pilihan tepat jika Anda memerlukan CMS untuk membangun sebuah website yang kompleks dan komprehensif. Karena Joomla dilengkapi banyak fitur yang bermanfaat dan mendukung multi bahasa, bahkan lebih dari 70 bahasa. 

Hal ini tentu membuat CMS Joomla menjadi sangat ideal untuk membangun website komunitas, situs edukasi, jaringan sosial maupun sebagai CMS web builder e-commerce dengan fitur membership.

3. Drupal

Platform CMS Drupal
Drupal merupakan CMS open-source yang cukup diandalkan untuk membangun website rumah sakit, pemerintahan atau organisasi besar yang mempunyai trafik tinggi. 

CMS yang satu ini mempunyai panel administrasi yang lebih kompleks dan memberikan kontrol penuh atas manajemen konten serta berbagai fungsi lainnya. Mungkin Drupal bukanlah platform CMS yang tepat untuk para pemula, tetapi Drupal adalah CMS yang tepat digunakan bagi seorang developer yang menangani website–website besar.

4. Wix

Platform CMS Wix
Wix adalah platform CMS yang menawarkan layanan gratis dan memberikan subdomain untuk mempublikasikan website Anda. Jadi, Anda tidak diharuskan untuk membeli domain sendiri. Anda dapat menggunakan subdomain bawaan dari Wix sebagai alamat website. Hal ini tentu menjadi fitur yang sangat bermanfaat jika Anda adalah seorang pebisnis maupun freelancer yang masih pemula.

Wix mempunyai banyak template yang bervariasi, mulai dari blog pribadi, toko online, maupun halaman portfolio. Anda juga dapat melihat terlebih dulu contoh desain website atas template yang Anda minati sebelum masuk ke page builder. Jadi, proses pemilihan template menjadi lebih efisien dan hemat waktu.

Adanya fitur yang lengkap itu bisa membuat transisi galeri yang indah serta bisa menautkan akun media sosial dengan mudah. Tetapi jika Anda ingin mengakses fitur premium dan menghilangkan watermark Wix, maka Anda perlu membayar dan menautkan domain Anda sendiri.

Penutup

Berkat content management system (CMS), maka membuat website menjadi urusan mudah. Walaupun tidak mengerti dan menguasai banyak bahasa coding, Anda masih dapat membangun sebuah website profesional untuk memaksimalkan bisnis yang dijalani. Jika Anda membutuhkan hosting, Anda dapat membeli hosting murah dari banyak provider yang menyediakan layanan hosting dengan kualitas terbaik supaya website Anda semakin fast and responsif.

Demikian ulasan singkat mengenai CMS sebagai solusi untuk membuat website profesional tanpa perlu belajar banyak coding. Semoga bisa bermanfaat ya!

Sumber: exabytes.co.id