Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Cara Mengosongkan Other dan Penyimpanan Internal di Android

Apa yang lain di penyimpanan Android? Ini adalah pertanyaan paling aneh yang muncul di benak setiap pengguna ponsel cerdas.

Dalam beberapa tahun terakhir, Android telah meningkat secara signifikan sebagai OS. Google telah berupaya keras untuk meningkatkan sistem penyimpanan filenya, dan aplikasinya menjadi jauh lebih cepat. Namun, ini telah mengorbankan penyimpanan internal Anda.

File sistem operasi Anda telah bertambah besar, aplikasi telah meningkat, dan game juga menjadi lebih banyak.

Dengan semua ini, tidak heran jika smartphone Android Anda, dengan ruang penyimpanannya yang besar, akan cepat terisi. Meskipun Anda dapat langsung melihat gambar, video, direktori, catatan, program, dan game apa yang menghabiskan ruang penyimpanan, file tertentu dapat disembunyikan.

Kami akan membagikan file apa yang menghabiskan ruang di penyimpanan "Lainnya" di Android dan menunjukkan cara mengosongkan ruang dari sana.

Apa itu Other (yang Lain) di Penyimpanan Android?

Di memori internal ponsel cerdas Android, semua file data yang tidak ditentukan dikategorikan sebagai "Lainnya." 

Dan inilah yang menghabiskan ruang di drive Lain ponsel Anda.

Data Aplikasi Pribadi

Data aplikasi pribadi dilaporkan mungkin sebagai penyebab paling umum dari penyimpanan file yang meluap di kategori Lainnya. Akibatnya, ini dapat mencakup file yang diunduh, patch OTA yang gagal, file cadangan server, dan banyak lagi.

Selain itu, aplikasi streaming terkadang tidak berfungsi dan lupa menghapus data cache, yang akan memenuhi ruang penyimpanan ponsel Android.

Kegagalan Cadangan

Google memungkinkan Anda memilih untuk mencadangkan konten ponsel cerdas Anda ke cloud. Platform lain mengizinkan Anda melakukan hal yang sama dengan paket harga yang kompetitif.

Menjaga sinkronisasi aplikasi ponsel cerdas Anda ke cloud memiliki beberapa manfaat. Anda akan memiliki salinan data tersebut meskipun Anda menghapusnya, dan Anda akan dapat memperoleh semua file Anda saat penyimpanan lokal ponsel Anda tidak cukup.

Gudang kata sandi, cadangan file aplikasi, ruang disk kosong, berbagi file, dan fitur lainnya tersedia melalui penyedia cloud. Namun, peningkatan harian dan fungsionalitas baru akan menyebabkan layanan ini tidak berfungsi.

Meskipun sebagian besar masalah ini segera diselesaikan, mungkin ada pencadangan yang gagal di ponsel Anda yang tidak diterima oleh layanan pencadangan. Mungkin juga ada file yang berlebihan di telepon yang menggunakan Penyimpanan berharga, yang akan muncul di bagian 'Other' Anda.

Data Temp dan Cache

Halaman web, aplikasi, dan permainan Anda selalu terhubung ke web, mengunduh data dalam jumlah besar dalam format teks, gambar, dan video.

File pengguna, iklan, konten, dan berbagai hal lainnya dapat disertakan. Untuk menjaga memori internal bersih dari hal-hal yang tidak perlu, masing-masing data ini biasanya dikembangkan untuk dibersihkan saat Anda menghapusnya.

Namun, ada kalanya data ini disimpan; ini sangat populer untuk browser web. Jika Anda tidak menghapus konten web, penyimpanan browser Anda akan cepat penuh, menggunakan banyak ruang di ponsel Anda.

Jika Anda memeriksa Penyimpanan dengan program stok Android, masing-masing data sesaat dan yang di-cache ini akan muncul sebagai 'Other'

Bagaimana Cara Menghapus Penyimpanan Internal di Android?

Tidak perlu kehilangan harapan. Karena Anda dapat menyingkirkan file yang tidak perlu ini dari ponsel Android Anda. Dan Anda dapat mencapai cukup banyak ruang dari mereka.

1. Pembersih Stok Android

Sebagian besar ponsel Android sekarang memiliki fitur yang memungkinkan Anda menghapus memori ponsel dari dalam aplikasi Pengaturan. Ini adalah bagaimana Anda dapat membersihkan  Other di penyimpanan android
  1. Buka jendela Pengaturan telepon.
  2. Cari opsi Penyimpanan Anda dengan menggulir ke bawah. Itu biasanya di bawah Perawatan Perangkat pada ponsel Samsung. Dengan cara lain. Anda dapat menggunakan kotak pencarian di bagian atas untuk mencari istilah "penyimpanan".
  3. Di dalam tab, Anda akan menemukan opsi penyimpanan "other (Lainnya)", yang menunjukkan ruang yang dikonsumsi.
  4. Ketuk itu, dan sekarang Anda dapat melihat file yang dimilikinya. Di sebelah kanan setiap formulir file, ada tombol Bersihkan.
Antarmuka Pengguna atau tampilan untuk Penyimpanan dapat bervariasi menurut perangkat Android.

2. Periksa Ruang Penyimpanan berdasarkan Aplikasi

Pemindai penyimpanan bawaan Android dapat berguna jika konten aplikasi Anda mengacaukan ruang internal Anda. Ikuti panduan mudah ini untuk memanfaatkan fungsi ini.
  • Buka tab Pengaturan di ponsel Anda.
  • Buka Opsi Penyimpanan dengan menavigasi ke sana.
  • Jika perusahaan manufaktur perangkat mengizinkannya, urutkan aplikasi berdasarkan skala. Jika tidak, cari aplikasi dengan volume data yang besar secara manual.
  • Ketuk aplikasi dan pilih Clear Cache dari menu.
  • Jika itu tidak berhasil, lanjutkan dan Hapus Semua catatan.

Kesimpulan Akhir

Jika Anda pernah kehabisan penyimpanan ponsel saat memasang aplikasi baru, jangan berpikir Anda sendirian. Ini adalah masalah biasa di antara sekian banyak pengguna smartphone Android.

Setelah menghadapi masalah ini, pertanyaan yang paling umum adalah "apa itu other di penyimpanan Android" oleh banyak pengguna. Jadi, kami telah membagikan format file yang disimpan di dalam ini, mencari folder dan menghapusnya untuk menghemat beberapa ruang

FAQ

Mengapa Ponsel Android Saya Menggunakan Penyimpanan Internal Terlalu Banyak, Hingga 4,3 GB?

Pada kenyataannya, sistem operasi Android relatif kecil, hanya menghabiskan sekitar 500 megabyte secara total. Karena Anda menyebutkannya memakan 4,3 GB memori Anda, kami yakin berikut ini alasannya:
  1. Sebelum Anda membeli handset, pabrikan memuat beberapa aplikasi pra-instal. Namun, game-game ini pada umumnya tidak akan memakan banyak ruang. Mereka hanya dapat menggunakan beberapa ratus megabita data di perangkat Anda.
  2. Anda telah menginstal semua aplikasi android Anda di memori sistem. Dan jumlah ruang yang digunakan aplikasi ini ditentukan oleh jumlah aplikasi yang telah Anda instal dan jenis aplikasi yang Anda miliki.

Haruskah Saya Menggunakan Pengelola File Pihak Ketiga untuk Membersihkan Memori Ponsel Saya?

Jika ini adalah aplikasi yang efisien, Anda selalu dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk mengoptimalkan memori internal Anda. Ini adalah aplikasi pengelola file terbaik yang dapat Anda coba:

Semoga bermanfaat..