Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Apa itu Perangkat Lunak Antivirus, Perbedaan Antivirus dan Anti-Malware

Dalam dunia komputer, terdapat dua hal atau dua konsep keamanan siber yang sering membingungkan dan digunakan secara bergantian, yaitu antivirus dan anti-malware. Tentu, keduanya merujuk pada perangkat lunak keamanan siber, tetapi apa arti sebenarnya dari dua istilah ini? 

Apa perbedaan antara antivirus dan anti-malware, dan apakah keduanya masih relevan dalam menghadapi ancaman online saat ini? Mari menyelami dunia semantik keamanan siber dan membongkar istilah-istilah ini.

Apa itu perangkat lunak antivirus?

Antivirus adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mendeteksi, melindungi, dan menghapus malware di komputer atau perangkat seluler. Awalnya, perangkat lunak antivirus dibuat untuk melindungi dari virus komputer, tetapi sekarang lebih merupakan istilah umum untuk menggambarkan perangkat lunak yang menggunakan kombinasi teknologi canggih untuk melindungi dari berbagai ancaman, termasuk  ransomware, spyware, dan bahkan ancaman yang belum pernah terlihat sebelumnya. 

Program antivirus akan membandingkan tanda tangan file perangkat lunak dengan daftar virus yang dikenal untuk melihat apakah mereka cocok, dan kemudian memblokirnya. Saat ini, perusahaan keamanan siber menggunakan beberapa metode berbeda untuk mendeteksi, memblokir, atau menghapus malware dari perangkat.

Apa perbedaan antara antivirus dan anti-malware?

Saat ini, istilah antivirus dan anti-malware sering digunakan secara bergantian untuk merujuk pada perangkat lunak keamanan siber yang memblokir virus dan jenis malware lainnya dari komputer dan perangkat seluler. 

Istilah antivirus mengacu pada virus komputer yang merupakan ancaman online awal, dan anti-malware mengacu pada istilah "malware", yang merupakan istilah umum untuk segala jenis perangkat lunak berbahaya (termasuk virus). 

Jadi "Anti-malware" dimaksudkan untuk menjadi deskripsi yang lebih luas daripada "antivirus", tetapi antivirus telah meluas dalam penggunaan umum untuk menggambarkan jenis perangkat lunak yang sama. Antivirus dan anti-malware biasanya mendeteksi dan memblokir ancaman, dan menghapus semua ancaman yang masuk ke perangkat. Kedua istilah ini termasuk dalam istilah "keamanan siber" yang lebih luas . 

Apa pengertian keamanan siber?

Keamanan siber, atau keamanan komputer, adalah istilah umum untuk strategi apa pun untuk melindungi sistem seseorang dari serangan jahat. Untuk pengguna rumahan, strategi ini mencakup perlindungan antivirus dan anti-malware, ditambah cara lain untuk tetap aman saat online seperti perlindungan browser atau VPN untuk privasi online. 

Untuk bisnis dan organisasi, keamanan siber adalah bidang yang luas dan penting karena serangan keamanan siber terus menjadi berita utama. Bisnis sering menggunakan sejumlah strategi berbeda untuk menjaga dari ancaman, salah satunya yang mendasar dikenal sebagai perlindungan titik akhir.

Serangan cybersecurity sering bertujuan untuk melakukan hal-hal seperti menyandera komputer Anda, mencuri sumber daya sistem (seperti dalam botnet ), merekam kata sandi dan nama pengguna Anda, dan banyak hal buruk lainnya. 

Serangan semacam itu mungkin terjadi melalui perangkat keras Anda (seperti pintu belakang) atau melalui perangkat lunak Anda (seperti eksploitasi). Sasaran penyerang seringkali bersifat finansial, hingga pada akhirnya mencuri uang atau informasi yang dapat berharga bagi orang lain. 

Sumber: malwarebytes.com