Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

5P, Rahasia Sukses Ala Milyarder Muda, Mark Zuckerberg

Siapa saja di dunia ini, hampir pasti sudah kenal dengan media sosial bernama Facebook. Mayoritas orang di dunia lebih memilih facebook untuk bermedia sosial. Pada awal kemunculannya, Facebook mampu menyedot perhatian dunia kala itu. Tapi sudahkah Anda mengenal dengan baik siapa pendiri Facebook? 

Ya, Mark Zuckerberg adalah sosok dibalik kesuksesan Facebook itu sendiri. Dibalik kepopuleran Facebook, ada campur tangan sang empu yang selalu berusaha sekuat tenaga untuk memajukan Facebook.

Mark Zuckerberg sendiri termasuk orang terkaya di dunia. Bahkan diusianya yang belum genap 30 tahun, Ia sudah mampu menghasilkan uang $10,5 milyar. Pendapatannya terus bertambah hingga sekarang. Dan itu pula tak lepas dari kegigihan dan semangat yang ia miliki.

Meski ia dijuluki sang konglomerat dan milyarder muda, namun ia tak pernah lepas dari sebuah kesederhaan. Bahkan ketika Mark bekerja dan menghadiri sebuah acara, bisa dihafal bahwa Mark lebih sering memakai kaos berwarna abu-abu. Ia juga lebih memilih untuk menggunakan mobil yang biasa saja. Tidak seberapa jika dibandingkan dengan penghasilan yang luar biasa tersebut.

Bahkan McGraw-Hill membuat buku yang berjudul Think Like Zuck: The Five Business Secrets of Facebook’s Improbably Brilliant CEO Mark Zuckerberg.

Dalam buku tersebut menceritakan kegigihan Mark yang pada saat itu masih berusia 19 tahun dan menyandang gelar mahasiswa Universitas Harvard. Dalam buku tersebut lebih membahas perjalanan Mark Zuckerberg bagaimana ia membangun perusahaan yang telah merevolusi internet dan berhasil mengembangkannya dalam waktu yang terbilang singkat.

Bahkan businessnewsdaily merangkum 5 rahasia sukses ala Mark Zuckerberg dari buku Think Like Zuck tersebut, yang disingkat menjadi 5P dan berisi:

1. Passion (Kemampuan) – Energi dan komitmen harus selalu terjaga dan terisi dengan penuh dengan Anda melakukan sesuatu yang Anda yakini.
2. Purpose (Tujuan) – Jangan hanya membuat produk yang hebat, tapi buatlah sebuah dorongan yang berarti pada bisnis Anda.
3. People (Orang) – Bangun sebuah tim yang hebat yang dapat mengeksekusi visi misi Anda.
4. Product (Produk) – Buat sebuah produk inovatif yang dapat memecahkan segalanya dan merubah segalanya.
5. Partnership (Kemitraan) – Bangun kemitraan yang kuat dengan orang-orang yang akan meningkatkan imajinasi dan energi.

Kegigihan dan kesederhaan itulah yang patut dicontoh oleh para pebisnis muda yang ingin sukses seperti Mark Zuckerberg. Semoga tips 5P diatas dapat memberi semangat untuk sobat Internet Marketer dalam membangun bisnis.
[sumber: businessnewsdaily]