Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Wajib Disimak, Cara Mengatasi USB Not Recognized yang Paling Mudah

USB saat ini memang banyak digunakan orang untuk berbagai urusan. Biasanya USB digunakan untuk memindahkan sebuah file dari satu perangkat ke perangkat lain, hingga untuk menyambungkan sebuah perangkat tambahan pada komputer atau laptop. Walaupun begitu, dalam penggunaannya, tak jarang Anda mengalami sedikit kendala, salah satunya adalah kendala pada saat penyambungan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara mengatasi USB not recognized yang paling mudah.

Mengatasi masalah USB not recognized saat disambungkan ke komputer sangatlah mudah. Bahkan, Anda dapat menyelesaikan masalahnya hanya dengan beberapa langkah saja. Anda penasaran bagaimana cara penanganannya? 

Pastikan Anda mengikuti cara-cara yang akan diberikan berikut ini dengan benar ya! 

1. Restart Komputer

Cara lainnya yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah sambungan USB adalah me-restart komputer. Segera lakukan restart perangkat dengan cara yang benar kemudian tunggu hingga komputer hidup kembali. Setelah komputer dalam kondisi hidup, ulangi penyambungan USB dan lihat apakah proses penyambungan sudah bisa dilakukan dengan benar atau belum. 

2. Cabut dan Pasang Kembali USB

Cara mudah kedua yang dapat dilakukan adalah mencabut USB, kemudian memasang kembali USB. Dengan menggunakan cara ini, Anda berarti melakukan refresh pada komputer agar terasa lebih ringan sehingga performanya mampu meningkat. Bisa dikatakan bahwa cara ini merupakan cara umum dan termudah yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Jika proses penyambungan masih mengalami masalah, maka Anda bisa mencoba untuk mencabut USB tersebut dan memindahkannya ke port USB lain.

3. Memperbarui Device Driver

Memperbarui device driver juga menjadi cara mudah dan cukup banyak digunakan oleh orang lain. Untuk memperbarui device driver, Anda perlu mengikuti panduan berikut ini. 
Klik Start kemudian ketikkan “devmgmt.msc” pada kolom pencarian
Pilih dan klik menu Device Manager, lalu dilanjutkan dengan klik Universal Bus
Cari menu Unknown Device pada Dialogue Box yang muncul
Selanjutnya pilih menu Update Driver dan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Itulah tiga cara mengatasi USB not recognized yang paling mudah dan dapat Anda praktikkan. USB merupakan suatu hal yang penting dan banyak digunakan oleh orang. Oleh karenanya, segera perbaiki permasalahan yang ada pada USB Anda, agar berbagai urusan pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.