Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Resiko Mengirim Video dan Foto Rahasia Lewat WhatsApp


Cara mengirim pesan rahasia di WhatsApp sebenarnya sangat mudah. Fitur pesan rahasia ini jadi cara bagi WhatsApp untuk menjaga privasi dari pengguna mereka.

Ada kalanya kita ingin mengirimkan pesan, baik foto maupun video ke seseorang secara privat. Artinya, Anda tidak ingin pesan tersebut nantinya dibagikan ke orang lain. Karena memang sifatnya benar-benar rahasia. Rahasia itu ingin dibagikan ke orang tertentu, dan Anda tidak ingin orang itu menyebarkannya ke orang lain.

Caranya, melalui fitur WhatsApp yang disebut “view once”. Fitur ini tersedia gratis. Pastikan bahwa Anda telah melakukan update aplikasi WhatsApp Anda ke versi yang terbaru.

Cara kerja fitur view once ini sederhana. Anda mengirimkan pesan ke seseorang, tapi pesan itu otomatis langsung hilang setelah dilihat. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui soal fitur view once:

Ini Risiko Jika Anda Mengirim Foto dan Video Rahasia lewat WhatsApp

1. Media (foto, teks, video) tidak akan tersimpan di Photos atau Gallery ponsel penerima pesan.

2. Setelah Anda mengirim foto atau video, tidak bisa dilihat lagi.

3. Konten foto dan video di fitur view once tidak bisa di-forward, tidak bisa disimpan, hingga dibagikan.

4. Anda bisa mengetahui apakah penerima sudah membuka foto/video.

5. Jika penerima tidak membuka foto dan video selama 14 hari setelah dikirim, konten tersebut otomatis akan hilang dari chat.

6. Anda harus memilih menu “view once” setiap ingin mengirim foto atau video pribadi/rahasia yang langsung hilang.

7. Media yang dikirim bisa dipulihkan dari backup WhatsApp jika memang belum dibuka. Tapi, jika sudah dibuka tidak akan tersimpan.

Nah, berikut risiko lainnya yang harus diperhatikan bagi mereka yang berencana mengirim file foto dan video pribadi ke orang tertentu :

1. Pengguna bisa melakukan tangkapan layar/screenshot atau screen recording dari media sebelum menghilang. Pengirim tidak bisa mengetahui hal ini.

2. Media yang telah di enkripsi akan disimpan di server WhatsApp hingga beberapa pekan.

3. Jika penerima memutuskan untuk melaporkan media yang dikirimkan lewat “view once”, maka WhatsApp bisa memberikan media tersebut.

Sumber: tekno.sindonews.com