Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Manfaat Menggunakan Google Adsense Untuk Website Anda


Google AdSense adalah sebuah program periklanan yang disediakan oleh Google. Dalam program ini, para user diperbolehkan untuk menjadi partnernya. Selanjutnya, seluruh penggunanya bisa mengikuti layanan yang disediakan Google adsense dengan salah satu syaratnya yaitu harus memiliki sebuah website.

Para pengguna atau pemilik website ini selanjutnya akan memperoleh bayaran dari Google saat iklannya diklik oleh para pengunjung.

Selanjutnya, apa saja manfaat dari program google adsense ini? Berikut kami akan jelaskan. 

Memperoleh Penghasilan Tambahan

Manfaat pertama saat Anda menggunakan google adsense adalah dari segi bayarannya. Iklan adsense yang tampil di situs Anda, akan membuatnya lebih menghasilkan uang. Jika semakin kompetitif kata kunci yang menjadi targetnya, maka bayaran untuk klik iklan juga semakin besar.

Pihak Google akan melakukan pembayaran di setiap bulannya. Untuk pencairannya dilakukan apabila syarat telah dipenuhi. Contohnya, yaitu penghasilan sebanyak $100 atau sekitar Rp 1,4 juta.

Traffic Situs Akan Lebih Cepat Naik

Manfaat menggunakan google adsense berikutnya, jika iklan memakai perhitungan pay per click untuk menghitung bayar iklan, maka biaya beriklan akan otomatis dikonversi ke pengunjung tergantung dari harga iklannya. Contohnya, jika Anda beriklan Rp50.000 per hari dan kemudian tarif sekali klik adalah Rp1.000. Maka, Anda harus mendapatkan paling tidak 50 klik pengunjung yang dihitung dari Rp50.000 dibagi dengan Rp10.000.

Iklan Akan Sesuai Dengan Konten Situs

Konten merupakan hal yang penting untuk menarik perhatian pengunjung, sehingga perlu ditata secara rapi. Saat Anda menggunakan Google adsense atau layanan sejenisnya, tentu saja akan mengurangi ruang pada halaman situs. Jika tidak tepat penataan tampilannya, maka hal ini akan membuat pengunjung situs tidak nyaman dan langsung pergi.

Manfaat menggunakan google adsense, yaitu iklan yang muncul akan sesuai dengan isi konten di situs Anda ini. Jadi, iklannya tidak akan terlalu mengganggu. Bayangkan, apabila konten iklan dan juga kontennnya terlalu berbeda jauh dengan website. Tentu saja Ini tidak akan membuat nyaman. 

Memberikan Penghasilan Pasif

Saat situs Anda terdaftar di Google adsense dan telah memiliki pengunjung yang sangat banyak, maka peluang mereka untuk mengklik iklan juga semakin besar. Maka, selanjutnya penghasilan pasif akan mengalir untuk Anda. Selama masih banyak orang setiap harinya berkunjung ke situs Anda dan klik iklan, meskipun Anda sedang tertidur, maka uang tetap masuk ke saldo rekening adsense untuk bisa dicairkan. 

Memberikan Analisa Yang Lengkap

Google adsense akan memberikan statistik dan analisa lengkap mengenai seberapa banyak jumlah pengunjung setiap waktunya, serta perkembangan penghasilan Anda. Ini semua, Dapat Anda temukan pada dashboard. Anda dapat melihat berapa jumlah klik serta penghasilan dari setiap klik. Selain itu, total penghasilan serta popularitas situs juga akan tampil. 

Cocok Untuk Anda Yang Punya Hobi Menulis

Google adsense menjadi sebuah sarana yang cocok untuk Anda yang suka menulis sambil menghasilkan uang. Misalnya, Anda punya minat dan hobi membuat artikel tentang teknologi. Maka, tidak ada salahnya jika membuat sebuah situs yang berisi seputar niche tersebut. Nantinya, saat pengunjung sudah banyak, maka Anda bisa mulai mendaftarkan situs ke AdSense. Jadi, hobi yang Anda jalani akan bisa menghasilkan uang juga.

Kesimpulannya, ada banyak manfaat menggunakan google adsense. Dengan sejumlah ulasan yang telah kami sebutkan, mungkin Anda mulai tertarik untuk berpartisipasi. Namun, sebelumnya memang harus membangun sebuah situs yang kuat dan banyak pengunjung dahulu.