Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Makanan Ini Berbahaya dan Harus Dihindari oleh Penderita Maag

Ilustrasi cokelat. Foto: Pixabay jpnn.com, 
Maag kini banyak menyerang siapa saja. Penyakit maag timbul karena berbagai alasan. Misalnya, dari kesibukan yang padat, pekerjaan yang membuat Anda lupa makan, dan pola gaya hidup yang tidak sehat. Penderita maag akan mengalami sakit pada lambung mereka jika penyakit ini kambuh.

Maag memang biasanya diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke tenggorokan. Untuk itu, penderita maag juga harus menghindari beberapa makanan ini karena bisa berbahaya bagi mereka. Apa saja itu? Berikut ini penjelasan ringkasnya,

1. Mengandung mint 

Makanan yang mengandung peppermint memang menyegarkan mulut karena terasa dingin di lidah.
Selain itu, ada juga yang beranggapan makanan ini bisa menenangkan perut ketika sedang bermasalah. Sayangnya, anggapan dan opini masyarakat ini belum sepenuhnya benar. 

2. Makanan pedas 

Cabai yang membuat makanan pedas mengandung capsaicin, yaitu komponen kimia yang diketahui bisa merangsang munculnya masalah pencernaan. Itulah sebabnya, makanan pedas menjadi pantangan bagi orang yang sakit maag. 

3. Makan makanan asam 

Makanan asam akan menjadi pantangan bagi orang yang sakit maag atau memiliki penyakit pada saluran pencernaan. Asam makanan bisa menciptakan keadaan di dalam perut semakin asam. 

4. Cokelat

Cokelat termasuk dalam kelompok makanan tinggi lemak yang menyebabkan otot di sekitar kerongkongan mengendur, sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan. Makanan penyebab munculnya gejala maag ini juga mengandung methylxanthine, yang merupakan zat alami yang melemaskan otot jantung dan otot di kerongkongan. 

5. Makanan tinggi lemak 

Konsumsi daging berlemak atau makanan yang digoreng, juga bisa memicu gejala maag. Alasannya, makanan berlemak lebih lama dicerna sehingga memungkinkan asam diproduksi lebih banyak. Asam lambung yang berlebihan ini nantinya akan mengiritasi lambung dan menimbulkan gejala maag. 

6. Bawang (bawang putih dan bawang bombai)

Tak bisa dimungkiri, bawang putih dan bawang bombay membuat makanan jadi lebih sedap. Namun bagi orang yang sering kambuh gejala maag, bumbu dapur ini harus dibatasi. Kedua bawang ini mengandung gas yang bisa menyebabkan perut kembung penuh gas.

Posting Komentar untuk "Makanan Ini Berbahaya dan Harus Dihindari oleh Penderita Maag"