Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

4 Alasan Utama, Mengapa Harga iPhone Lebih Mahal?

Harga iPhone memang cenderung lebih mahal dibandingkan beberapa tipe smartphone android. Oleh sebab itu, banyak yang menganggap iPhone adalah barang mewah yang belum tentu bisa dimiliki oleh semua kalangan masyarakat. Meski begitu, iPhone tetap disukai banyak orang. Harganya yang mahal tidak membuat smartphone besutan Apple ini ditinggalkan penggunanya. 

Lantas, mengapa harga iPhone mahal? 

Sebagaimana pernyataan yang dikemukakan oleh pendiri Apple, Steve Jobs pernah mengatakan, Apple tidak hanya sekadar menciptakan produk, namun perusahaan teknologi ini ingin menjadi merek yang terkenal di dunia. Oleh sebab itu, Apple selalu berusaha menciptakan produk terbaik untuk penggunanya, salah satunya adalah iPhone. 

Sebagaimana pernah dilansir dari Goriber Tech, setidaknya terdapat 4 alasan yang membuat harga iPhone mahal. 

1. Kualitas software dan hardware iPhone

Alasan pertama yang membuat harga iPhone mahal adalah kualitas software dan hardware yang digunakan sangat baik. Menurut situs Goriber Tech, Apple menggunakan bahan berkualitas untuk perangkat yang dibuatnya, sehingga software dan hardware yang digunakan dapat bersinergi dengan baik. Hal itulah yang membedakan kualitas iPhone dengan ponsel Android. Selama tidak mengalami kerusakan fisik, pengguna iPhone diklaim masih bisa merasakan pengalaman yang sama dengan pertama kali membeli iPhone. 

2. Keamanan iPhone 

Keamanan adalah salah satu alasan utama yang membuat produk-produk Apple termasuk iPhone dibanderol dengan harga mahal. Hampir semua produk Apple memiliki sistem keamanan yang ketat, sehingga sangat dipercaya oleh setiap penggunanya. 

Oleh karena itu, banyak selebriti dan tokoh ternama memilih menggunakan iPhone ketimbang smartphone Android. 

3. Inovasi iPhone 

Sejak awal kemunculannya, produk-produk Apple selalu hadir dengan inovasi terbaru dan tidak mengikuti tren pesaingnya. Apple justru menjadi "trendsetter" yang inovasinya seringkali ditiru oleh merek lainnya. Seperti desain Notch alias poni yang ada di bagian atas layar smartphone. Saat pertama kali memperkenalkan Notch pada iPhone X, desain tersebut sempat dicemooh oleh banyak pihak. Setelah beberapa bulan, banyak kompetitor yang mulai mengadopsi desain poni pada ponsel buatannya. Sampai saat ini, Apple masih mempertahankan desain tersebut di iPhone 13. 

4. iPhone memiliki nilai prestisius 

Produk-produk buatan Apple dianggap lebih bernilai dan prestisius. Meski harganya mahal, namun penggemarnya tetap memilih produk buatan Apple. Begitu pula dengan iPhone, meski harganya relatif mahal, namun banyak orang tetap ingin memilikinya agar dapat meningkatkan posisinya di tengah masyarakat. 
Sumber: KOMPAS.com