Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Google Akan Aktifkan 2FA Otomatis Untuk 150 Juta Pengguna

Google Akan Aktifkan 2FA Otomatis Untuk 150 Juta Pengguna (Foto: Arnd WIegmann/Reuters)

Otentikasi dua faktor atau Two Factor Authentication (2FA) salah satu sistem keamanan yang dinilai cara terbaik melindung akun pengguna di internet.

2TFA sendiri adalah sistem keamanan yang membutuhkan dua jenis otentikasi yang dilakukan penggunanya. Jika biasanya pengguna cukup log in dengan memasukkan email dan password, maka dengan 2FA ada kode verifikasi lagi yang biasanya dikirim melalui nomor ponsel untuk dapat masuk ke akun tersebut.

Untuk itu Google akan mewajibkan banyak pengguna untuk menggunakan sistem 2FA. Google sendiri telah mengumumkan rencana ini beberapa bulan yang lalu.

Google mengumumkan pada akhir tahun 2021 mereka akan mendaftarkan sebanyak 150 juta pengguna Google untuk diaktifkan sistem 2FA secara default sehingga mereka mau tidak mau harus menggunakannya.

Pihak Google menyatakan bahwa cara terbaik untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya adalah dengan mengaktifkan perlindungan keamanan secara default. Google telah mulai mengonfigurasi akun para penggunanya secara otomatis ke status yang lebih aman. Dikutip dari Ubergizmo, Senin (11/10/2021).

Pada akhir tahun 2021, kabarnya Google membutuhkan 2 juta pembuat konten YouTube untuk mengaktifkannya. Google juga berencana mengaktifkan tambahan di 2SV secara otomatis untuk 150 juta para penggunanya  

Google mengakui bahwa meskipun sistem 2FA adalah bentuk perlindungan yang baik, mereka juga mencatat bahwa itu bukan yang paling nyaman atau paling cocok.

Dengan demikian, mereka sedang mencari cara untuk memberikan solusi login alternatif di masa depan yang mengurangi ketergantungan pada password.

Sumber: inet.detik.com