Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Cara Praktis Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP

Weebly.com
Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP bisa menjadi cara yang tepat untuk memulai pengujian pada website yang ingin Anda buat. Dengan menggunakan XAMPP atau localhost ini, maka Anda bisa melakukan kustomisasi dan pengujian terhadap tampilan website sebelum peluncurannya. Maka dari itu, XAMPP menjadi salah satu tools penting bagi para web developer.

Panduan Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP

Bagi Anda yang masih bingung dengan cara mengaktifkan fitur server FTP di localhost, berikut adalah beberapa panduan singkat yang bisa Anda gunakan.

1. Lakukan Instalasi XAMPP Pada Perangkat Anda

Sebelum bisa menggunakan fitur XAMPP, terlebih dahulu Anda perlu melakukan instalasi software tersebut di perangkat PC Anda. Cara melakukan instalasinya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dari situs resminya dan kemudian menginstal seperti proses instalasi pada umumnya.

2. Jalankan Program XAMPP

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menjalankan program XAMPP tersebut. Caranya juga sangat mudah. Anda cuma perlu melakukan double click pada aplikasi tersebut. Setelah terbuka maka secara otomatis, XAMPP akan menampilkan sejumlah fitur dan menu yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

3. Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP Dengan Menjalankan Service Pada Aplikasi

Setelah XAMPP tersebut berhasil diaktifkan, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah menjalankan service yang ada pada bagian FileZilla, MySQL, dan juga Apache. Setelah klik pada bagian fitur mana saja yang akan diaktifkan, silakan Anda bisa klik Running untuk menjalankan fitur tersebut.

Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan edit user. Anda bisa saja mengedit user yang sudah ada ataupun menambahkan FTP baru dengan cara klik Add User. Jika sudah, maka masukkan data user pada kolom yang disediakan dan kemudian silahkan klik OK. 

Itulah Cara Singkat Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP secara mudah yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya ulasan di atas, Anda bisa mulai menjalankan fitur XAMPP dan juga file FTP untuk melakukan transfer file website.