Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Cara Kerja Proxy Server dan 4 Jenis Proxy Server

Setiap perangkat komputer yang terhubung dengan internet memiliki IP Address unik sehingga membedakannya dengan komputer lain dalam satu jaringan. IP Address dapat diumpamakan sebagai alamat jalan bagi komputer kalian. Karena IP Address ibarat kantor pos yang dapat mengetahui jalur tertentu agar surat-surat bisa tersampaikan dari pengirim ke tujuan.

Cara Kerja Proxy Server

Proxy Server pada dasarnya merupakan komputer yang berada di internet dan memiliki IP Address tersendiri yang diketahui oleh komputer user. Ketika kalian mengirimkan request atau permintaan akses terhadap situs website tertentu, maka permintaan kalian akan masuk ke Proxy Server terlebih dahulu.

Proxy Server kemudian membuat permintaan untuk mengakses website tersebut atas nama kalian. Berikutnya, Proxy Server akan meneruskan data halaman website kepada kalian sehingga bisa diakses melalui browser.

Ketika Proxy Server meneruskan permintaan akses terhadap sebuah website ke server tujuan, maka Proxy Server dapat mengubah IP Address kalian. Hal ini bermanfaat agar server tujuan tidak dapat membaca atau mengetahui IP Address asli kalian demi menjamin keamanaan.

Selain dapat menyamarkan IP Address, Proxy Server juga bisa mengenkripsi data asli user serta memblokir atau membatasi akses terhadap situs website tertentu yang ada di internet berdasarkan filter IP Address.

Jenis-Jenis Proxy Server

Tidak semua Proxy Server memiliki sistem kerja yang sama. Penting untuk memahami dengan tepat jenis Proxy Server agar dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. 

Ilustrasi Proxy Server (sumber: iStock Photo)
Berikut akan dijabarkan mengenai apa saja jenis-jenis dari Proxy Server.

Transparent Proxy

Transparent Proxy sering digunakan dalam pemfilteran konten atau situs website. Selain itu, sistem kerja dari jenis proxy ini adalah memberi tahu server tujuan bahwa yang sedang mengakses server tujuan tersebut adalah Proxy Server. Transparent Proxy tetap menampilkan IP Address asli dari user.

Lembaga yang sering menggunakan jenis proxy ini yaitu perpustakaan umum, sekolah, dan perusahaan bisnis.

Anonymous Proxy

Hampir mirip dengan sistem kerja Transparent Proxy, Anonymous Proxy tetap akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy. Namun jenis proxy ini tidak akan meneruskan atau membagikan IP Address user kepada server tujuan.

Proxy jenis ini memiliki kelebihan yaitu mencegah situs website melakukan pencurian data identitas pribadi dari user.

Distorting Proxy

Distorting Proxy memberikan IP Address palsu kepada server tujuan yang diakses, sehingga IP Address asli user tidak akan diketahui. Kelebihan dari Distorting Proxy yaitu dengan melakukan pemalsuan IP Address, maka user akan diketahui sedang berada di lokasi berbeda dari yang sesungguhnya. Hal ini dapat mengatasi pembatasan konten berdasarkan wilayah tempat tinggal.

High Anonymity Proxy

High Anonymity Proxy secara berkala akan mengubah IP Address user untuk diberikan kepada server dari situs website tujuan. Sehingga akan sangat sulit untuk melacak identitas user yang sedang mengakses sebuah situs website. Proxy jenis ini adalah yang paling pribadi dan aman untuk digunakan di internet.

Sudah pahamkah kalian tentang Proxy Server?

Demikianlah ulasan tentang cara kerja dan jenis-jenis proxy server. jika kita sudah mempelajarinya dan juga telah memahaminya, maka wawasan kita akan semakin terbuka mengenai bagian dari dunia internet yang sangat luas ini. Melalui artikel ini, kalian telah memahami pula salah satu kelebihan Proxy Server yaitu dapat meningkatkan kecepatan internet.

Selain itu, dijelaskan juga tentang fungsi Proxy Server mulai dari mengamankan akses jaringan internet, menghemat bandwidth, mengontrol penggunaan internet bagi users tertentu dengan cara memblokir situs website yang tidak boleh dikunjungi oleh users, dan yang terakhir adalah menjaga privasi users dengan cara menyamarkan IP Address.

Tidak ketinggalan pada artikel ini pula disuguhkan pemaparan terkait cara kerja Proxy Server. Pun juga pada bagian terakhir artikel mengulik mengenai jenis-jenis Proxy Server, diantaranya Transparent Proxy, Anonymous Proxy, Distorting Proxy, dan High Anonymity Proxy.

Nah, sampai disini penjelasan dan summary singkat tentang Proxy Server. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mendalami ilmu tentang dunia internet. Jangan lupa subscribe Blog kami agar kalian tak ketinggalan informasi lengkap yang disajikan dalam artikel-artikel kami, ya! 

Sedikit tambahan informasi, mengetahui betapa pentingnya keamanan data dalam menggunakan internet, bagi kalian yang memiliki website dapat meningkatkan performa keamanan website dengan membeli SSL di penyedia hosting terpercaya anda, ya!

Sumber: exabytes.co.id

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Proxy Server dan 4 Jenis Proxy Server"