Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Cara Jitu Mengatasi Website Down

Saat ada masalah pada website seperti tiba-tiba down, jangan panik. Ada beberapa tips dan hal penting yang bisa kamu lakukan agar masalah cepat teratasi.

Periksa Koneksi Internet

Tanpa koneksi internet, kita tidak bisa mengakses website, bukan? Jangan terburu-buru membuat kesimpulan. Tidak adanya akses ke website bisa jadi karena koneksi internet yang tidak stabil atau sedang mengalami masalah. Pastikan dulu untuk selalu memeriksa jaringan dan koneksi internet.

Atau kamu juga bisa mencoba mengakses website lain sebagai perbandingan. Jika semua website tidak bisa diakses, besar kemungkinan ada masalah pada koneksi internet yang kamu gunakan. Tetapi jika website lain bisa diakses, sedangkan website kamu tidak bisa diakses maka yang bermasalah adalah website kamu.

Cek Website

Saat kamu tidak bisa mengakses website kamu atau website perusahaan, apakah memang website tersebut sedang down? Coba lakukan pengecekan. Untuk memastikan apakah masalahnya adalah website down, kamu bisa menggunakan tools atau website yang sudah dijelaskan di atas.

Hapus Cache Browser

Cache pada browser adalah data website yang sementara disimpan di penyimpanan browser. Cache tersebut bisa menjadi penyebab website tidak bisa kamu akses. Sekarang kamu bisa menghapus cache browser agar website bisa kembali diakses.
  • Pertama, silahkan buka menu di pojok kanan atas Chrome.
  • Kemudian, pilih history dan lihat semua history.
  • Pilih clear browsing data dan pilih Cached images and files dengan cara mencentang di kotak yang ada.
  • Selanjutnya, pilih atau klik Clear data

Hapus Cache DNS

Selain browser, sistem operasi juga menyimpan cache koneksi yang berupa cache DNS. Kendala pada cache tersebut juga bisa menjadi penyebab website tidak bisa diakses. Kamu harus menghapus cache DNS tersebut atau terlebih dahulu melakukan flush DNS dengan cara:
  • Pertama, cari CMD atau langsung mengetik CMD atau Command Prompt di kolom pencarian yang berada di taskbar.
  • Setelah CMD atau Command Prompt terbuka, coba ketikkan ipconfig /flushdns.
  • Jika berhasil, kamu bisa mencoba mengakses website kembali.

Hubungi Penyedia Layanan Hosting

Jika sudah melakukan pengecekan dan yakin tidak ada masalah, hubungi penyedia layanan hosting website kamu. Kualitas hosting yang tidak optimal atau adanya server maintenance menjadi penyebab website down.

Saat memilih hosting untuk website bisnis kamu, pastikan hanya memilih yang berkualitas untuk meminimalisir kemungkinan website down atau masalah lain yang tidak harapkan. Seharusnya, penyedia hosting memberikan jaminan uptime hingga 100 persen.

Kesimpulan

Website memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis. Akan tetapi, website down bisa jadi bumerang yang bisa menghancurkan bisnismu, terlebih jika sering terjadi masalah di dalamnya. Saat pengguna internet tidak bisa mengakses website, bagaimana bisa mereka menjadi calon pembeli?

Oleh karena itu, pastikan website selalu bisa bekerja secara optimal dengan kemungkinan down yang minim. Selain memilih layanan hosting yang tepat, juga gunakan SSL agar website terlindung dari serangan hacker.

(Sumber: exabytes)