Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Bagaimana Cara Kerja Google Adsense? Simak Penjelasannya

Google adsense adalah cara yang gratis dan mudah untuk mendapatkan uang dengan cara menampilkan iklan yang ada pada situs anda. Dengan Google adsense ini anda dapat menampilkan iklan yang yang menarik perhatian serta relevan bagi para pengunjung situs. Bahkan, Anda dapat menyesuaikan tampilan dan nuansa iklan agar sesuai kebutuhan situs yang dimiliki. 

Program Google adsense ini akan menyediakan iklan yang kemudian ditayangkan oleh Google Ads di situs anda. Kemudian, Google akan membayar Anda untuk iklan yang ditampilkan di situs tersebut berdasarkan dari banyaknya jumlah klik pada iklan itu. Tergantung juga dari jenis iklannya.

Adsense juga akan memberikan sumber yang otomatis dan cepat ke banyak sumber permintaan iklan. Artinya, persaingan untuk memperoleh ruang iklan yang lebih relevan akan lebih baik. Iklan yang muncul akan disesuaikan dengan konten di situs anda. 

Lalu bagaimana cara kerja Google adsense? Berikut ini penjelasannya.

Anda Harus Menyediakan Ruang Iklan

Cara kerja Google AdSense yang pertama harus dimiliki yaitu Anda harus memiliki sebuah situs terlebih dahulu. Anda bisa membuatnya dari situs gratisan semacam blogspot atau wordpress. Di sana, anda harus memiliki jumlah pengunjung yang memadai dan isi konten situs yang berbobot. Anda nantinya akan menyediakan ruang iklan dengan menempelkan kode iklan di situs tersebut. Berikutnya, juga bisa memilih di mana tempat untuk menampilkan iklannya.

Situs Akan Di-review Dahulu

Setelah anda mempunyai situs yang berisi konten berkualitas dan pengunjung banyak, maka bisa mulai didaftarkan ke AdSense. Setelah mendaftarkan, situs akan di-review terlebih dahulu. Proses review ini memang berlangsung cukup lama bisa mencapai 14 hari kerja atau lebih. Jadi, harus bersabar dalam proses ini.

Menempelkan Kode AdSense

Setelah situs Anda diterima oleh program Google adsense, cara kerja Google AdSense berikutnya adalah Anda tinggal menempelkan kode HTML dari Google adsense ke ruang di situs yang didaftarkan. Ada banyak cara menampilkan kode adsense ini. Ada yang berupa teks, berupa gambar, atau pop-up. Anda harus memastikan iklan yang muncul memang relevan dan sesuai yang diinginkan. 

Iklan yang membayar mahal akan tampil di situs

Selanjutnya, para pengiklan yang akan melakukan bid pada lelang real time, iklannya nanti akan tampil di situs anda. Para pengiklan dengan bayaran tertinggi, diharapkan akan muncul di situs. Semakin berkualitas konten situs Anda maka kemungkinan untuk memperoleh iklan dengan bayaran tinggi semakin besar.

Memperoleh Bayaran

Selanjutnya, cara kerja Google AdSense, dari pihak adsense akan menangani proses penagihan kepada semua pengiklan dan jaringannya atas tampilan iklan di situs anda. Ini dilakukan agar memastikan Anda memperoleh pembayaran. Saat jumlah saldo mencukupi, maka bisa anda tarik dananya.

Besarnya Sekali Klik Tergantung Kata Kunci

Berapa besarnya bayaran sekali klik tergantung dari kata kunci yang Anda pakai di artikel blog. Semakin besar harga sebuah kata kuncinya, maka akan semakin banyak bayaran yang anda dapatkan. Biasanya, artikel seputar asuransi atau keuangan akan memiliki bayaran sekali klik yang mahal. Namun tidak selalu demikian, banyak juga kata kunci lain yang memiliki harga mahal. 

Demikianlah pembahasan mengenai cara kerja Google AdSense. Dengan memahami Bagaimana secara singkat cara kerja ini, harapannya semakin membuat Anda yakin dan mendapat kemudahan dalam mendaftar Google Adsense. Hal yang terpenting adalah Anda harus membuat konten berkualitas dahulu dan disukai oleh para pembacanya. 

Selamat mencoba dan semoga keberuntungan selalu menyertai Anda..