Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Beberapa Fitur Baru dan Canggih dari Android 12


Android 12 kabarnya telah diluncurkan pada bulan September tahun 2021. Namun sebagian ada yang mengklaim bahwa android 12 telah diluncurkan secara resmi pada tanggal 4 Oktober 2021. Peluncurannya setelah Beta terakhir atau versi android 12 Beta 5 untuk versi OS.

Berikut ini beberapa gambaran fitur baru yang akan tertanam pada android 12:

1. Tampilan UI Terbaru

Tampilan sistem terbaru dari android 12.00 ini mampu menampilkan material baru dan lebih menarik, baik dari tampilannya yang lebih terpadu, temanya yang ringan maupun dari sisi warna aksen pada wallpaper. Para pengguna bisa mengubah sendiri pilihan tema dan bayangan notifikasi dan pengaturannya. Sembilan seperti ini disebut oleh Google "lebih intuitif dan menyenangkan". Hal ini menjadi perubahan tampilan besar yang dikembangkan oleh perusahaan.

2. Peningkatan Pengaturan Cepat dengan satu ketukan

Para pengguna dapat melakukan banyak hal dari menu baru android 12. Pada pengguna juga bisa melakukan kontrol rumah untuk perangkat yang beruntung dan juga bisa mengakses Google Pay. Jadi para pengguna diklaim bisa mengakses dan mengatur hampir seluruh sistem operasi android 12 hanya dengan satu ketukan.

3. Cara baru peluncuran Google Assistant

Ada metode lain yang ditambahkan oleh google untuk mengaktifkan asisten digitalnya. Tidak sekedar mengucapkan, "Hai, Google". Untuk meluncurkan google assistant bisa dilakukan dengan menekan lama tombol beranda

4. Performa lebih optimal dan efisiensi daya

Menurut Google, waktu CPU yang dibutuhkan untuk layanan sistem inti akan diturunkan sampai 22% dan juga penurunan pemakaian inti besar oleh server sistem sampai 15%. Dengan demikian maka baterai jadi lebih tahan lama dan sistem bisa bekerja lebih efisien.

5. Scrolling screenshots (tanggapan layar bergulir)

Dengan dukungan fitur tangkapan layar bergulir maka para pengguna Android 12 mampu melakukan penangkapan sekaligus tanpa harus memakai banyak gambar.

Android 12 mendukung tangkapan layar bergulir, memungkinkan pengguna menangkap lebih banyak sekaligus daripada harus menggunakan banyak gambar. Fitur ini sebenarnya juga ada di di Android 12 Beta 3, tapi masih membutuhkan banyak perbaikan dan pengembangan.

6. Dasbor Privasi baru

Pada Android 12, telah disediakan just for privasi baru sebagai tempat bagi para pengguna untuk melihat aplikasi apa saja yang mempunyai akses izin. Tampilan fiturnya sedikit mirip dengan desain dari Google Fit. Selain berfungsi untuk memantau apa yang dilakukan oleh aplikasi, melalui dashboard privasi ini, para pengguna juga bisa mencabut izin aplikasi dan membagikan perkiraan lokasi dengan aplikasi tersebut.

7. Remote control fungsi ganda

Ponsel yang terupdate Android 12, bisa berfungsi juga sebagai remote TV untuk perangkat OS Android TV, termasuk Chromecast yang mendukung Google TV.

8. Pencarian perangkat universal

Fitur ini memungkinkan pengguna mencari file, aplikasi, dan konten lokal lainnya. Ini adalah fitur yang beroperasi seperti Spotlight di iOS. Pada masa lalu khususnya pencarian aplikasi, fitur ini banyak dimiliki oleh peluncur pihak ketiga.

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, Android 12 melakukan update pada Game Dashboard, Live Space dan Salin teks tautan. Untuk fitur Game Dasboard, Andorid 12 mendukung akses cepat ke tangkapan layar, perekaman layar, sakelar DND, pengukur FPS, menu pengoptimalan game, widget Play Game, dan pintasan ke streaming YouTube.

Berikut Deretan Ponsel yang terupdate Android 12: