Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Perbedaan External Link dengan Internal Link


Menggunakan link internal dan link eksternal yang relevan di situs kita pada akhirnya akan meningkatkan visibilitas pencarian dan rank situs web kita. Dengan mengenali lebih banyak tentang struktur link kita dari pos ini dapat membantu konten kita untuk tampil di peringkat yang lebih tinggi.

External Link (Backlink)

External link adalah link yang mengarahkan kita untuk menuju ke website lainnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi tambahan dan referensi kepada satu website. 

Biasanya tautan ini digunakan dalam posting blog tempat kita menautkan posting blog kita ke situs web lain. Nah, cara ini akan membantu situs web kita untuk peringkat yang baik pada hasil search engine.

Internal Link

Internal link adalah hyperlink yang menunjuk pada domain yang sama dengan domain yang ada pada link (sumber). Jenis link ini digunakan untuk melakukan tautan internal halaman situs web kita seperti jika kita memiliki postingan blog yang lama, maka kita bisa melakukan link internal dengan posting blog baru (related post). Ini adalah faktor yang sangat penting dari SEO. 

Jika satu blog situs web kita mendapatkan lebih banyak lalu lintas daripada blog lain yang kita tautkan di dalam post (Backlink Dofollow), ini akan meningkatkan traffic website kita. Hal ini juga dapat membantu mesin pencari dalam menganalisis banyaknya halaman pada situs kita.

Internal link ini sama sama memiliki pengaruh dengan external link (backlink). Bedanya, pemilik website bisa mengendalikan 100% jumlah, lokasi, dan strukturnya.

(Sumber: exabytes.co.id)