Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

7 Antivirus Gratis Terkenal Terbaik dan Ringan untuk PC atau Laptop

Selain bisa menyerang makhluk hidup, virus juga bisa perangkat elektronik. Oleh sebab itu para developer ahli berusaha untuk membuat Antivirus terbaik untuk Laptop, Komputer, Handphone Android dan Smartphone Anda. Tak jarang juga software antivirus dibuat dengan spesifikasi yang ringan dan gratis.

Dengan mengetahui dampak buruk dari perangkat yang terserang virus, misalnya kerusakan software sampai dengan hardware, maka kita sebaiknya segera mendownload atau mengunduh perangkat antivirus yang bisa dipercaya dengan kualitas terbaik. Beberapa diantaranya mungkin Anda sudah dengar karena popularitasnya sangat terkenal dan masuk dalam daftar Aplikasi Antivirus terbaik yang gratis.

1. Avast Antivirus Pro

Software ini sudah ada sejak kemunculannya pada tahun 1988. Untuk penggunaan aplikasi yang satu ini memanfaatkan ruang RAM hanya sebesar 6.6 MB. Bisa dikatakan ukurannya sangat kecil. Namun Kecepatan scannya bisa mencampai 20 MB/s. Cocok apabila Avast dikatakan software yang ringan dan terbaik pertama.

2. Smadav Antivirus

Aplikasi Smadav Antivirus adalah aplikasi perlindungan dari virus untuk PC yang terbaik. Dibuat oleh developer asal Indonesia, tapi kwalitasnya tidak kalah dengan aplikasi yang lainnya. Penggunaannya sangat ringan dan mampu membersihkan virus secara ampuh. Salah satu fitur modern dan canggihnya adalah mampu menghilangkan virus shorcut yang kemungkinan ada dalam flashdisk.

3. AVG

AVG Antivirus free adalah salah satu aplikasi yang mempunyai fungsi utama sebagai antivirus, antispyware, scanner email, tautan, penjadwalan, update otomatis dan pilihan pemindaian. Dengan fitur yang lengkap tentu saja akan mendukung untuk windows 7, 8, 10, XP-SP3 dan Vista.

4. Bitdefender

Software Bitdefender, selain ringan, software ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Namanya pun sudah banyak dikenal karena sangat mudah dalam hal setup dan konfigurasi.

Adanya sistem resource yang sedikit tidak akan membuat laptop atau komputer Anda menjadi lambat. Aplikasi Anti virus edisi gratis ini sepenuhnya telah didukung untuk berbagai jenis windows seperti halnya Windows 7, 8, 8.1 dan 10.

5. Panda Free

Aplikasi yang di dalamnya terdapat sistem untuk mendeteksi dan membasmi virus dan ancaman lainnya yang berbahaya. Selain itu terdapat perlindungan terhadap windows serta proteksi USB Flashdisk.

Panda Antivirus yang bisa didapatkan secara gratis ini adalah versi dari evolusi antivirus cloud pertama yang telah di dasarkan pada Collective Intellegence. Antivirus yang ringan ini memang hanya memerlukan setidaknya 9.8 MB untuk pemakaian RAM. Sedangkan untuk kecepatan scannya adalah 16.4 MB/s.

6. Avira AntiVirus Premium

Aplikasi ini adalah salah satu software terbaik dalam hal melindungi komputer dan laptop Anda. Penggunaan ruangan RAM hanya sebesar 22.9 MB dan kemampuan scan yang cepat mencapai 35.7 MB/s membuatnya layak untuk dicoba.

7. Norton Antivirus

Aplikasi yang punya karakteristik kecepatannya yang luar biasa adalah Norton Antivirus. Software yang satu ini mampu menangani kasus ransomware WannaCry dengan cepat. Selain itu, keunggulan lainnya adalah terdapat pada keringanan nya yang hanya memerlukan setidaknya 9.9 MB saja ditambah lagi dengan kecepatannya mencapai 36.3 MB/s. Inilah yang menjadikannya sebagai Antivirus terfavorit.