Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Konsumsi Alkohol Bakal Rusak Otak Secara Permanen

Alkohol bukan hanya memabukkan dan dapat merusak hati. Tetapi, zat ini juga merusak otak yang bisa mengakibatkan penderita mengalami kelambatan belajar dan kehilangan daya berpikir kritis. Ya, alkohol memang memengaruhi kemampuan otak bagian tertentu.

Michael de Bellis, psikolog dari Universitas Pittsburgh di AS pernah meneliti mengenai pengaruh alkohol. Dia menemukan fakta bahwa remaja berumur antara 14 hingga 21 tahun yang minum alkohol memiliki volume hipocampus lebih kecil 10 persen dibanding dengan remaja yang bebas alkohol.

Hipocampus merupakan bagian otak yang bertanggung jawab terhadap memori dan kemampuan belajar. ”Akibatnya, mereka akan kehilangan daya ingat rata-rata 25 persen,” jelasnya.
Ada dua bagian otak yang mengalami kerusakan akibat seringnya mengonsumsi alkohol, yaitu hipocampus dan prefrontal cortex yang berhubungan dengan pengambilan keputusan dan berargumentasi.

Parahnya, kerusakan sel-sel otak itu sulit sekali untuk dipulihkan. Itu berarti kecerdasan Anda akan berkurang secara tetap alias makin bodoh. Jadi, sudah jelas bukan mengapa Anda harus segera menjauhi minuman beralkohol?

Sumber: Tabloid Nyata