Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Cara Agar Blog Kita Diterima Google Adsense Dengan Cepat

Sudah dimaklumi bahwa Google Adsense merupakan primadona bagi para Blogger. Karena pendapatan dari perklik iklannya bisa dibilang lumayan besar.

Dari sekian banyak para blogger, baik yang masih pemula maupun profesional, hanya sebagian kecil yang diterima dan bisa bergabung dengan dengan waralaba ini. Ini bisa berarti bahwa mendaftar periklanan Google Adsense itu bukan perkara yang mudah dan sulit untuk ditebak. Bisa saja seorang blogger diterima hanya bermodalkan dengan beberapa artikel saja, dan mungkin juga ada yang tidak kunjung diterima, padahal ia memiliki ratusan artikel dalam blognya.

Berikut ini sedikit tips and trik agar diterima Google Adsense dengan cepat:

1. Konten (artikel) berkualitas.

Pada umumnya jika konten artikel nyaman dibaca, berisi informasi yang bermanfaat, berbeda dengan yang lain, maka ada kemungkinan pengunjung untuk membookmark Blog kita. Disamping itu, tentu kualitas sangatlah penting, tidak hanya untuk Adsense saja. Bahkan untuk bersaing di SERP (Search Engine Result Page) juga akan lebih kompetitif.

Selain berisi tulisan, sediakan juga gambar untuk melengkapi konten tersebut. Atau kalau perlu sematkan sedikitnya satu video maupun audio.

Konten yang berkualitas bisa dimaknai sebagai konten yang bermanfaat. Tidak harus panjang tapi tidak juga pendek, minimal antara 300 – 1500 kata, yang memang hal itu batas wajar konsentrasi manusia.

Jika artikel berisi 1600 kata atau lebih, kemungkinan artikel itu tidak terbaca habis oleh pengunjung Blog. Hal ini bisa membuat Bouncerate meningkat dan berdampak buruk terhadap peringkat blog.

Konten berkualitas bisa muncul dengan menulis ulang atau mencari referensi dari blog orang lain, yang penting tidak membuat artikel dengan cara copy-paste sepenuhnya milik orang lain. Karena lama-lama, pemilik blog yang kita copy artikelnya akan tahu. Dan yang lebih parah, konten hasil salinan pasti tidak akan diterima oleh google adsense sehingga blog kita suatu hari bisa saja terkena banned

2. Tersedianya Navigasi Blog

Kita bisa membuat halaman-halaman pendukung seperti contoh yang ada di bawah ini:
  • About: Agar pengunjung mengetahui tujuan kita membuat blog itu
  • Contact: Agar pengunjung blog dapat menghubungi kita
  • Privacy Policy: Hal-hal tentang peraturan privasi yang berlaku di blog kita
  • Term of Service: Bagaimana ketentuan-ketentuan yang berlaku di blog kita
  • Disclaimer: Penjelasan terkait hak cipta dan konten-konten yang melanggar hak cipta
  • Dll..
3. Memasang Widget yang Dirasa Perlu

Widget menjadi salah satu navigasi untuk memudahkan pengunjung menjelajahi semua konten yang ada di blog kita. Maka sebaiknya pasanglah Widget seperti:
  • Popular post: menampilkan postingan artikel populer yang ada di blog kita
  • Recent Post: menampilkan postingan artikel terbaru yang ada di blog kita
  • Random Post: menampilkan postingan artikel secara acak
4. Template (Theme)

Blog terlihat semakin bagus dan profesional jika tampilannya rapi, tidak berat, responsif, dan mobile friendly. Maka pilihlah template untuk blog kita yang tidak memperlambat pengunjung ketika berselancar di Blog tersebut.

5. TLD Domain (domain sendiri)

TLD domain semakin mengukuhkan bahwa situs atau blog yang kita kelola itu benar-benar profesional, serius, dan tidak asal-asalan. TLD domain ini tentu juga lebih disukai oleh Google Adsense. Dan mayoritas blog yang diterima merupakan blog yang sudah menggunakan TLD (Top Level Domain).

Contoh TLD domain:
 .com
 .net
 .id

 .co.id , dll

Sedangkan yang bukan TLD domain (masih nebeng domain lain)
    .blogspot.com
    .wordpress.com
    .tumblr.com


Untuk mendapatkan TLD domain tentu tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma atau gratis. Salah satunya kita bisa membelinya di Masterweb.com dengan harga yang bervariasi.

Keuntungan lain jika kita mendaftar Adsense menggunakan TLD domain, yakni ketika kita diterima, maka akun Adsense tersebut bisa dipasang di semua jenis blog (Non-hosted). Tapi jika kita tidak menggunakan TLD, maka kita hanya mendapatkan akun Adsense hosted dan hanya bisa dipasang di blog itu saja.

6. Baca Syarat dan Ketentuan Adsense

Sebelum mendaftar Google Adsense, pahami dulu ketentuan yang berlaku menurut Google itu sendiri. Ketentuan-ketentuan itu semuanya bisa kita cek DISINI (Kebijakakan Program Adsense). Harap baca dan patuhi dengan baik..