Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Salah Potong Brokoli, Nutrisinya Bisa Hilang Sia-sia

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli merupakan jenis sayuran yang memiliki nutrisi tinggi dan tak butuh lama dimasak, tapi soal pemotongannya wajib disimak.

Sebelum mengolah brokoli, maka Anda wajib memperhatikan kandungan gizi di dalamnya. Sebab bila salah mengolah dan memotong maka akan hilang nutrisinya. Untuk menghasilkan potongan brokoli yang baik agar nutrisi dan gizinya tetap ada saat dikonsumsi, maka perhatikan caranya seperti dilansir bonappetit, berikut ini:

Gunakan pisau tajam
Untuk memotong brokoli gunakan pisau tajam, potong bagian batang yang lebih kecil dari tangkai pusatnya karena berfungsi untuk memisahkan kuntum dengan batangnya. Potong secara memutar.

Iris kuntum
Setelah dipisahkan dari batangnya, maka selanjutnya adalah mengiris kuntumnya menjadi potongan kecil. Pastikan ukuran potongannya sama supaya saat dimasak mudah matang. Cara ini bisa dipakai dalam membuat salad.

Gunakan alat pengupas
Untuk batangnya, maka buang lapisan luar dengan memakai alat pengupas sebab bagian ini memiliki kotoran yang menempel di batang brokoli.

Pakai batangnya
Brokoli berbeda dengan sayuran lainnya, sebab batangnya bisa diolah. Tumis batangnya sama seperti menumis kuntumnya, pastikan potongannya merata pula. Biar cepat matang, belah batangnya menjadi dua bagian