Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Membuat Kue Butuh Takaran Pasti

Sebagian orang mungkin kurang suka membuat kue lantaran harus memakai hitung-hitungan atau takaran bahan yang pasti sehingga terkesan ribet dan rumit. Ada alasan di baliknya.

Pastry (adonan kue, cake,dll) itu seperti formula. Seperti di laboratorium, pastry harus diformulasikan. Di dalam pastry terdapat struktur yang bisa mengembang, melembutkan, juga faktor kelembapan yang harus diperhatikan," kata Petrus Nugraha, Sekjen Association Culinary Professional Indonesia.

Petrus menambahkan, bila salah menakar bahan pastry alias kue, maka hasil adonannya tidak sesuai keinginan, juga teksturnya bantat. Takaran yang pas, tandasnya, ibarat pondasi yang baik untuk pastry.

"Takaran bahan yang pasti akan menentukan adonan akan mengembang atau tidak. Berbeda dengan masakan, mau dimasukkan berbarengan pun tidak masalah," jelasnya.

Takaran pasti dalam pembuatan pastry diterapkan pada tiga bahan dasarnya, seperti telur, tepung, dan air. Tiga bahan inilah yang akan menghasilkan pastry nikmat. Petrus menambahkan, pemakaian tepung berfungsi mengikat adonan, air memudahkan pencampuran telur dan tepung, telur untuk pengembang, dan gula untuk perasa.


Sumber: okefood.com