Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

5 Kebisaan Buruk Saat Memasak

Terkadang tanpa disadari kita melakukan kebiasaan buruk, termasuk dalam hal memasak. Ketika memasak, tanpa Anda sadari mungkin telah melakukan beberapa kesalahan yang bisa membahayakan kesehatan.

Berikut kebiasaan salah yang tanpa kita sadari berbahaya bagi kesehatan:

1. Memanaskan minyak hingga berasap
Kebanyakan resep meminta memanaskan minyak di wajan dan akan membutuhkan sedikit waktu hingga minyak panas. Biasanya, Anda akan melakukan hal lain sambil menunggu minyak menjadi panas, dan tanpa disadari terjadi kepulan asap.

Kebiasaan tersebut salah, karena minyak telah melewati titik asap yang menyebabkan rasa minyak menjadi buruk. Setiap jenis minyak memiliki titik asap berbeda-beda. Minyak yang dipakai berulang kali pun menyebabkan kandungan antioksidan pada minyak rusak dan menyebabkan senyawa berbahaya.

2. Menggunakan alat masak teflon dengan api besar
Kecilkan api saat menggunakan alat masak antilengket alias teflon. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan lapisan antilengket melepaskan PFC (perfluorokarbon) dalam bentuk asap.

PFC dapat menyebabkan kerusakan hati dan gangguan perkembangan. Periksa petunjuk yang tertera pada kemasan untuk melihat penggunaan suhu panas yang disarankan.

3. Menggunakan peralatan logam dalam panci anti lengket
Bukan ide yang baik menggunakan sutil atau sendok sayur logam untuk alat masak antilengket karena dapat menggores permukaannya. Tanpa disadari, Anda akan menelan lapisan PFC dari wajan anti lengket yang terkelupas, karena masuk ke masakan. Jadi, gunakanlah peralatan yang terbuat dari kayu atau karet tahan panas saat menggunakan panci atau wajan antilengket.

4. Membilas daging sebelum dimasak
Membilas daging di wastafel mungkin menyingkirkan lendir daging, tetapi dapat mencemari wastafel dengan bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit bawaan pada makanan. Tepuk-tepuk daging dengan tisu, sebagai ganti membersihkan sisa lendir yang tidak diinginkan.

5. Berlebihan mengaduk
Untuk membuat adonan kue atau apapun yang menggunakan tepung dalam jumlah banyak, digunakanlah mixer. Namun, terlalu berlebihan mengaduk adonan ternyata tidak baik. Tindakan pencampuran mekanis yang berlebihan menghasilkan pembentukan gluten dalam tepung sehingga adonan menjadi bantat saat dipanggang. Jadi, aduklah adonan secara lembut hingga menyatu, lalu matikan mixer Anda.