Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Sejarah Berdirinya Real Madrid

MADRID - Hari Rabu 6 Maret adalah hari bersejarah bagi Real Madrid. Pada 6 Maret 1902, klub yang bermarkas di Estadio Santiago Bernabéu itu berdiri di ibu kota Spanyol, Madrid.

Pembentukan Real Madrid melewati proses panjang. Sebelum 1897, penduduk Madrid tak mengenal sepak bola. Olahraga ini baru diperkenalkan sejumlah profesor dan pelajar Institución Libre de Enseñanza pada 1897 melalui klub Football Sky. Lambat laun, masyarakat ibu kota Spanyol itu mulai mencintai olahraga tersebut.

Di saat masyarakat Madrid sudah mulai jatuh cinta dengan sepak bola, klub-klub Football Sky malah terpecah menjadi dua pada 1900. Football Sky terpecah menjadi New Foot-Ball de Madrid dan Club Español de Madrid.

Selang dua tahun kemudian, giliran Club Español de Madrid terpecah lagi dan menghasilkan pembentukan Madrid Football Club pada 6 Maret 1902. Klub inilah yang akhirnya bertahan hingga saat ini dan lebih dikenal sebagai Real Madrid.

Nama Real Madrid ini sebenarnya resmi digunakan pada Juni 1920. Saat itu, Madrid Club Futbol akhirnya mendapat izin dari Raja Alfonso XIII untuk menambahkan nama Real. Sejak awal berdirinya, klub berjuluk Los Blancos itu telah menunjukkan kemampuannya sebagai klub raksasa di Spanyol. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya gelar juara Copa del Rey selang tiga tahun setelah Madrid Football Club berdiri.

Tak hanya itu, bersama FC Barcelona dan Athletic Bilbao, klub ini menjadi salah satu klub yang belum pernah terdegradasi ke divisi bawah. Klub ini juga merupakan salah satu klub terbaik abad ke-20 menurut FIFA dan raksasa Spanyol hingga saat ini.

Hingga kini, beragam prestasi telah Los Blancos torehkan baik di dunia sepak bola Spanyol hingga internasional. Prestasi itu diantaranya 32 gelar La Liga, 18 gelar Copa del Rey, 9 Piala Super Spanyol,  9 gelar Piala Champions/Liga Champions UEFA, 2 Piala UEFA, 3 Piala Interkontinental, dan masih banyak lagi. Selain itu, Real Madrid juga menjadi klub kaya dengan pendapatan terbesar di dunia musim 2011/2012 dengan penghasilan senilai 513 juta euro (Rp 6,5 triliun).

Sumber: republika.co.id