Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Jaga Nutrisi Buah & Sayur, Masak dengan Dikukus

Mungkin banyak orang yang tidak menyukai rasa dari sayuran atau buah. Padahal ada banyak manfaat dari keduanya. Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat buah dan sayuran yang bisa membantu menjaga kesehatan Anda.

Anda tentu mengenali beragam sayuran dan buah-buahan dengan aneka warna dan rasa. Buah dan sayuran berbeda warna mengandung campuran beragam fitonutrien (senyawa tanaman pelindung). Ini dapat bertindak sebagai antioksidan yang kuat, melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya dan membantu untuk melindungi terhadap penyakit kronis tertentu seperti kanker.

Beberapa buah dan sayuran bahkan diberi label superfood karena memiliki kandungan tinggi dari beberapa fitonutrien, terutama antioksidan, yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan, demikian yang dilansir BBC.

Tapi, meskipun buah dan sayuran dikemas dengan vitamin dan mineral, banyak dari nutrisi penting  dapat dengan mudah dihancurkan oleh panas saat memasak dan selama persiapan makanan. Vitamin larut air dan rentan berkurang ketika direbus.

Ketika memasak sayuran, cobalah dengan cara mengukus, menggunakan microwave dan bukan dengan air mendidih. Jangan terlalu lama merendam dalam air, sehingga jumlah maksimum nutrisi dapat dipertahankan, serta rasa segar dapat terjaga. Jika Anda lebih memilih untuk merebus sayuran, lakukan dalam jumlah waktu minimum dan gunakan cairan sesedikit mungkin untuk memertahankan nutrisi berharga yang terkandung dalam buah dan sayuran tersebut.

Sumber:okezone.com