Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Sering Kesepian Picu Penyakit Jantung dan Diabetes

Beberapa orang mungkin sering berdiam diri dalam kesepian. Kondisi kesepian ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Bahkan yang lebih buruk bisa membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Merasa kesepian ternyata bisa memicu adanya sinyal peradangan yang terkait dengan penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, arthritis dan penyakit alzheimer, serta penurunan kelemahan dan fungsional yang dapat menyertai penuaan.

"Ini memperjelas dari penelitian sebelumnya bahwa kesepian dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kematian prematur dan segala macam kondisi kesehatan yang sangat serius," kata Lisa Jaremka, postdoctoral fellow di Institute for Behavioral Medicine Penelitian di Ohio State University, yang memimpin penelitian, demikian yang dilansir Healthmeup.

"Salah satu alasan penelitian yang menjadi penting adalah untuk memahami bagaimana kesepian memengaruhi kesehatan. Semakin kita mengerti tentang proses, semakin banyak potensi yang ada untuk melawan efek-efek negatif ,” tambah Jaremka.

Sumber: okezone