Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Makna Etiket dan Etika Serta Perbedaannya

Mungkin kita pernah mendengar orang tua mengeluh anak kok tidak tahu Etika! Dasar anak sekarang Etiketnya sangat rendah! Bagaimana hal ini bisa terjadi hampir di semua lini. Sangat memprihatinkan memang. Mari kita sebagai individu yang sudah mengenyam pendidikan lebih bisa menjadi contoh untuk masyarakat dalam berprilaku maupun bertutur kata.

Manusia dikodratkan sebagai makhluk individu dan sosial. Kodrat manusia sebagai makluk sosial tampak pada kebutuhannya akan orang lain dalam usaha memenuhi kebutuhan pribadi. Kita berinteraksi dengan siapa saja dan interaksi dapat berjalan dengan baik apabila ada batasan yang menjadi kesepakatan bersama dan ditaati oleh semua pihak. Aturan itu yang disebut dengan etiket, berasal dari bahasa Prancis ETIQUETTE yang artinya sopan-santun dalam pergaulan.

Sedangkan Etika, berasal dari bahasa Yunani ETHOS, artinya falsafah moral dan merupakan cara hidup yang benar dilihat dari sudut budaya, susila dan agama. Etika memuat kriteria apa yang “baik” dan yang “tidak baik”, azas yang berkenaan dengan akhlak serta nilai apakah perbuatan itu boleh dilakukan atau tidak.

Etiket tidak sama dengan etika, meskipun ada kaitannya karena sama-sama mengacu pada  norma atau aturan. Etika mengacu pada norma kesusilaan sedangkan etiket mengacu pada norma kesopanan. Sudahkah kita memberikan contoh yang baik dalam etika pergaulan sehari-hari? Karena kenyataannya di lingkungan kita masih banyak orang yang tepelajar, intelektual, publik figur masih sangat rendah etika dan etiketnya dalam pergaulan sehari-hari.

Terbukti dengan banyaknya kasus dinegeri ini dari kasus korupsi, perselingkuhan, adu argumentasi yang buntutnya menimbulkan perkelahian( anggota dewan). Hal ini bisa kita lihat karena rendahnya etika pergaulan sebagai filsafat moral. Mari kita berikan contoh yang baik pada generasi penerus bangsa agar mereka bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal sesuai potensi yang dimilikinya.

Sumber: http://sosbud.kompasiana.com/2013/02/05/perbedaan-etiket-dan-etika-531518.html

Posting Komentar untuk "Makna Etiket dan Etika Serta Perbedaannya"