Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Sering Konsumsi Junk Food Bisa Sebabkan Asma pada Anak-anak

Junk food atau biasa disebut dengan fast food alias makanan cepat saji bila dikonsumsi secara berlebihan akan beresiko menyebabkan berbagai macam penyakit, antara lain: asma, rhinoconjunctivitis dan eksim.
 
Studi mengungkapkan, mengonsumsi junk food tiga kali sepekan dapat menyebabkan asma dan eksim pada anak-anak. Para ilmuwan khawatir tingginya lemak jenuh bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh pada anak-anak.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 50 negara seperti yang dirilis The Sun, menemukan remaja yang mengonsumsi makanan seperti burger, tiga kali seminggu atau lebih, berisiko 39% untuk mendapatkan asma berat. Anak yang lebih muda beresiko 27%.

Keduanya juga lebih rentan terhadap rhinoconjunctivitis. Tapi tiga porsi buah dan sayuran perminggu dapat mengurangi resiko terkena kanker 14% pada kelompok muda dan 11% pada anak remaja.

Para peneliti dari Selandia Baru, Auckland University meneliti pola makan dari 181.000 anak-anak berusia enam sampai tujuh tahun dan 319.000 pada usia 13-14 tahun.

Penelitian ini juga menanyakan apakah mereka punya gejala alergi. Dan hasilnya mengatakan mereka tidak membuktikan adanya sebab dan akibat. Tapi mereka menulis dalam British Medical Journal: "Fast food dapat berkontribusi terhadap peningkatan asma, rhinoconjunctivitis dan eksim. Konsumsi rutin buah dan sayuran cenderung dapat melindungi terhadap penyakit ini.

Sumber: Inilah.com