Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Translate this page

Sehatkah Mandi Setelah Olahraga Malam?

Setelah selesai berolahraga, biasanya seseorang ingin mandi agar tubuhnya lebih segar dan menghilangkan keringat yang ada di tubuh. Namun jika tak ingin sakit, sebaiknya perhatikan waktu mandi setelah olahraga malam.

"(Mandi setelah olahraga malam) nggak masalah, yang penting kalau olahraga di tempat terbuka nggak boleh saat berdingin-dingin terkena embun dan angin malam langsung mandi," ujar dr T Bahdar Johan, SpPD.

dr Bahdar yang pernah menjadi atlet olahraga polo air ini mengungkapkan pengalamannya berlatih di malam hari tetap membuatnya sehat-sehat saja. Hal yang penting adalah jangan sampai menggigil lalu mandi, tapi istirahat dulu dan begitu keringatnya hilang baru boleh mandi.

Saat berkeringet, pori-pori kulit akan terbuka sedangkan tubuh serta kelenjar keringat bekerja untuk mengeluarkan panas tubuh. Jika orang langsung mandi maka panas di tubuh tidak keluar dan kelenjar keringat tidak bagus kerjanya. Kondisi ini bisa menyebabkan pori-pori kulit melebar dan timbul-timbul seperti orang merinding, serta dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini juga biasanya sering ditemui pada orang yang sering mandi air hangat.

Setelah berolahraga juga disarankan tidak mengonsumsi minuman dingin yang suhunya seperti es, karena dapat menyebabkan daya tahan lokal jadi menurun dan mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah di tenggorokan dan mulut yang bisa memicu batuk, pilek serta flu. Kalau minumannya dingin bukan beku, seperti suhu 20-an derajat, maka no problem.

Untuk itu jika ingin melakukan mandi setelah olahraga malam hari, sebaiknya tunggu sampai keringat kering, serta hindari minuman-minuman dingin yang memiliki suhu hampir mencapai es.

Sumber : detik.com