Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate this page

Raih Ballon d'Or Keempat, Messi Pecahkan Rekor Dunia Baru

Acara penghargaan FIFA Ballon d’Or 2012 kembali memunculkan nama Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia. Ini merupakan gelar Ballon d’Or keempat baginya, sekaligus menjadikannya sebagai satu-satunya pemain yang bisa meraih pencapaian tersebut.

Sebelumnya, ada tiga nama yang pernah mendapat Ballon d'Or sebanyak tiga kali. Mereka adalah Johan Cryuff (1971, 1973, 1974), Michel Platini (1983, 1984,1985), dan Marco van Basten (1988, 1989, 1992). Messi sendiri pertama kali mendapatkannya pada 2009, tepat satu tahun sebelum Ballon d'Or digabung dengan FIFA World Player of The Year menjadi FIFA Ballon d'Or.

Messi mengalahkan dua kandidat lainnya, Andres Iniesta dan Cristiano Ronaldo. Selain Messi, Iniesta, dan Ronaldo, acara yang berlangsung di Congress House, Zurich, Selasa (8/1/2013) dini hari WIB tersebut juga dihadiri oleh Iker Casillas, Gerard Pique, Marcelo, Sergio Ramos, Xavi, Falcao, dan beberapa pemain lainnya.

Seperti tahun lalu, acara dipandu oleh legenda sepakbola Belanda, Ruud Gullit, dan jurnalis olahraga, Kay Murray. Mantan bintang AC Milan, Andriy Shevchenko dan presiden UEFA, Michelle Platini naik ke atas panggung guna membacakan peraih penghargaan FIFA FIFPro World XI 2012.

Selanjutnya, dibacakan penghargaan World Coach Women Football Award 2012 atau pelatih tim wanita terbaik, yang dimenangkan oleh pelatih Timnas Wanita Swedia, Phia Sundage. Kemudian dilanjutkan dengan penghargaan pelatih terbaik 2012 yang dimenangkan oleh pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque.

Legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer meraih penghargaan FIFA Presdential Award 2012 atas segala pencapaian yang ia torehkan dalam dunia sepakbola. Selanjutnya, dibacakan penghargaan FIFA Fairplay Award 2012 yang tahu ke tangan Federasi Sepakbola Uzbekistan.

Kemudian, penghargaan FIFA Puskas Award atau gol terbaik pada 2012 diraih oleh winger Fenerbache, Miroslav Stoch. Pemain berkebangsaan Slovakia berusia 23 tahun tersebut mengalahkan dua nominasi lainnya yaitu gol yang dicetak penyerang Artletico Madrid, Radamel Falcao dan penyerang Santos, Neymar.

Kemudian, Abby Wambach asal Amerika Serikat (AS) menerima penghargaan FIFA Womens World Player of The Year 2012. Pemain berusia 32 tahun tersebut mengalahkan Alex Morgan, juga dari AS dan Marta dari Brasil.

Selanjutnya, peraih Ballon d’Or 2006, yang juga mantan kapten Timnas Italia, Fabio Cannavaro didaulat untuk membacakan FIFA World Player of Ther Year. Messi, yang mengenakan jas bercorak polka dot pun naik ke atas panggung usai namanya disebut sebagai pemenang, mengalahkan Iniesta dan Ronaldo.

Berikut daftar peraih penghargaan FIFA Ballon d’Or 2012:
FIFA/FIFPro World XI 2012: Iker Casillas, Daniel Alves, Gerard Pique, Sergio Ramos, Marcelo, Xabi Alonso, Xavi, Andres Iniesta, Lionel Messi, Falcao, Cristiano Ronaldo
World Coach of the Year for Women’s Football 2012: Phia Sundage
Coach of The Year 2012: Vicente del Bosque
FIFA Presidential Award 2012: Franz Beckenbauer
FIFA Fairplay Award 2012: Uzbekistan Football Federation
FIFA Puskas Award (Gol terbaik) 2012: Miroslav Stoch
FIFA Women’s World Player of the Year 2012: Abby Wambach
FIFA Ballon d’Or 2012: Lionel Messi

Sumber : okezone.com